Siswa Dipanggil ke Ruang BK Karena Pakai Sandal dan Celana Robek, Guru Nangis Dengar Alasannya

Reporter : Nabila Hanum
Jumat, 7 Oktober 2022 19:01
Siswa Dipanggil ke Ruang BK Karena Pakai Sandal dan Celana Robek, Guru Nangis Dengar Alasannya
Samsul sempat mengikuti sebuah kompetisi dan mampu melaju hingga tingkat nasional.

Dream - Ruang Bimbingan dan Konseling (BK) bagi beberapa murid mungkin punya konotasi yang bermacam-macam. Meski sebetulnya berperan penting sebagai ruangan untuk membantu anak didik yang tengah menghadapi masalah, ruang BK kerap dianggap sebagai tempat untuk siswa atau siswi yang nakal.

Kebanyakan dari kita mungkin pernah masuk ke ruang BK karena sering terlambat masuk sekolah, membolos, hingga tidak memakai seragam sesuai aturan.

Siswa yang mendapat bimbingan oleh guru BK biasanya akan mendapat banyak nasihat yang panjang. Kalau sudah keterlaluan, biasanya akan diberi hukuman tambahan.

Namun berbeda dengan yang dilakukan guru BK satu ini. Videonya viral lantaran menunjukkan perhatiannya kepada seorang murid yang masuk sekolah menggunakan sandal dan celana robek.

1 dari 6 halaman

Dalam video yang diunggah akun TikTok @musdalifahyasin, terlihat seorang murid sedang berbincang dengan guru BK di sebuah ruangan sekolah.

Samsul, siswa di salah satu sekolah di Kabupaten Pinrang itu terlihat menggunakan sandal jepit dan celana robek ke sekolah.

Penampilan siswa ini ternyata disorot oleh guru BK yang kemudian mengajaknya untuk bercerita di ruangan BK.

2 dari 6 halaman

Siswa di ruang BK© TIktok/@musdalifahyasin

Murid tersebut menceritakan bahwa ayah nya telah meninggal dan hanya hidup dengan sang ibu. Alasan keterbatasan biaya membuatnya tidak mampu membeli sepatu dan seragam baru.

Mendengar ucapan muridnya, guru BK tersebut seketika menangis dan mengusap matanya. Sang guru mengaku tidak pernah mengetahui kondisi muridnya itu karena saat di sekolah, ia selalu riang dan menutupi kesedihannya.

3 dari 6 halaman

Siswa di ruang BK© TIktok/@musdalifahyasin

Tidak sedikit yang menganggap siswa tersebut sangat tangguh karena tidak pernah mengeluh di situasi apapun.

Guru BK tersebut lantas berinisiatif untuk menjahitkan celananya. Samsul juga diberi uang jajan karena mengaku tidak membawa bekal atau uang.

4 dari 6 halaman

Siswa di ruang BK© TIktok/@musdalifahyasin

Guru BK mengatakan bahwa Samsul merupakan siswa berprestasi di sekolahnya. Ia sempat mengikuti sebuah kompetisi dan mampu melaju hingga tingkat nasional.

Alasan ini yang membuat salut sang guru dan warganet karena siswa tersebut tidak mudah mengeluh dan selalu bersyukur sampai akhirnya ia bisa menggapai prestasi di sekolahnya.

5 dari 6 halaman

Momen mengharukan tersebut mengundang beragam komentar dari warganet. Tak sedikit yang ingin membantu, mendoakan, bahkan mendukung sepenuhnya aksi guru BK tersebut.

" semangat dek, menjadi guru BK itu luar biasa🥰."

" always salut sama anak kayak gni:)."

" Samsul teman baik sehat selalu bosku🥺."

" anak nya ceriyah gak keliatan kalo punya masalah, pandai menutupi kesedihannya sendiri salut sih tegar banget."

" mewek buu🥺."

6 dari 6 halaman

@musdalifahyasin

Aku yg ngedit sambil nangis, kurekam diam diam. Kemudian setelah edit izin ke mereka untuk di UP. Banyak hal di ruang BK yg kadang bikin mewek kayak gini. Panjang umur org org baik.

♬ Senyumlah - Andmesh

 

Beri Komentar