Doa Agar Terhindar dari Musibah dan Bencana, Dibaca Usai Sholat Fardhu di Kala Cuaca Tak Menentu

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 6 Desember 2022 20:01
Doa Agar Terhindar dari Musibah dan Bencana, Dibaca Usai Sholat Fardhu di Kala Cuaca Tak Menentu
Doa ini dibaca agar kita senantiasa terlindungi dan selamat saat terjadi bencana.

Dream - Kehendak Allah tidak bisa ditolak oleh alam seisinya. Ketetapan yang sudah ada sejak zaman zali atau qadla ini adalah awal dari terjadinya segala sesuatu, termasuk bencana. Jika sudah berkehendak, manusia tidak bisa berbuat apa-apa. Upaya yang bisa dilakukan adalah memengurangi dampak dari bencana dengan proses penyelamatan sejak dini.

Bencana atau musibah bukanlah sesuatu yang dinantikan. Akan tetapi Allah menurunkannya kepada manusia atas kehendak-Nya sebagai bentuk peringatan atau teguran. Bencana juga ujian bagi manusia dan alam seisinya.

Selain atas kehendak Allah, bencana juga bisa muncul akibat ulah keserakahan manusia. Alam mengamuk karena dieksploitasi habis-habisan demi kecongkakan manusia. Tak ada jalan selain berpasrah diri menerima ujian sekaligus memohon doa agar terhindar dari malapetaka dan musibah.

Ketika bencana alam datang, rakyat kecil yang paling terdampak. Inilah mengapa kita dianjurkan membaca doa agar terhindar dari musibah dan bencana. Doa ini juga dibaca agar kita senantiasa terlindungi agar selamat dari bencana.

Bagaimana bacaan doa agar terhindar dari musibah dan bencana? Cari tahu jawabannya berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

1. Doa Agar Terhindar dari Musibah dan Bencana

Peran doa sanatlah penting bagi kehidupan manusia. Terlebih kini kehidupan yang semakin tidak menentu. Musibah bisa datang kapan saja dan dari mana saja. Musibah dan bencana datang atas kehendak Allah dan juga akibat keserakahan manusia.

Cuaca yang tidak menentu juga menjadi perhatian karena para ahli kesulitan mendeteksi kemungkinan bencana. Sebagai orang biasa yang bukan ahlinya, kita disunahkan memperbanyak doa untuk memohon keselamatan dari musibah dan bencana.

Tuhan tidak akan menelantarkan hamba-Nya yang memohon kepada-Nya. Doa agar terhindar dari musibah dan bencana pernah diajarkan Rasulullah SAW. Doa agar terhindar dari musibah dan bencana ini diriwayatkan oleh Imam Muslim. Berikut bacaan doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوالِ نِعْمَتِكَ، وتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وفُجَاءةِ نِقْمَتِكَ ، وَجَميْعِ سَخَطِكَ

Allahumma innii a’uudzu bika min zawaali ni’matik, wa tahawwuli ‘afiyatik, wa fujaa’ati ni’matik, wa jamii’i sakhothik

Artinya:

“ Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba [musibah dan bencana], dan dari segala kemurkaan-Mu.”

Melalui doa agar terhindar dari musibah dan bencana di atas, semoga kita tergolong hamba-hamba yang mendapat keselamatan dari musibah yang datangnya tiba-tiba.

 

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 2 halaman

2. Doa Agar Terhindar dari Musibah dan Bencana

Selain doa dari riwayat Imam Muslim di atas, ada lagi doa yang dipanjatkan untuk permohonan agar terhindar dari musibah dan bencana. Doa ini sebaiknya diamalkan setiap selesai sholat lima waktu, sehingga ketika ada musibah sewaktu-waktu Allah akan memberikan perlindungan kepada kita.

Berikut bacaan doa agar terhindar dari musibah dan bencana yang juga perlu kamu ketahui:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ   اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ 

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya:

" Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, Dzat Yang Maha Pengasih. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

 

Sumber: NU Online

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More