Doa Agar Tidak Mudah Lupa

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 1 April 2021 20:00
Doa Agar Tidak Mudah Lupa
Tidak hanya lansia, usia produktif juga bisa mengalaminya.

Dream - Seiring usia yang terus bertambah, kemampuaan indera dalam tubuh manusia akan berkurang. Begitu juga daya ingatnya. Di masa muda ini kita selalu mengucapkan doa agar tidak mudah lupa sebagai ikhtiat aagar diberi kemampuan mengingat yang cukup lama.

Menua adalah kepastian. Setiap orang pasti akan mengalaminya. Menua mungkin identik pada melemahnya fisik seiring dengan bertambahnya usia. Biasanya, akan dibarengi dengan melemahnya daya ingat atau bisa dikenal dengan pikun.

Umumnya, pikun merupakan salah satu masalah fisik yang dialami generasi lanjut usia. Karena usia akan berpengaruh pada kemampuan fisik. 

Tetapi, jangan menyepelekan pikun ya. Sebab, pikun ternyata bisa juga dialami seseorang yang masih dalam usia produktif. Doa agar tidak mudah lupa hanya ikhtiar kita agar diberikan keberkahan di usia senja.

Agar tidak mengalaminya, dianjurkan untuk rutin membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Tidak Pikun

Doa Cegah Pikun© Dream.co.id

Allahumma inni a'udzubika minal jubni wa a'udzubika an uradda ila ardzalil umuri wa a'udzubika min fitnatid dunya wa a'udzubika min adzabil qabri.

Artinya,

" Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku berlindung kepada-Mu kepada serendah-rendahnya usia (pikun), aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Diberi Ingatan yang Kuat

Dream - Lupa selalu menjadi momok bagi setiap orang. Penyakit otak ini bisa mengacaukan semua agenda.

Tentu sangat menjengkelkan jika kehilangan sesuatu hanya karena lupa. Padahal, kita baru saja melihat barang tersebut.

Waktu jadi terbuang percuma hanya untuk mencari barang yang baru saja kita pegang.

Lupa bahkan menjadi musuh bagi orang yang sedang menggeluti ilmu. Karena lupa bisa menghilangkan sebagian besar pelajaran yang sudah didapat.

Untuk itu, dianjurkan untuk membaca doa ini agar kita diberi ingatan yang kuat.

 

 

3 dari 5 halaman

Doa Tidak Lupa

Doa agar tidak lupa© dream.co.id

Allahumma ij'al nafsi muthmainnatan, tu'minu bi liqaika wa tardla bi qadlaika

Artinya,

" Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan."

4 dari 5 halaman

Doa Untuk Mencegah Pikiran Stres

Dream - Semua orang pasti mengharapkan menjalani kehidupan sehari-hari yang bahagia dan pikiran tenang. Kita berupaya mendekat diri pada Allah SWT seraya melantunkan doa-doa agar diberi ketenangan pikir.

Dalam keadaan hati dan pikiran yang tenang, kita bisa mengambil keputusan yang lebih baik karena tak memiliki beban apapun.

Lain halnya jika pikiran tengah tertekan. Alhasil, kita jadi kelelahan dan stres. Pikiran stres bisa terjadi kapan saja. Terutama ketika ada banyak masalah yang dihadapi.

Di satu sisi, pekerjaan begitu banyak. Di sisi lain, masalah pribadi juga menyita perhatian. Di saat seperti ini, pikiran bisa tertekan. Jika tak terkendali, bisa memicu ketidakwarasan.

Nah saat Sahabat Dream menghadapi kondisi tersebut, yuk kita berpasrah pada Sang Khalik seraya mengucapkan doa menenangkan pikiran dan terjauh dari stres berikut ini.

5 dari 5 halaman

Doa Cegah Stres

Doa Cegah Stres© Dream.co.id

Bismillahir rahmanir rahim wa la hawla wa la quwwata illa billahil 'aliyyil adhim.

Artinya,

" Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."

Beri Komentar