Doa Agar Tidur Nyenyak dan Mimpi Indah, Ketahui Juga Penyebab serta Tipsnya!

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 18 Agustus 2022 20:01
Doa Agar Tidur Nyenyak dan Mimpi Indah, Ketahui Juga Penyebab serta Tipsnya!
Tidak sedikit orang yang pernah mengalami mimpi buruk dalam tidurnya dan cukup mengganggu pikiran setelah bangun.

Dream - Doa agar tidur nyenyak dan mimpi indah senantiasa kita ucapkan agar mendapatkan istirahat di malam hari yang lebih berkualitas. Mimpi indah dipercaya bisa memengaruhi psikologis orang yang mengalaminya. Bahkan seseorang bisa termotivasi dari mimpi indah yang didapatnya saat tidur malam.

Mengatur tempat tidur dan membersihkannya akan menambah kenyamanan saat tidur malam. Ruangan dengan cahaya minim juga bisa menambah kualitas tidur.

Bagi umat Islam, berdoa sebelum tidur merupakan ritual yang tak boleh dilewatkan. Membaca doa sebelum tidur akan membuatnya terlindungi dari godaan setan dan mimpi buruk.

Tidak sedikit orang yang pernah mengalami mimpi buruk dalam tidurnya dan cukup mengganggu pikiran setelah bangun. Untuk menghindari hal tersebut, maka doa agar tidur nyenyak dan mimpi indah ini jangan sampai lupa untuk dibaca.

Agar lebih jelasnya, mari simak bacaan doa agar tidur nyenyak dan mimpi indah lengkap dengan penyebab serta tips untuk mengatasi sulit tidur berikut ini.

1 dari 5 halaman

Doa Agar Tidur Nyenyak dan Mimpi Indah

Hadirnya mimpi memang dialami oleh sebagian besar orang. Setiap orang berharap mendapatkan mimpi yang indah dan terhindar dari mimpi buruk. Sebab mimpi buruk kadang membuat pemimpinya takut dan cemas.

Agar sahabat Dream bisa mendapatkan mimpi yang indah dalam tidurnya, berikut bacaan doa agar tidur nyenyak dan mimpi indah:

Nukminu billahi natsiqu billahi naruddu umurana ilallahi wa hasbunallahu wa ni’mal wakil wa laa hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhim

Artinya:

“ Kami beriman kepada Allah, kami percaya kepada Allah, kami mengembalikan semua urusan kami kepada Allah, cukup bagi kami Allah, Dia adalah sebaik-baik penolong, dan tiada daya dan upaya melainkan hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

2 dari 5 halaman

Doa Agar Tidur Nyenyak dan Mimpi Indah dari Ayat Al-Quran

Selain membaca doa agar tidur nyenyak dan mimpi indah, sebaiknya kamu juga membaca beberapa ayat Al-Quran sebelum tidur.

  • Ayat Kursi
  • Dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah
  • Membaca Surat Al-Ikhlas dan Mu’awwidzatain
3 dari 5 halaman

Doa Agar Tidur Nyenyak dan Mimpi Indah Lainnya

Bagi sebagian orang, mimpi dapat mempengaruhi kondisi fisik dan psikologis. Jika mengalami mimpi buruk, keesokan harinya orang yang bersangkutan merasakan kelelahan dan was-was.

Akan tetapi jika seseorang bermimpi indah, pasti akan merasakan kebahagiaan ketika bangun. Ia akan semangat dan bahagia menjalani aktivitas dengan nyaman. Berikut doa agar tidur nyenyak dan mimpi indah yang dianjurkan dibaca sebelum tidur:

Allahumma inni as-aluka rukyan shoolihatan shoodiqotan ghoiro kaadzibatin naafi'atan ghoiro dhoorrotin

Artinya:

" Ya Allah, aku mohon kepada-Mu mimpi yang baik dan yang benar, (serta) tidak dusta, yang bermanfaat dan tidak berbahaya."

4 dari 5 halaman

Penyebab Tidur Tak Nyenyak dan Mimpi Buruk

Tidur yang tidak nyenyak bisa menyebabkan tubuh kelelahan saat bangun. Tidur tidak nyenyak bisa disebabkan karena keseringan bangun di tengah-tengah tidur, dan adanya mimpi buruk yang kerap mengganggu.

Kadang meskipun telah membaca doa agar tidur nyenyak dan mimpi indah, namun sebagian orang tetap saja mengalami mimpi buruk dan kualitas tidur menurun.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab tidur tidak nyenyak:

1. Stres

Stres merupakan kondisi yang dapat memengaruhi tubuh secara keseluruhan, baik secara fisik, perilaku, dan emosional. Stres menyebabkan kecemasan dan gelisah, imbasnya tidur pun menjadi tidak nyenyak.

2. Faktor Usia

Memasuki usia lanjut, banyak orang yang mengalami perubahan pola tidur. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang berusia 60 tahun ke atas akan sulit tidur nyenyak dan sering terbangun di malam hari.

3. Efek Zat Kimia

Sulit tidur juga disebabkan oleh efek zat kimia seperti kafein dan alkohol. Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan kualitas tidur terganggu. Hal itu dapat membuat tubuh terasa tidak segar saat bangun tidur.

4. Ritme Sirkadian

Ritme sirkadian berkaitan dengan siklus tidur. Semakin rutin dan stabil waktu tidur setiap harinya, semakin berkualitas pula tidurmu. Ritme sirkadian juga dapat berubah oleh kegiatan olahraga, tidur siang, dan paparan cahaya dari gadget.

5. Kondisi Medis Tertentu

Kondisi medis juga dapat menyebabkan tidur terganggu. Beberapa di antaranya adalah penyakit asam lambung, asma, nyeri kronis, hingga depresi.

5 dari 5 halaman

Tips Tidur Nyenyak

Kebutuhan tidur setiap orang pasti berbeda. Orang dewasa direkomendasikan tidur sebanyak 7 sampai 8 jam per hari. Jika kamu mengalami kesulitan tidur atau tidur tidak nyenyak, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba sebagai kebiasaan sehat:

  • Bangun dan memulai tidur pada waktu yang sama setiap hari.
  • Olahraga dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.
  • Memerhatikan asupan makanan.
  • Menyempatkan tidur siang meski sebentar, antara 20 sampai 30 menit.
  • Buat suasana tidur yang nyaman.
  • Belajar mengelola stres.
  • Berkonsultasi dengan dokter jika perlu.
Beri Komentar