Doa Dipermudahkan Urusan Belajar, Menggapai Cita dan Kecerdasan Berpikir

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 9 Agustus 2022 18:00
Doa Dipermudahkan Urusan Belajar, Menggapai Cita dan Kecerdasan Berpikir
Banyak ilmu yang perlu dipelajari manusia, mulai ilmu pengetahuan alam, sosial, hingga moral.

Dream – Menuntut ilmu atau belajar merupakan kewajiban bagi setiap manusia, termasuk Muslim. Manusia yang bijak tidak akan pernah puas akan ilmu yang dimiliki. Ia akan selalu belajar tentang segala hal di dunia ini. Mengingat luasnya alam semesta, sehingga ilmu yang dimiliki manusia hanyalah kecil ibarat ujung jari kuku.

Ilmu tak hanya secara akademis. Banyak ilmu yang perlu dipelajari manusia, mulai ilmu pengetahuan alam, sosial, hingga moral. Biasanya ketiganya akan dipelajari di sekolah-sekolah formal secara umum saja. Sementara untuk pendalamannya, seseorang harus berusaha sendiri di luar jam sekolah.

Orang yang menuntut ilmu bukan tanpa halangan. Rintangan dalam menuntut ilmu banyak sebabnya, seperti rasa malas, kesulitan menyerap pelajaran, masalah keluarga, asmara, hubungan pertemanan dan lain sebagainya.

Agar proses dalam belajar berjalan lancar, bacalah doa dipermudahkan urusan belajar. Doa ini dibaca setiap akan belajar, saat mulai pelajaran, hingga setelah sholat wajib. Bagaimana bacaan doa dipermudahkan urusan belajar? Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Doa Dipermudahkan Urusan Belajar dalam Meraih Cita-cita

Setiap orang tentu memiliki cita-cita yang ingin dicapainya. Seperti pendidikan tinggi, naik jabatan, harta berlimpah dan bisa berbuat baik untuk lingkungan sekitar. Adanya cita-cita akan memotivasi seseorang untuk mewujudkannya. Seseorang akan belajar sesuatu dengan rajin yang berkaitan dengan cita-citanya.

Tak hanya berusaha keras menggapai cita, seseorang juga perlu memohon kepada Allah dengan memanjatkan doa dipermudahkan urusan belajar. Berikut bacaan doanya:

Hasbiyallahu la ilaha illa huwa 'alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul 'arsyil 'adzim

Artinya:

" Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'arsy yang agung."

2 dari 5 halaman

Doa Dipermudahkan Urusan Belajar dan Kecerdasan Berpikir

Kecerdasan adalah salah satu wujud nikmat yang diberikan Allah SWT kepada makhluk-Nya. Melalui kecerdasan yang dimiliki, setiap makhluk dapat melakukan sesuatu yang berguna tidak hanya bagi dirinya, melainkan bagi alam semesta.

Kecerdasan ini bisa diasah dengan kegigihan dalam belajar. Dari tahap pembelajaran, seseorang akan mengerti bagaimana sebuah masalah dapat terjadi dan bagaimana cara penyelesaiannya.

Agar selalu dikaruniai kecerdasan dalam berpikir, seseorang dianjurkan untuk membaca doa dipermudahkan urusan belajar. Doa ini dibaca agar kita diberikan kecerdasan dalam berpikir dan bertindak.

Allaahumma alhimnii rusydii waqinii syarri nafsii

Artinya:

" Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku."

3 dari 5 halaman

Doa Dipermudahkan Urusan Belajar

Ilustrasi© Pixabay.com

Dengan ilmu, seseorang memiliki bekal untuk menjalani kehidupan dan meraih kesuksesannya. Satu hal yang tak boleh dilupakan adalah berdoa setiap akan belajar dan setelah mengakhirinya. Hal ini dilakukan semata-mata agar Allah SWT melancarkan usah kita dalam belajar dan menuntut ilmu.

Berikut bacaan doa sebelum belajar yang diajarkan Rasulullah saw agar urusan belajar kita dimudahkan oleh-Nya.

Allahumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah 'alainaa bima'rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar rahimiin.

Artinya:

“ Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang."

4 dari 5 halaman

Doa Dipermudahkan Urusan Belajar Lainnya

Syekh Said bin Ali bin Wahf al-Qahthani dalam kitab Hishnul Muslim menyampaikan bacaan doa agar selalu dimudahkan dalam urusan belajar serta menuntut ilmu.

Berikut bacaan doa dipermudahkan urusan belajar menurut beliau:

Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan

Artinya:

“ Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

5 dari 5 halaman

Doa Dipermudahkan Urusan Belajar dan Kepahaman Menyerap Pelajaran

Berikut adalah doa dipermudahkan urusan belajar agar dapat memahami sesuatu. Doa ini sebagaimana diajarkan Rasulullah saw dan tentunya sangat mudah untuk kamu hafalkan:

Yaa robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa

Artinya:

“ Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman."

Selain doa di atas, ada pula doa agar diberi kemudahan dalam belajar selanjutnya.

Allahummarzuqna fahman nabiyyina wa hifdhal mursalina wa ilhamal malaikatil muqarrabin birahmatika ya arhamar rahimina

Artinya:

“ Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih.”

Demikian itulah bacaan doa dipermudahkan urusan belajar yang dapat kamu amalkan setiap hari.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More