Doa Naik Kapal atau Perahu Beserta Cara Menghindar Mabuk Laut

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 30 November 2022 06:00
Doa Naik Kapal atau Perahu Beserta Cara Menghindar Mabuk Laut
Kendaraan laut adalah alternatif transportasi untuk menyeberangi perairan.

Dream Doa naik kapal atau perahu sebaiknya dibaca setiap hendak naik transportasi laut tersebut. Doa ini dibaca sebagai permohonan kepada Allah SWT agar senantiasa memberikan perlindungan serta keselamatan selama di perjalanan air.

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi semala di perjalanan. Itulah mengapa sebagai Muslim disunahkan untuk memohon perlindungan kepada-Nya dari bahaya yang mengancam.

Bacaan doa naik kapal atau perahu ini juga sebagai upaya untuk menenangkan kita selama berada di perairan. Bagaimana bacaan doa naik kapal atau perahu? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

1 dari 4 halaman

Doa Naik Kapal atau Perahu

Surat Hud Ayat 41

Doa naik kapal atau perahu dikutip dari Al-Quran Surat Hud dan Az Zumar. Doa ini pernah dibaca oleh Nabi Nuh alaihissalam ketika menaiki bahtera bersama para pengikutnya. Doa ini sangat pas dibaca sebagai doa naik kapal atau perahu, sebagaimana Nabi Nuh as menaiki kapal lautnya.

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Bismillâhi majrêha wa mursâhâ, inna rabbî la ghafûrur rahîm

Artinya:

" Dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Hud ayat 41)

2 dari 4 halaman

Surat Az-Zumar Ayat 67

Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa naik kapal atau perahu seperti dikutip dari Al-Quran Surat Az-Zumar ayat 67 berikut ini:

وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖۖ وَالْاَرْضُ جَمِيْعًا قَبْضَتُهٗ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَالسَّمٰوٰتُ مَطْوِيّٰتٌۢ بِيَمِيْنِهٖ ۗسُبْحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Wa mâ qadarullâha haqqa qadrihî, wal ardhu jamî‘an qabdhatuhû yaumal qiyâmah, was samâwâtu mathwiyyâtum bi yamînihî, subhânahû wa ta‘âlâ ‘an mâ yusyrikûn

Artinya:

" Dan mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari Kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Mahasuci Dia dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan." (QS. Az-Zumar ayat 67)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Doa Naik Kapal atau Perahu

Doa naik kapal atau perahu di atas juga tercatat dalam riwayat hadis yang dikutip Imam Nawawi dalam Kitab Al Adzkar berikut:

“ Diriwayatkan kepada kami di Kitab Ibnu Sinni dari Husein bin Ali radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: ‘Aman dari tenggelam bagi umatku bila mereka membaca doa ketika menggunakan kendaraan laut (air), ‘Bismillâhi majrêha wa mursâhâ, inna rabbî la ghafûrur rahîm, (Hud ayat 41). Wa mâ qadarullâha haqqa qadrihî..., (Az Zumar ayat 67)."

4 dari 4 halaman

Cara Menghindari Mabuk Laut

Sebagian orang akan mengalami masalah kesehatan ketika naik kapal laut atau perahu. Salah satunya adalah mabuk laut. Tentu saja kondisi ini bisa membuat penderitanya tidak nyaman. Sahabt Dream bisa melakukan beberapa tips untuk mencegah mabuk laut, yakni:

  • Istirahat yang cukup sebelum berlayar.
  • Mengonsumsi obat antiemetic, yakni obat untuk mencegah mual dan muntah saat naik kendaraan laut.
  • Mencari udara segar. Keluarlah sebentar ke dek kapal untuk menghirup udara segar dan melihat pemandangan langit.
  • Pilihlah tempat duduk di bagian tengah kapal karena minim goncangan.
  • Makan sesuatu untuk mencegah mabuk, seperti mengonsumsi biskuit asin, roti tawar dan camilan ringan.
  • Menggunakan gelang akupresur yang dapat memberikan tekanan pada suatu titik di pergelangan tangan. Pada orang tertentu, tekanan dari gelang tersebut bisa membantu mereka menghindari salah satu gejala mabuk laut, yakni mual.

Itulah bacaan doa naik kapal atau perahu beserta cara menghindari mabuk laut yang perlu kamu ketahui. Apabila Sahabat Dream hendak menaiki kendaraan laut, bacaan doa di atas bisa kamu amalkan agar senantiasa diberi keselamatan dan perlindungan oleh Allah. Wallahu a’lam!

Beri Komentar