Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Sayyidul Istighfar Arab, Latin, Arti, Lengkap dengan Macam-macam Istighfar

Doa Sayyidul Istighfar Arab, Latin, Arti, Lengkap dengan Macam-macam Istighfar Ilustrasi Doa Sayyidul Istighfar Untuk Memohon Ampun Kepada Allah SWT. (Foto: Pexels.com)

Dream - Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Orang yang melakukan dosa baik sengaja maupun tidak disengaja dianjurkan untuk segera memohon ampun. Cara memohon ampun dan bertaubat kepada Allah SWT yang paling mudah adalah dengan istighfar.

BACA JUGA: Bacaan istighfar lengkap dengan artinya serta manfaatnya

Sebab dosa sekecil apapun yang dilakukan dengan sering akan menjadi besar, hingga jadi penghalang terkabulnya suatu doa. Tak heran jika seseorang merasa doanya sulit dikabulkan, bisa jadi penyebab salah satunya adalah banyaknya dosa yang dilakukan tapi belum bertaubat.

Bertaubat sebaiknya dilakukan setiap hari dengan membaca kalimat istighfar. Perintah bertaubat ini tercantum dalam firman Allah dalam Surat Nuh ayat 10:

Fa qultustaghfiru rabbakum innahu kaana gaffaaraa. Artinya "maka aku katakan kepada mereka: 'mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun."

Selain itu, juga ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani, Rasulullah bersabda: "Tidak pernah di waktu pagi saya melewati, kecuali saya membaca istighfar 100 kali".

Bacaan istigfhar memang ada banyak, salah satunya adalah doa sayyidul istighfar. Bagaimana bacaannya? Simak ulasan di bawah ini tentang doa sayyidul istighfar dalam bahasa arab, latin, dan artinya dilengkapi macam-macam kalimat istighfar.

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

Memohon ampunan kepada Allah SWT bisa dilakukan dengan membaca doa sayyidul istighfar. Sayyidartinya baik, sedangkan Istigfar artinya memohon ampunan. Artinya doa sayyidul istighfar adalah sebagai kalimat-kalimat istighfar yang terbaik untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Doa sayyidul istigfar juga merupakan doa istigfar yang paling utama.

Bahkan Nabi Muhammad SAW memberikan sebutan doa 'sayyidul istighfar' lantaran doa ini melebihi dari seluruh bentuk doa istighfar dalam hal keutamaan.

Bacaan doa sayyidul istigfar bisa dipanjatkan setiap hari menyertai sholat wajib. Bahkan umat muslim dianjurkan membaca doa sayyidul istighfar setiap usai sholat karena doa ini mencakup makna taubat dan merendahkan diri di hadapan Allah.

Berikut bacaan doa sayyidul istighfar arab, latin dan artinya:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika. Wa wa’dika maastatha’tu a’uudzubika min syarrimaa shana’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya. Wa abuu-u bidzanbii faaghfirlii fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah Tuhanku tiada tuhan selain Engkau yang menciptakan aku. Dan aku adalah hamba-Mu, dan aku akan setia pada janjiku kepada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat. Kuakui segala nikmat-Mu atasku dan aku akui segala dosaku. Maka ampunilah aku karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau."

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Ilustrasi

Doa sayyidul istighfar memiliki keutamaan yang luar biasa. Bobot lafal doa sayyidul istighfar bernilai khusus bagi pembacanya di sisi Allah SWT. Bahkan Rasulullah SAW menyebut mereka yang membacanya setiap pagi dan sore akan mendapatkan ganjaran.

Dalam Kitab Al Adzkar, Imam Nawawi menjelaskan tentang keutamaan tersebut. Bahkan doa sayyidul istighfar masuk dalam kategori doa harian yang dianjurkan untuk dibaca pagi dan sore.

Hadis dari Syaddad bin Aus bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca sayyidul istighfar di sore hari, lalu ia meninggal malam itu, niscaya ia termasuk penghuni surga. Demikian juga berlaku bagi mereka yang membaca sayyidul istighfar di pagi hari, lalu wafat di hari itu juga, niscaya ia termasuk penghuni surga." (H.R. Iman Al-Bukhari)

Macam-macam Doa Istighfar

Selain doa sayyidul istighfar di atas, kamu juga perlu mengetahui macam-macam kalimat istighfar yang bisa dibaca setiap hari. Berikut macam-macam kalimat istighfar:

Kalimat Istighfar Pendek

Astaghfirullah

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah.”

Istighfar Nabi Sebelum Wafat

Subhanallahi wabihamdih, astaghfirullaha wa atuubu ilaih.

Artinya: “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya.”

Istighfar Penghapus Dosa Besar

Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Mahahidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Istighfar Dalam Majelis

Rabbighfirli wa tub ‘alaiya, innaka antat tawwabur rahiim.

Artinya: “Wahai Pemeliharaku, ampunilah aku dan berilah taubat kepadaku. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Istighfar Saat Sholat Sebelum Salam

Allahumma inni dhalamtu nafsi dhulman katsira, wala yaghfirudz dzunuba illa anta, faghfirlii maghfiratan min indik, warhamnii innaka antal ghafurur rahiim.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku telah dhalim kepada diriku dengan kedhaliman yang banyak dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Ampunilah aku dengan ampunan dari-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Istighfar Nabi Adam

Robbana dholamna anfusana, wa illam taghfir lana wa tarhamna, lanakuunanna minal khasirin.

Artinya: " Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat dhalim terhadap diri-diri kami. Jika Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami termasuk golongan orang-orang yang rugi."

Istighfar Sebelum Berdoa

Allohummaghfir lil mukminina wal mukminati wal muslimina wal muslimati hayyihim wa mayyitihim wa syahidihim wa gha-ibihim wa qoribihim wa ba-‘idihim innaka ta’lamu matswahum wa muqollabahum.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah kaum mukmin laki-laki dan kaum mukmin perempuan, kaum muslim laki-laki dan kaum muslim perempuan, baik yang masih hidup maupun sudah mati, baik yang kelihatan maupun yang ghaib, baik yang dekat maupun jauh. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui tempat tinggal dan tempat pindah mereka.”

Istighfar Saat Sujud

Allahummaghfirli dzanbi kullah, diqqahu wa jullah, wa awwalahu wa akhirah, wa 'alaniyatahu wa sirrah.

Artinya: " Tuhanku, ampunilah aku dari segala dosa baik kecil maupun besar, awal maupun akhir, dan dosa yang terang-terangan maupun yang tersembunyi."

Hadis-Hadis tentang Membaca Istighfar

Keutamaan membaca istighfar sangatlah luar biasa. Bahkan hal tersebut telah dijelaskan dalam beberapa hadis yang berisikan tentang keutamaan membaca istighfar. Berikut adalah beberapa hadis tentang membaca istighfar yang perlu sahabat Dream ketahui:

Hadis Pertama

Setiap penyakit itu ada obatnya dan obat-obatnya dosa adalah istighfar/meminta ampunan.” (HR. Imam Ad-Dailami)

Hadis Kedua

Tidak ada dosa yang menumpuk bagi orang yang meminta ampunan meskipun ia mengulanginya dalam sehari tujuh puluh kali.” (HR. Abu Daud dan Imam Tirmidzi)

Hadis Ketiga

"Barangsiapa memperbanyak Istighfar (mohon ampun kepada Allah), niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar, dan untuk setiap kesempitannya kelapangan, dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tidak disangka-sangka."(HR. Abu Daud)

Hadis Keempat

"Perbanyaklah Istighfar dimana pun kalian berada, karena sesungguhnya kalian tidak mengetahui kapan turunnya ampunan Allah swt."(Al Hasan Al Bashri).

Hadis Kelima

"Barangsiapa yang ingin berbahagia ketika melihat lembaran catatan amalnya, maka perbanyaklah Istighfar."(HR. Ath Thabrani).

Hadis Keenam

"Istighfar adalah kebaikan yang paling besar, pintunya luas. Maka barangsiapa yang merasakan kekurangan di dalam ucapannya, atau amalnya, atau rezekinya, atau terbolak balik hatinya, maka hendaknya ia beristighfar." (Al Fatawa)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Niat Sholat Tasbih Arab, Latin, dan Arti, Yuk Amalkan untuk Raih Lailatul Qadar!

Doa Niat Sholat Tasbih Arab, Latin, dan Arti, Yuk Amalkan untuk Raih Lailatul Qadar!

Keutamaan sholat tasbih tak kalah istimewa dari sholat dhuha dan sholat tahajud.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Sholat Taubat Latin dan Terjemahan, serta Cara Agar Istiqamah Mohon Ampunan

Doa Setelah Sholat Taubat Latin dan Terjemahan, serta Cara Agar Istiqamah Mohon Ampunan

Ampunan Allah akan diberikan kepada mereka yang mau bertaubat dan berdoa memohon kepada-Nya.

Baca Selengkapnya
Doa Qunut Latin Lengkap dengan Arab dan Artinya untuk Sholat Subuh, Ketahui Juga Manfaatnya yang Luar Biasa

Doa Qunut Latin Lengkap dengan Arab dan Artinya untuk Sholat Subuh, Ketahui Juga Manfaatnya yang Luar Biasa

Salah satu manfaat membaca doa qunut adalah mendapatkan perlindungan di dunia dan akhirat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Doa Ulang Tahun dalam Islam Arab, Latin dan Artinya, Mohon Umur Panjang serta Kesejahteraan

5 Doa Ulang Tahun dalam Islam Arab, Latin dan Artinya, Mohon Umur Panjang serta Kesejahteraan

Momen ulang tahun menjadi waktu yang tepat untuk menyampaikan harapan-harapan baik kepada-Nya.

Baca Selengkapnya
Doa saat Imsak Arab, Latin, dan Arti yang Tidak Boleh Dilupakan sebelum Berpuasa

Doa saat Imsak Arab, Latin, dan Arti yang Tidak Boleh Dilupakan sebelum Berpuasa

Sebelum melakukan puasa, hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah membaca niat.

Baca Selengkapnya
Doa Sayyidul Istighfar dan Keutamaannya, Lengkap Ragam Bacaan Istighfar

Doa Sayyidul Istighfar dan Keutamaannya, Lengkap Ragam Bacaan Istighfar

Bertaubat sebaiknya dilakukan setiap hari dengan membaca doa sayyidul istighfar.

Baca Selengkapnya
Doa Penutup Pengajian Arab, Latin, dan Artinya, Keburukannya Bisa Diampuni Allah SWT

Doa Penutup Pengajian Arab, Latin, dan Artinya, Keburukannya Bisa Diampuni Allah SWT

Dengan menghadiri pengajian, maka akan semakin dekat dengan ilmu dan mendapat berkah-Nya.

Baca Selengkapnya
Doa Nisfu Syaban Arab, Latin, dan Artinya yang Dibaca Berjamaah

Doa Nisfu Syaban Arab, Latin, dan Artinya yang Dibaca Berjamaah

Doa ini dibaca dengan niat mohon panjang umur, murah rezeki yang halal, dan mati dalam kondisi beriman.

Baca Selengkapnya
7 Doa Sesudah Shalat Fardhu Lengkap Latin dan Artinya, untuk Mohon Petunjuk serta Perlindungan-Nya

7 Doa Sesudah Shalat Fardhu Lengkap Latin dan Artinya, untuk Mohon Petunjuk serta Perlindungan-Nya

Doa Sesudah Shalat Fardhu Lengkap Latin dan Artinya, untuk Mohon Petunjuk serta Perlindungan-Nya

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak-tebakan Tema Sayuran

BUNGKUS! Tebak-tebakan Tema Sayuran

Sahabat Dream, kalian ada yang tahu gak tebak-tebakan dengan tema sayuran ini? Berapa yang bisa kalian jawab nggak.

Baca Selengkapnya