Doa Tolak Bala dan Doa Setelah Sholat Rebo Wekasan yang Perlu Diketahui

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 21 September 2022 17:30
Doa Tolak Bala dan Doa Setelah Sholat Rebo Wekasan yang Perlu Diketahui
Membada doa tolak bala termasuk bagian dari memasrahkan keselamatan hidup kepada Allah.

Dream - Bala ialah bahaya yang datang kapan saja tanpa permisi. Inilah mengapa kita harus selalu berdoa kepada Tuhan agar terhindar dari bala yang mengancam.

Masyarakat percaya pada hari Rebo Wekasan atau malam hari Rabu terakhir yang ada di bulan Shafar, Allah menurunkan bala yang berjumlah 320.000 ke bumi.

Kita perlu mengetahui doa tolak bala agar senantiasa terlindungi dari bala yang mengancam tersebut. Musibah adalah sesuatu hal yang tidak bisa terelakkan. Bala termasuk bagian dari ujian Tuhan. Tapi kita harus berusaha agar memiliki iman yang kuat disaat bala datang.

Waktu yang dianjurkan untuk membaca doa tolak bala ialah setelah sholat wajib. Tak hanya pada malam Rebo Wekasan, doa ini bisa kamu panjatkan setiap hari usai sholat.

Membaca doa tolak bala setelah sholat wajib adalah salah satu ikhtiar untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Rasulullah Saw bersabda: “ Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari)

Membada doa tolak bala termasuk bagian dari memasrahkan keselamatan hidup kepada Allah. Lantas bagaimana bacaan doanya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Doa Tolak Bala

Doa tolak bala berisi tentang permohonan keselamatan kepada Allah SWT dari segala bencana, ujian, dan siksa. Doa ini baik dibaca setiap selesai sholat lima waktu agar Allah senantiasa memberikan keselamatan kepada kita dari bala.

Dikutip dari NU Online, berikut bacaan doa tolak bala yang bisa diamalkan setiap hari:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni‘mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal ‘afiyah, wa abwabal jannah. Allahumma ‘afina min kulli bala’id dunya wa ‘adzabil akhirah, washrif ‘anna bi haqqil Qur’anil ‘azhim wa nabiyyikal karim syarrad dunya wa ‘adzabal akhirah. Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘an ma yashifun, wa salamun ‘alal mursalin, walhamdulillahi rabbil ‘alamin

Artinya:

“ Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Setelah Sholat Tolak Bala

Apabila Sahabat Dream mendirikan sholat pada malam Rebo Wekasan, bacalah doa tolak bala setelahnya. Selain bacaan di atas, masih ada lagi bacaan doa tolak bala yang dapat dipanjatkan setelah sholat Rebo Wekasan. Begini bacaan doanya:

Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam. Allahumma ya syadidal quwa wa yaa syadidal mihal ya ‘aziiza dzallat li'izzatika jami'u khalqika ikfinii min jami'iI khalqika ya muhsinu ya mujammilu ya mutafadh-dhilu ya mun'imu ya mukrimu ya man la ilaha illa anta birahmatika ya arhamarrahimin

Allahumma bisirril hasani wa akhiihi wa jaddihi wa abihi ikfini syarra hadzal yauma wa ma yanzilu fihi ya kafii fasayakfiyukahumul-lahu wa huwas-samii'ul 'aliim. Wa hasbunallahu wa ni'mal wakilu wa la hawla wa laa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'azhim. Wa shallallahu ta'ala 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wasallam.

3 dari 3 halaman

Artinya:

" Semoga sholawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan; Ya Allah, Tuhan Yang Mahamulia dan karena Kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu; Ya Allah, Tuhan Yang Maha Baik Perbuatan-Nya; Ya Allah, Tuhan Yang Memberi Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan; Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau dengan Rahmat-Mu Yang Maha Penyayang.

Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan ra dan saudaranya (Sayyidina Husein ra), serta kakeknya (Sayyidina Muhammad saw) dan ayahnya (Sayyidina `Ali bin Abi Thalib ra), peliharalah aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya; Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memelihara, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar; tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Amin."

Itulah bacaan doa tolak bala yang dapat kamu panjatkan saat Rebo Wekasan atau setiap hari usai sholat fardhu.

Beri Komentar