Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Wukuf dan Artinya, Lengkap Ketentuan serta Amalan yang Perlu Dilakukan

Doa Wukuf dan Artinya, Lengkap Ketentuan serta Amalan yang Perlu Dilakukan Ilustrasi Ibadah Wukuf Di Padang Arafah (Foto: Pixabay.com)

Dream – Haji merupakan rukun Islam yang kelima. Ibadah haji dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah. Salah satu rukun yang wajib dilaksanakan pada saat ibadah haji adalah wukuf di Arafah.

Wukuf yang dilakukan di padang Arafah ini terjadi pada tanggal 9 Dzulhijjah. Para jemaah haji akan bermalam di area wukuf (mauqif) dan dianjurkan untuk berdoa dan melakukan sejumlah ibadah lainnya. Hari Arafah adalah waktu utama dalam ibadah haji. Pahala yang ditebarkan untuk jemaah haji yang berzikir sangatlah besar.

Itulah mengapa wukuf di Arafah disebut sebagai inti dari ibadah haji. Dalam sebuah hadis, Rasulullah shollallohu ‘alaih wa salam bersabda: “Haji adalah (wukuf) di Arafah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sebelum melaksanakan wukuf di Arafah, jemaah haji perlu mengetahui bacaan doa wukuf dan artinya berikut ini lengkap dengan pengertian, waktu, dan amalan saat wukuf di padang Arafah.

Pengertian Wukuf

Pengertian wukuf adalah berhenti, diam tanpa bergerak. Secara istilah wukuf adalah berkumpulnya semua jamaah haji di padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada hari itu merupakan puncaknya ibadah haji dan wukuf adalah sebesar-besarnya rukun haji.

Pelaksanaan wukuf di padang Arafah menjadi sebuah miniatur Padang Mahsyar, di mana seluruh umat manusia akan dibangkitkan kembali dari kematian pada saat yaumil hisab nanti. Setelah dibangkitkan kembali manusia dikumpulkan di sebuah tempat bernama Padang Mahsyar untuk mempertanggungjawabkan semua amal perbuatan selama hidupnya.

Wukuf adalah sebagai peringatan kepada manusia tentang kebenaran Ilahi. Umat muslim yang ibadah haji pasti akan melaksanakan ibadah wukuf di Padang Arafah yang gersang dan panas, berkumpul bersama orang dari berbagai negara dan berdiam diri untuk bersama-sama larut dalam doa dan dzikir.

Waktu Pelaksanaan Wukuf

Waktu wukuf adalah pada tanggal 9 Dzulhijjah yaitu ketika matahari sudah tergelincir atau bergeser dari tengah hari (pukul 12 siang) hitungan wukuf sudah dimulai.

Urutan yang perlu dilakukan saat menjalankan ibadah wukuf di Padang Arafah adalah pertama shalat Dzuhur dan Asar dilakukan secara Jamak Taqdim. Jamak Taqdim ini adalah sholat Asar dilakukan bersama dengan sholat Dzuhur pada waktu Dzuhur.

Setelah sholat Zuhur dan Ashar, disunahkan seorang imam untuk memulai khutbah memberikan bimbingan wukuf, penerangan, seruan ibadah dan panjatan doa kepada Allah SWT. Saat menjalankan ibadah wukuf, disunahkan menghadap ke Kiblat dengan memperbanyak doa, dzikir, dan membaca al-Qur’an.

Hari Arafah ini merupakan salah satu hari yang sangat istimewa, karena pada hari itu Allah membanggakan para hamba-Nya yang sedang berkumpul di Arafah di hadapan para malaikat-Nya. Seperti hadis Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Tidak ada satu hari yang lebih banyak Allah memerdekakan hamba dari neraka pada hari itu daripada hari Arafah. Dan sesungguhnya Allah mendekat, kemudian Dia membanggakan mereka (para hamba-Nya yang sedang berkumpul di Arafah) kepada para malaikat. Dia berfirman: ‘Apa yang dikehendaki oleh mereka ini?’” (HR Muslim nomor 1348, dari Aisyah).

Doa Wukuf dan Artinya Sesuai Ajaran Rasulullah Saw

Rasulullah Saw membaca doa wukuf dan artinya di bawah ini saat di Arafah. Jika Sahabat Dream hendak beribadah haji, sebaiknya baca doa wukuf dan artinya berikut ini:

Allahumma lakal hamdu kalladzi naqulu wa khairom mimma naqulu, allahumma sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati wa ilaika ma-abi wa laka rabbi turatsi, allahumma inni a’uzu bika min ‘azabil qobri wa waswasatis shodri wa syatatil amri, allahumma inni a’uzu bika min syarrima taji-u bihir rihu.

Artinya:

"Ya Allah, bagi-Mu pujian seperti yang kami ucapkan, dan lebih baik dari apa yang kami ucapkan. Ya Allah, untuk-Mu sholatku, ibadah hajiku, untuk-Mu kehidupanku dan kematianku dan kepada-Mu kami akan kembali, untuk-Mu kami tunjukkan ibadahku. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari siksa neraka, dari hati yang ragu dan dari tercerai berainya urusan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari yang terburuk yang didatangkan oleh angin."

Doa Wukuf dan Artinya Agar Diberi Perlindungan

  كَاَلَّذِي نَقُولُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُولُ { اللَّهُمَّ لَك صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي ، وَإِلَيْك مَآبِي وَلَك تُرَاثِي اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَوَسْوَسَةِ الصَّدْرِ وَشَتَاتِ الْأَمْرِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك مِنْ شَرِّ مَا تَجِيءُ بِهِ الرِّيحُ

Allahumma laka shalati, wa nusuki, wa mahyaya, wa mamati, wa ilayka ma’abi, wa laka turatsi. Allahumma inni a‘udzu bika min ‘adzabil qabri, wa waswasatis shadri, wa syattatil amri. Allahumma inni a‘udzu bika min syarri ma taji’u bihir rihu.

Artinya: “Ya Allah, shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanya untuk-Mu. Hanya kepada-Mu tempat pulangku. Hanya milik-Mu peninggalanku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, kebimbangan dalam hati, dan berantakannya konsentrasi (persoalan). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang dibawa oleh angin.”

Doa Wukuf dan Artinya Agar Dimudahkan Meninggalkan Maksiat

 اللَّهُمَّ انْقُلْنِي مِنْ ذُلِّ الْمَعْصِيَةِ إلَى عِزِّ الطَّاعَةِ وَاكْفِنِي بِحَلَالِك عَنْ حَرَامِك وَأَغْنِنِي بِفَضْلِك عَمَّنْ سِوَاكَ وَنَوِّرْ قَلْبِي وَقَبْرِي وَأَعِذْنِي مِنْ الشَّرِّ كُلِّهِ، وَاجْمَعْ لِي الْخَيْرَ إنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Allāhummanqulnī min dzullil ma‘shiyati ilā ‘izzit thā‘ah, wakfinī bi halālika ‘an harāmik, wa aghninī bi fadhlika ‘an man siwāk. Wa nawwir qalbī wa qabrī. Wa a‘idznī minas syarri kullih. Wajma‘ liyal khayr. Innī as’alukal hudā wat tuqā, wal ‘afāfa, wal ghinā.

Artinya: “Ya Allah, pindahkan aku dari rendahnya kemaksiatan ke kemuliaan taat. Cukupilah aku dengan halal-Mu dari barang haram-Mu. Genapilah diriku dengan kemurahan-Mu dari zat selain diri-Mu. Terangilah hati dan kuburku. Lindungilah aku dari segala bentuk kejahatan. Kumpulkanlah segala kebaikan pada diriku. Aku memohon kepada-Mu petunjuk, takwa, kecukupan, dan kekayaan.”

Amalan Saat Ibadah Wukuf di Padang Arafah

Terdapat beberapa amalan dan tata cara dalam pelaksanaan ibadah wukuf. Sebab wukuf adalah ibadah yang memiliki pantangan yang harus dihindari. Kalau tidak dihindari bisa menyebabkan ibadah wukuf tidak sah. Jika wukuf tidak sah, maka ibadah haji pun juga tidak sah.

  1. Menuju ke padang Arafah setelah terbit matahari pada 9 Dzulhijjah, sambil membaca talbiyah, tahlil, dan takbir.
  2. Singgah di Namirah atau sebuah bukit di luar tempat wukuf.
  3. Masuk ke area Padang Arafah setelah tergelincirnya matahari.
  4. Memantabkan hati sebaik mungkin dan membaca talbiyah selama menunggu prosesi wukuf.
  5. Melaksanakan sholat Dzuhur dan sholat Ashar secara jamak taqdim, dilaksanakan berjamaah.
  6. Mendengarkan khutbah Arafah, biasanya isi khutbah berkaitan dengan makna wukuf, mengenal Allah, amanat Rasulullah sata khutbah wada, dan sisi-sisi keagamaan lainnya yang mengarahkan pada kemantapan doa dan dzikrullah.
  7. Berdzikir, berdoa, dan membaca Al-Qur’an.
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Keutamaan Membaca Sholawat saat Berjabat Tangan, Lunturkan Dosa yang Telah Menggunung

Keutamaan Membaca Sholawat saat Berjabat Tangan, Lunturkan Dosa yang Telah Menggunung

Sholawat merupakan bentuk ibadah yang amat penting dalam agama Islam.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Ketika Melihat Awan Hitam Tebal dan Angin Kencang, Umat Islam Perlu Tahu!

Bacaan Doa Ketika Melihat Awan Hitam Tebal dan Angin Kencang, Umat Islam Perlu Tahu!

Ketika dalam kondisi semacam itu, sebaiknya kita memanjatkan doa mohon keselamatan kepada Yang Maha Kuasa.

Baca Selengkapnya icon-hand
Hati-Hati, Jin Bisa Melihat Aurat Kita, Inilah Doa yang Harus Diamalkan agar Tetap Terlindungi

Hati-Hati, Jin Bisa Melihat Aurat Kita, Inilah Doa yang Harus Diamalkan agar Tetap Terlindungi

Allah SWT yang menciptakan setiap makhluk di muka bumi ini dan Allah SWT juga yang akan memberikan perlindungan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Nabi Yusuf saat Bersyukur kepada Allah atas Pangkat dan Kedudukan yang Didapat

Doa Nabi Yusuf saat Bersyukur kepada Allah atas Pangkat dan Kedudukan yang Didapat

Doa ini mencerminkan tawakal (pengabdian sepenuh hati kepada Allah) dan ketakwaan Nabi Yusuf kepada Allah dalam menghadapi setiap aspek kehidupannya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Ternyata Ini Rahasia Doa yang Belum Terkabul, Ketahui Juga Amalan Agar Allah Cepat Mewujudkannya

Ternyata Ini Rahasia Doa yang Belum Terkabul, Ketahui Juga Amalan Agar Allah Cepat Mewujudkannya

Allah SWT memerintahkan hamba-hambaNya untuk meminta apapun kepada-Nya dengan jaminan bahwa setiap doa akan diijabah.

Baca Selengkapnya icon-hand
Manfaat dan Bacaan Doa Sebelum Sahur Serta Batas Waktu Imsak

Manfaat dan Bacaan Doa Sebelum Sahur Serta Batas Waktu Imsak

Doa ini dilafalkan ketika selesai bersantap sahur di sepertiga malam hingga batas waktu imsak.

Baca Selengkapnya icon-hand
NOTED KAK! Prinsip Kerja

NOTED KAK! Prinsip Kerja

Sahabat Dream, ada gak sih yang bekerja dengan prinsip ini? Kalau kamu prinsip kerjanya seperti apa?

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Menjelang Maghrib yang Dipercaya Mampu Melindungi dari Marabahaya

Doa Menjelang Maghrib yang Dipercaya Mampu Melindungi dari Marabahaya

Rasulullah SAW mengajarkan lafal doa yang baik dibaca menjelang magrib.

Baca Selengkapnya icon-hand