Fakta-Fakta Mahyar Tousi, YouTuber Inggris yang Hina Batik Indonesia di G20

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 17 November 2022 14:00
Fakta-Fakta Mahyar Tousi, YouTuber Inggris yang Hina Batik Indonesia di G20
"Apa yang dikenakan para idiot ini?" cuit Mahyar Tousi yang menimbulkan amarah warganet Indonesia.

Dream - YouTuber asal London, Mahyar Tousi, sedang menjadi perbincangan warganet Indonesia, setelah cuitannya soal para kepala negara yang mengenakan batik dalam ajang G20 di Bali. Dia dinilai menghina batik tersebut.

Tousi membuat postingan yang menampilkan para pemimpin dunia sedang menghadiri gala dinner menggunakan busana batik.

" What on earth are these idiots wearing?!" cuitnya lewat akun Twitter @mahyartousi, pada Rabu 16 November 2022.

Atau jika diartikan, " Apa yang dikenakan para idiot ini?" .

1 dari 4 halaman

Minta Maaf

Tousi menuliskan komentar itu dengan foto yang menampilkan Presiden FIFA Gianni Infantino, Menteri Perdagangan Indonesia Zulkifli Hasan, Perdana Menteri Kanada Justin Tredeau, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, dan pendiri World Economic Forum (WEF) Klaus Martin Schwab.

Cuitan warga asing© Twitter @mahyartousi

Komentar Tousi lantas diserbu warganet Indonesia yang tidak terima atas hinaan itu. Tousi pun menghapus cuitannya. Lalu menyampaikan permohonan maafnya.

Dia mengatakan bahwa komentarnya tentang batik hanyalah candaan dan tidak mengetahui tentang budaya Indonesia.

" Once again, I apologise for any unintentional offence caused by the tweet joking about G20 leaders wearing Indonesia’s traditional clothing. Those of us in Britain making a joke about Sunak & Trudeau wearing it did not have bad intentions and were unaware of the culture," tulisnya pada Kamis, 17 November 2022.

Cuitan warga asing© Twitter @mahyartousi

" Sekali lagi, saya mohon maaf atas pelanggaran yang tidak disengaja yang disebabkan oleh tweet yang bercanda tentang pemimpin G20 yang mengenakan pakaian adat Indonesia. Kami di Inggris membuat lelucon tentang Sunak & Trudeau yang memakainya tidak memiliki niat buruk dan tidak mengetahui budayanya."

2 dari 4 halaman

Tinggal di London

Mahyar Tousi merupakan seorang YouTuber. Pria berusia 34 tahun itu diketahui barasal dari Iran yang lahir pada Juni 1988. Kini dia tinggal di London, Inggris.

Mahyar Tousi© Twitter @mahyartousi

Dia menempuh pendidikan di The Manchester Metropolitan University.

3 dari 4 halaman

YouTuber Politik

Dia dikenal sebagai YouTuber yang membahas dunia perpolitikan. Mahyar kerap mengkritisi kebijakan politik di berbagai dunia.

Akun YouTube nya di channel Mahyar Tousi sudah memiliki 260 ribu subscriber.

Selain itu ia juga pernah diundang di beberapa televisi. Mahyar tak segan untuk menyuarakan pendapatnya tentang politik dengan lantang.

4 dari 4 halaman

Selain sebagai YouTuber, Tousi juga merupakan aktivis. Dia aktif memberikan komentar politik untuk Al Jazeera, Express, ITV News, The Irish Times, dan Conservation Home.

Tousi kerap memposting terkait seruan pembebasan Iran. Meskipun berasal dari Iran, dia adalah sosok yang anti pemerintahan Iran.

Mahyar Tousi© Twitter @mahyartousi

Seperti postingan " serangan-serangan" terhadap otoritas Tehran.

Beri Komentar