Dilecehkan di Jalanan, Lihat Cara Gadis Ini Bikin Pelaku Kapok

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 7 Oktober 2017 12:00
Dilecehkan di Jalanan, Lihat Cara Gadis Ini Bikin Pelaku Kapok
Noa Jansma menunjukkan wajah para pelaku pelecehan kepada dia di Instagram.

Dream - Dilecehkan secara verbal di jalanan mungkin kerap dialami oleh kaum Hawa. Tetapi, kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana cara memberi pelajaran kepada para pelaku pelecehan itu.

Gadis 20 tahun asal Amsterdam, Belanda, Noa Jansma, punya cara cerdas untuk memberi pelajaran. Dia berfoto selfie dengan setiap pria yang telah melecehkannya.

Setelah dilecehkan secara verbal, Jansma meminta berselfie dan para pelaku dengan senang hati mengabulkannya. Sebelum berselfie, dia meminta pelaku menunjukkan ekspresi senang dengan tersenyum, sementara dia sendiri memasang muka datar.

Jansma lalu membuat akun Instagram Dear Catcaller. Di akun terebut, dia unggah sejumlah foto selfienya dengan para pelaku pelecehan verbal.

 

#dearcatcallers

A post shared by dearcatcallers (@dearcatcallers) on

Hanya dengan 30 unggahan selama sebulan, akun tersebut telah memiliki 45 ribu pengikut. Pada setiap unggahan, Jansma menyertakan tema tertentu.

1 dari 2 halaman

Temuan Mengejutkan

Niat Jansma membuat akun Instagram tersebut ternyata untuk menunjukkan apa yang dialami oleh kaum Hawa setiap harinya, dilecehkan di jalanan. Dia ingin menggugah kepekaan banyak orang.

" Karena banyak orang tidak tahu seberapa sering dan dalam konteks apa pelecehan terjadi, saya akan menunjukkan mereka yang melecehkan saya dalam kurun waktu satu bulan," kata Jansma.

 

#dearcatcallers " Babyyyyyyyy! THANKYOU" *blowkiss* (slide â�¡ï¸ï¿½)

A post shared by dearcatcallers (@dearcatcallers) on

Selama menjalankan proyek eksperimen sosialnya, Jansma mendapat temuan mengejutkan. Tidak ada satupun pelaku maupun pengikut akun Instagramnya memandang unggahannya sebagai masalah.

" Mereka sama sekali tidak curiga karena mereka menganggap apa yang mereka lakukan adalah normal," kata Jansma.

Dan lebih banyak lagi insiden pelecehan di jalanan daripada yang terekam dalam instagram. Dalam beberapa kasus, Jansma tidak merasa cukup aman mengambil foto selfie dengan beberapa pelaku.

Mulai 1 Januari 2018, Amsterdam menerapkan denda kepada pelaku pelecehan sebesar 190 euro, setara Rp3 juta. Jansma menanggap hukuman itu, " Simbolis, tapi cukup bagus."

Sumber: independent.co.uk

2 dari 2 halaman

Beri Komentar