Baca Doa Ini Agar Semangat Puasa Senin dan Mendapat Berkah

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 24 Mei 2021 06:01
Baca Doa Ini Agar Semangat Puasa Senin dan Mendapat Berkah
Puasa sunah di hari Senin membawa banyak manfaat dan berkah.

Dream - Hari Senin menjadi pembuka aktivitas kita dalam sepekan. Jika sudah Senin, maka kita kembali beraktivitas setelah libur kerja.

Dalam Islam, Senin bukan hari biasa. Sebab hari ini mengandung banyak keutamaan.

Rasulullah Muhammad SAW selalu senang menyambut datangnya hari Senin. Sebab, Senin adalah hari di mana Rasulullah dilahirkan.

Istilahnya, Rasulullah mengenang hari kelahirannya. Tetapi bukan dengan pesta, melainkan dengan berpuasa.

Karena itulah ada anjuran menunaikan sunah puasa Senin bagi umat Islam. Keutamaannya banyak sekali dan sangat bermanfaat.

Begitu berkahnya hari Senin, sangat sayang jika kita tidak menjalankan puasa sunah. Nah, agar semakin bersemangat menjalankan puasa sunah, baca doa ini.

1 dari 5 halaman

Doa Semangat Puasa Sunah

Doa Agar Gemar Sholat dan Puasa Sunah© Dream.co.id

Allahumma habbib illayyal imana wal islama wash shadaqota wat taqwa kama habbabta ilal jai'i ath tho'ama wa iladh dhomanil maa.

Artinya,

" Ya Allah, tanamkan kecintaan kami pada iman, Islam, puasa, sholat, sedekah dan ketaqwaan sebagaimana Engkau menanamkan kecintaan pada orang yang lapar terhadap makanan dan pada orang yang haus terhadap minuman."

2 dari 5 halaman

Ingin Menjalankan Puasa Sunah Syawal, Ini Niatnya

Dream - Saat ini, kita sudah berada di bulan Syawal. Kita baru saja merayakan Idul Fitri pada 1 Syawal kemarin.

Setelah Idul Fitri, bukan berarti keistimewaan Syawal berakhir. Masih ada keistimewaan yang terkandung selama satu bulan penuh.

Keistimewaan itu bisa kita raih dengan berpuasa sunah. Lama puasanya yaitu enam hari setelah Idul Fitri.

Kita bisa melaksanakan puasa sunah Syawal baik secara berturut-turut maupun terpisah. Tetapi lebih dianjurkan melaksanakan puasa sunah secara berturut-turut.

Jika melaksanakan puasa Syawal, maka kita akan mendapatkan pahala puasa selama setahun penuh. Sangat luar biasa keistimewaan dalam puasa sunah.

Sebelum melakukan ibadah puasa sunah, dianjurkan melafalkan niat ini.

 

3 dari 5 halaman

Niat Puasa Syawal

Niat Puasa Sunah Syawal© Dream.co.id

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnatis syawali lillahi ta'ala.

Artinya,

" Saya niat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah Ta'ala."

4 dari 5 halaman

Puasa Sunah Syawal, Kapan Bisa Dilaksanakan?

Dream - Syawal menjadi bulan yang bermakna bagi umat Islam karena terdapat momen istimewa, yaitu 1 Syawal yang banyak kita kenal dengan Idul Fitri.

Tetapi, keistimewaan Syawal tidak hanya terletak pada Idul Fitri saja. Dalam satu bulan itu, kita bisa meraih banyak sekali keistimewaan.

Ketika Syawal, kita dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunah. Lama puasa ini yaitu sebanyak 6 hari.

Namun demikian, kita tidak bisa melaksanakan puasa Syawal saat Idul Fitri. Sebab, 1 Syawal merupakan hari yang melarang umat Islam berpuasa.

Lantas, kapan puasa Syawal bisa dilaksanakan?

5 dari 5 halaman

Waktu Puasa Syawal

Dikutip dari NU Online, Allah menaruh keutamaan pada bulan Syawal. Keutamaan ini bisa diraih oleh mereka yang berpuasa.

Syekh Muhammad Nawawi Al Bantani dalam kitab Nihayatuz Zain memberikan penjelasan terkait keutamaan puasa Syawal.

" Keempat adalah (puasa sunah enam hari di bulan Syawal) berdasarkan hadis, 'Siapa yang berpuasa Ramadan, lalu mengiringinya dengan enam hari puasa di bulan Syawal, ia seakan puasa setahun penuh.' Hadis lain mengatakan, puasa sebulan Ramadan setara dengan puasa sepuluh bulan, sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan. Semua itu seakan setara dengan puasa (wajib) setahun penuh'. Keutamaan sunah puasa Syawal sudah diraih dengan memuasakannya secara terpisah dari hari Idul Fitri. Hanya saja memuasakannya secara berturut-turut lebih utama. Keutamaan sunah puasa Syawal luput seiring berakhirnya bulan Syawal. Tetapi dianjurkan mengqadhanya."

Dari penjelasan tersebut, kita bisa mengetahui berapa lama puasa sunah. Disebutkan waktu puasa sunah Syawal yaitu enam hari dan sangat dianjurkan untuk dilakukan secara berturut-turut.

Sedangkan untuk waktunya dipisah dari Idul Fitri. Sehingga, kita bisa memahami bahwa waktu puasa Syawal bisa dimulai di tanggal 2 Syawal.

Keutamaan puasa ini sungguh luar biasa. Menjalankan puasa Syawal, kita akan mendapatkan pahala puasa selama setahun penuh baik jika melaksanakannya secara berurutan maupun tidak.

Beri Komentar