5 Hikmah Haji yang Istimewa, Mampu Menghapuskan Dosa yang Pernah Dilakukan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 21 Juni 2022 08:01
5 Hikmah Haji yang Istimewa, Mampu Menghapuskan Dosa yang Pernah Dilakukan
Orang yang menunaikan haji seperti halnya bayi yang dilahirkan kembali.

Dream – Menunaikan ibadah haji adalah impian bagi sebagian besar umat Islam. Meski begitu, tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah tersebut. Hal ini karena pelaksanaan ibadah haji sendiri haruslah memenuhi beberapa syarat, yang salah satunya adalah mampu.

Mampu di sini bukan hanya sekadar mampu secara finansial saja, tetapi juga mampu dari sisi kesehatan juga, baik fisik maupun mental. Pelaksanaan ibadah haji selain membutuhkan biaya yang besar, juga membutuhkan fisik yang prima agar bisa menjalankan setiap tahapan haji dari awal hingga akhir dan membuat hajinya sempurna.

Meski begitu, jika panggilan Allah SWT itu telah tiba, maka sahabat Dream perlu untuk mensyukurinya. Karena tak hanya bisa menjalankan rukun Islam yang kelima saja, tetapi sahabat Dream secara otomatis juga bisa mendapatkan hikmah haji yang luar biasa. Tentunya hikmah ini bisa menjadi memori istimewa dan juga bisa membuat kamu menjadi hamba yang lebih baik lagi.

Nah, berikut adalah beberapa hikmah haji yang telah dirangkum Dream melalui islampos.com.

1 dari 2 halaman

Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji

Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji© Shutterstock.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hikmh adalah arti atau makna yang dalam; makna yang terkandung di balik suatu peristiwa. Begitu juga dengan ibadah haji menjadi suatu momen yang dinantikan oleh setiap umat Islam karena menyimpan banyak hikmah di baliknya. Berikut adalah beberapa hikmah haji yang perlu sahabat Dream ketahui:

Menjadi Amalan yang Paling Baik

Menjadi hal yang wajar jika setiap umat Islam berharap untuk bisa menunaikan ibadah haji. Hal ini tidak hanya sekadar bisa lebih dekat dengan Allah SWT dan mengunjungi rumah-Nya, tetapi juga menjadi amalan yang paling baik. Bahkan hal tersebut juga dijelaskan dalam sebuah hadis beerikut ini:

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW ditanya, “ Amal apakah yang paling utama?” Maka beliau menjawab, “ Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ditanyakan lagi, “ Kemudian apa?” Beliau menjawab, “ Jihad di jalan Allah.” Ditanyakan lagi, “ Kemudian apa?” Beliau menjawab, “ haji yang mabrur.” [(Bukhari, Book 2, Hadis 25) (Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah)]

Melalui hadis di atas Rasulullah saw menjelaskan bahwa haji menjadi salah satu amalan yang paling baik. Karena ibadah haji dan umrah menjadi ibadah yang wajib dan diperintahkan oleh Allah SWT.

Pahala Berupa Surga

Siapa yang tak ingin mendapatkan surga ketika telah meninggal kelak? Ini adalah impian dari setiap orang dan tentunya bukan menjadi hal yang mudah. Sahabat Dream haruslah banyak melakukan amalan kebaikan dan menjauhi setiap larangan-Nya. Salah satu amalan maupun ibadah yang diperintahkan Allah SWT adalah menunaikan haji.

Seperti yang dijelaskan dalam sabda Rasulullah saw berikut:

Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

Menjadi Tamu Allah SWT

Umat Islam yang menunaikan ibadah haji berarti mereka datang sebagai tamu Allah SWT. Di mana Allah SWT telah memanggil hamba pilihan-Nya untuk berkunjung dan beribadah kepada-Nya. Tentunya ini menjadi hal yang harus disyukuri dan dimanfaatkan dengan baik untuk beribadah sebaik mungkin. Berikut penjelasan hadisnya:

Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri.” (HR. Ibnu Majah no 2893. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

2 dari 2 halaman

Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji

Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji© Shutterstock.com

Menghapuskan Dosa yang Pernah Dilakukan

Hikmah haji berikutnya adalah bisa menghapuskan dosa yang pernah dilakukan. Sebagai manusia, tentu kita menyadari bahwa selama menjalani kehidupan ini ada banyak kesalahan dan dosa yang pernah dilakukan. Namun, selama masih hidup di dunia ini, sahabat Dream memiliki kesempatan untuk memohon ampun kepada Allah SWT dan memperbaiki diri. Salah satu cara untuk bisa menghapuskan dosa-dosa adalah dengan menjalankan ibadah haji. Seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

Bukankah kamu mengetahui – wahai ‘Amru – bahwa (agama) Islam itu menghapus (dosa-dosa) di masa lalu? Dan bukankah hijrah itu (juga) menghapuskan (dosa-dosa) di masa lalu ? Dan bukankah haji itu (juga) menghapuskan (dosa-dosa) di masa lalu?” (HR Imam Muslim no. 321)

Tak hanya itu saja, dalam hadis lainnya bahkan ada yang menjelaskan bahwa dengan menunaikan haji dan umrah bisa menghilangkan dari kemiskinan. Hal ini seperti sabda Rasulullah saw berikut:

Ikutilah antara haji dan umroh (yakni lakukanlah amalan haji, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan umroh), karena keduanya itu akan menghilangkan kefakiran/kemiskinan dan (menghapus) dosa-dosa, sebagaimana bara api (menghilangkan) kotoran besi, emas dan perak. Dan tidak ada balasan/pahala bagi haji yang mabrur kecuali jannah (surga).” (HR Imam At-Tirmidzi no. 810, Ibnu Khuzaimah dalam As-Shohih no. 2512, dan An-Nasa’i no. 2631)

Seperti Bayi yang Dilahirkan Kembali

Hikmah haji yang tak kalah istimewa adalah seperti bayi yang dilahirkan kembali. Tentunya dengan menjalankan setiap tata cara yang sudah diajarkan dalam Islam, sehingga hajinya menjadi mabrur. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut:

Siapa yang berhaji ke Ka’bah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari no. 1521).

Beri Komentar