Hukum Sandal Bertuliskan 'Milik Masjid'

Reporter : Puri Yuanita
Rabu, 18 Januari 2017 20:01
Hukum Sandal Bertuliskan 'Milik Masjid'
Karena tulisan tersebut akan diinjak oleh pemakainya, apakah tidak termasuk menghina masjid?

Dream - Pernahkah terbersit pertanyaan di benak Anda mengenai hukum sandal bertuliskan " milik masjid" ? Karena tulisan tersebut akan diinjak oleh pemakainya, apakah tidak termasuk menghina masjid?

Pertama-tama, harus dipahami terlebih dahulu tentang makna kata menghina atau dalam bahasa Arab disebut istihza'. Menghina salah satu lambang Islam termasuk tindak kejahatan, dan masjid termasuk salah satu lambang Islam lantaran merupakan tempat ibadah umat Muslim.

Hanya saja, ukuran istihza' terkadang standarnya tidak bisa dikembalikan kepada perasaan. Seorang ulama dan ahli fikih serta tafsir, Al-Baidhawi, pernah menjelaskan pengertian istihza'.

Menurutnya, istihza’ adalah pelecehan, meremehkan. Dalam bahasa dinyatakan hazza’tuistahza’tu , maknanya sama, yaitu menghina.

Namun, dalam kasus penggunaan sandal bertuliskan masjid, dapat disimpulkan tak ada unsur penghinaan. Sebab, bertuliskan milik masjid, tujuannya agar jamaah masjid bisa memakainya dan tidak dipindahkan keluar lingkungan masjid. Wallahu a'lam

Ulasan selengkapnya baca di sini   

Beri Komentar