10 Ton Bantuan Indonesia untuk Rohingnya Diterbangkan

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 25 Januari 2018 18:01
10 Ton Bantuan Indonesia untuk Rohingnya Diterbangkan
Jokowi ingin mengunjungi pengungsi Rohingya.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla melepas keberangkatan tim pengirim bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh. Tim pengirim berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma pada Rabu sore, 24 Januari 2018.

 " Bantuan ini sangat dibutuhkan sekali, terutama obat-obatan dan makanan," ucap Jokowi, dikutip dari bnpb.go.id.

Jokowi berharap punya waktu yang cukup luang. Sang Presiden mengaku sangat ingin mengunjungi langsung para pengungsi.

Pengiriman bantuan kemanusiaan juga menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia untuk terlibat menangani permasalahan kemanusiaan dan perdamaian, khususnya yang dialami para pengungsi Rohingnya.

Bantuan kemanusiaan disalurkan terdiri dari 12 jenis. Beberapa di antaranya seperti makanan tambahan gizi bayi dan ibu hamil, peralatan sekolah, lampu darurat dan family kits. Jenis bantuan ini ditetapkan berdasarkan kajian lapangan terkait kebutuhan pengungsi.

Bantuan seberat 10,43 ton akan didistribusikan kepada para pengungsi sesuai rekomendasi dari otoritas setempat.

" Organisasi maupun institusi mitra dari pemerintah setempat yang akan mendistribusikan bantuan," kata Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Junjungan Tambunan, yang turut melepas keberangkatan tim pengirim bantuan Indonesia.

BNPB memimpin tim kemanusiaan yang diangkut dengan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara. Tim yang dipimpin Junjungan Tambunan akan bertolak ke Bangladeh pada esok hari Kamis, 25 Januari 2018.

Bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingnya juga wujud dari implementasi terhadap semangat One ASEAN One Response dalam konteks penanggulangan bencana di kawasan Asia Tenggara.

Komite Internasional Palang Merah (ICRC) mencatat sejak krisis kekerasan terjadi di Rakhine, Myanmar, sejumlah 655.000 warga mengungsi ke Bangladesh. (ism) 

Beri Komentar