Kenapa Daftar Haji Harus Menunggu Antrean Panjang? Berikut Alasannya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 30 Juni 2022 18:45
Kenapa Daftar Haji Harus Menunggu Antrean Panjang? Berikut Alasannya
Jemaah haji bahkan ada yang harus menunggu puluhan tahun untuk bisa berangkat ke tanah suci.

Dream – Pelaksanaan ibadah haji berbeda dengan ibadah umrah. Di mana ketika melaksanakan ibadah umrah, sahabat Dream bisa melakukannya kapan saja. Sedangkan ibadah haji hanya dilaksanakan satu tahun sekali. Karena hanya dilaksanakan satu tahun sekali saja, hal inilah yang membuat antrean ibadah haji menjadi begitu panjang.

Fenomena ini kerap dikeluhkan oleh umat Islam yang berniat menunaikan ibadah haji. Apalagi jika kondisinya sudah lanjut usia, harapannya setelah daftar haji tidak perlu menunggu lama untuk bisa berangkat.

Namun pada kenyataannya, seiring berjalannya waktu, antrean haji pun semakin panjang. Tak hanya belasan tahun saja, ada juga yang harus menunggu hingga puluhan tahun karena berbagai faktor termasuk kuota yang disediakan.

Berikut adalah penjelasan kenapa daftar haji harus menunggu antrean yang lama sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Kenapa Daftar Haji Harus Menunggu Antrean Panjang?

Alasan daftar haji harus menunggu antrean panjang© Shutterstock.com

Hampir setiap umat Islam sudah mengetahui bahwa menunggu antrean haji tidaklah sebentar. Hal ini pun memunculkan kekhawatiran di tengah umat Islam apakah dirinya memiliki kesempatan untuk bisa menunaikan ibadah haji atau tidak. Lalu, kenapa daftar haji harus menunggu antrean yang panjang?

Ibadah Haji Lebih Lama daripada Umrah

Alasan yang pertama kenapa daftar haji harus menunggu antrean panjang adalah karena ibadah haji lebih lama daripada umrah. Ibadah haji biasanya dilaksanakan sekitar 40 hari, sedangkan umrah hanya 9 hingga 14 hari saja.

Nah, di saat ibadah haji, umat Islam di seluruh dunia akan berkumpul di dalam satu tempat yang sama. Sehingga hal inilah yang membuat kuota haji pun diberikan batasan.

Adanya Renovasi di Tempat-tempat Ibadah

Alasan lainnya yang juga bisa terjadi kenapa antrean haji menjadi panjang adalah karena adanya renovasi di tempat-tempat ibadah. Hal ini sering dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi dalam upaya memperluas daya tampung jemaah haji.

Biasanya daya tampung yang diberikan untuk setiap negara adalah 10 persen. Sehingga wajar saja jika antrean haji menjadi begitu panjang. Jemaah haji pun harus benar-benar bersabar untuk menunggu gilirannya tiba.

Indonesia Memiliki Umat Islam Terbesar

Daftar haji menjadi begitu panjang antreannya bagi masyarakat Indonesia karena Indonesia sendiri adalah negara dengan pemeluk agama Islam terbesar. Bahkan hampir di setiap pulau di Indonesia terdapat orang Islam. Penduduk Indonesia yang lebih dari 270 juta dengan kuota terbatas yang diberikan setiap tahunnya membuat antrean haji panjang tak terhindarkan.

Apalagi di setiap tahun selalu ada pendaftar haji reguler yang semakin bertambah. Jadi, antrean jemaah haji pun semakin banyak di setiap tahun serta masa tunggu juga semakin lama.

Kebiasaan Sudah Naik Haji dan Ingin Naik Haji Lagi

Inilah salah satu alasan kenapa daftar haji harus menunggu antrean sangat lama dikarenakan kebiasaan beberapa orang yang sudah pernah naik haji lalu ingin naik haji lagi. Tak jarang orang-orang mengatakan bahwa dirinya sudah rindu dengan tanah suci, sehingga ingin kembali lagi. Padahal sebenarnya umrah bisa menjadi alternatif untuk ke tanah suci lagi.

Dengan adanya kebiasaan inilah yang membuat kesempatan orang yang belum pernah haji menjadi kecil untuk berangkat dan harus diundur. Padahal sebaiknya orang yang sudah pernah naik haji bisa memberikan kesempatan saudara Islam yang belum pernah untuk bisa melaksanakannya.

2 dari 2 halaman

Daftar Tunggu Haji di Indonesia

Berikut adalah daftar tunggu haji di setiap provinsi di Indonesia:

  1. Aceh: daftar tunggu haji 31 tahun 
  2. Sumatera Utara: daftar tunggu haji 20 tahun
  3. Sumatera Barat: daftar tunggu haji 23 tahun
  4. Riau: daftar tunggu haji 24 tahun
  5. Jambi: daftar tunggu haji 30 tahun
  6. Sumatera Selatan: daftar tunggu haji 22 tahun
  7. Lampung: daftar tunggu haji 22 tahun
  8. DKI Jakarta: daftar tunggu haji 26 tahun
  9. Jawa Barat: daftar tunggu haji 21 tahun
  10. Jawa Tengah: daftar tunggu haji 29 tahun
  11. D.I. Yogyakarta: daftar tunggu haji 30 tahun
  12. Jawa Timur: daftar tunggu haji 32 tahun
  13. Bali: daftar tunggu haji 26 tahun
  14. Nusa Tenggara Barat: daftar tunggu haji 35 tahun
  15. Nusa Tenggara Timur: daftar tunggu haji 22 tahun
  16. Kalimantan Tengah: daftar tunggu haji 25 tahun
  17. Kalimantan Selatan: daftar tunggu haji 36 tahun
  18. Sulawesi Utara: daftar tunggu haji 16 tahun
  19. Sulawesi Tengah: daftar tunggu haji 21 tahun
  20. Sulawesi Tenggara: daftar tunggu haji 25 tahun
  21. Papua: daftar tunggu haji 23 tahun
  22. Bangka Belitung: daftar tunggu haji 25 tahun
  23. Banten: daftar tunggu haji 25 tahun
  24. Gorontalo: daftar tunggu haji 16 tahun
  25. Kepulauan Riau: daftar tunggu haji 21 tahun

Itulah penjelasan tentang alasan kenapa daftar haji harus menunggu antrean yang panjang serta lamanya waktu tunggu bagi para jemaah haji di Indonesia untuk bisa berangkat ke tanah suci.

Beri Komentar