Kesal Minta Senjata Malah Dikasih Helm, PM Ukraina Ledek Bantuan Israel

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 14 Maret 2022 06:00
Kesal Minta Senjata Malah Dikasih Helm, PM Ukraina Ledek Bantuan Israel
Israel menolak beri bantuan senjata untuk Ukraina. Yevgen Korniychuk mengaku kesal, namun juga mengucapkan terima kasih karena telah dibantu mediasi dengan Rusia.

Dream - Duta Besar Ukraina untuk Israel Yevgen Korniychuk, mengungkapkan kekesalannya setelah negara sahabatnya itu menolak untuk memberikan ‘bantuan defisit’ atas konflik yang berlangsung dengan Rusia. 

Berharap mendapat bantuan senjata, Israel hanya mengirimkan helm untuk pasukan Ukraina. Sambil menggunakan helm, Korniychuk menyindir bantuan tersebut dengan menyebut Ukraina takkan bisa membunuh tentara Rusia hanya dengan helm.

" Tolong katakan pada saya, bagaimana Anda bisa membunuh dengan (helm) ini? Tidak mungkin,” kata Korniychuk dalam konferensi pers pada Senin, 7 Maret 2022.

Korniychuk mengaku heran dengan sikap banyak negara yang takut memberikan bantuan kepada Ukraina. Alih-alih membuat Ukraina sanggup menghadapi persenjataan Rusia, banyak negara malah memberikan bantuan perlindungan untuk penduduk.  

“ Itulah hal yang paling sederhana yang bisa mereka lakukan," sindir Korniychuk.

1 dari 2 halaman

Ucap Terima Kasih Untuk Usaha Mediasi

Walaupun tak memberikan bantuan mengatasi defisit persenjataan yang dihadapi Ukraina, Korniychuk berterima kasih dengan upaya Israel yang melakukan mediasi untuk perdamaian di antara Rusia dan Ukraina. 

Langkah mediasi itu diketahui saat Perdana Menteri Israel Naftali Bennett sebelumnya berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow membahas terkait konflik dengan Ukraina pada Sabtu, 5 Maret 2022.

Yevgen Korniychuk© (foto: merdeka.com)

Korniychuk juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas upaya Israel dalam membantu melakukan mediasi. 

" Perdana menteri mengatakan kemarin (bahwa) meskipun keberhasilan (mediasi) hanya satu persen, dia akan berusaha melakukannya… apa pun menjadi mungkin dalam rangka mencapai perdamaian," kata Korniychuk.

2 dari 2 halaman

Terus Mengulang Soal Bantuan Helm

Menurut  Korniychuk, upaya mediasi yang dilakukan Bennett lebih penting daripada persenjataan yang tidak diberikan Israel ke Ukraina.

" Ini jauh lebih penting ketimbang, misalnya, penjualan senjata atau amunisi, dan sebagainya, bahwa kami masih berjuang bersama Israel adalah isu sampingan, tapi karena keterbatasan (Israel) kami memakluminya," tambahnya.

Namun Korniychuk tetap mengulangi permohonan kepada Pemerintah Israel untuk memberikan bantuan berupa helm dan jaket anti peluru.

Sumber: Merdeka.com 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More