Kiamat Sugra Secara Bahasa Memiliki Arti sebagai Kiamat Kecil, Dalil di Al-Quran dan Tanda-tandanya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 22 Agustus 2022 06:01
Kiamat Sugra Secara Bahasa Memiliki Arti sebagai Kiamat Kecil, Dalil di Al-Quran dan Tanda-tandanya
Kiamat sugra misalnya saja berupa gempa bumi, banjir, hingga kematian.

Dream – Sebagai umat Islam, memercayai kehadiran hari kiamat adalah suatu kewajiban. Iman  kepada hari kiamat adalah bagian dari rukun iman yang keenam. Sudah begitu jelas dalam Al-Quran diterangkan tentang kehadiran hari kiamat tersebut, yakni melalui surat Al-Hajj ayat 7 berikut:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Artinya: Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.” (QS. Al-Hajj: 7).

Kiamat sendiri dalam Islam terbagi menjadi dua, yakni kiamat sugra dan kubra. Dalam hal ini hanya akan dibahas mengenai kiamat sugra. Kiamat sugra secara bahasa memiliki arti kecil atau kiamat kecil. Di mana kiamat sugra ini banyak ditemukan di sekeliling sahabat Dream. Misalnya saja adanya bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, hingga kematian.

Untuk mengetahui secara lebih dalam tentang kiamat sugra, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Apa Itu Kiamat Sugra?

Pengertian kiamat sugra© Unsplash.com

Kiamat sugra secara bahasa memiliki arti kecil. Sugra sendiri adalah bahasa Arab, dan kiamat sugra adalah kehancuran dari sebagian kecil yang ada di alam semesta. Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut:

Jika salah seorang dari kalian meninggal dunia, maka kursinya diperlihatkan kepadanya pada saat pagi-sore hari. Jika ia termasuk ahli surga, maka ia akan melihat jelas gambaran dirinya sebagai ahli neraka. Dikatakan kepadanya, ‘Ini kursimu hingga Allah membangkitkanmu pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Kiamat sugra atau kiamat kecil sudah banyak terjadi di sekeliling Sahabat Dream, atau mungkin kamu pernah mengalaminya sendiri. Misalnya saja terjadi bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, dan masih banyak lagi. Bahkan kematian pun juga bagian dari kiamat kecil.

2 dari 3 halaman

Dalil tentang Kiamat Sugra

Keberadaan kiamat itu sendiri adalah kebenaran yang pasti. Hal tersebut telah dibuktikan melalui berbagai peristiwa di bumi ini yang menjadi tanda-tanda dari kiamat sugra. Bahkan keberadaan kiamat sugra pun banyak dijelaskan dalam Al-Quran melalui beberapa ayat berikut ini:

Surat Al-Anbiya Ayat 35

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۗوَاِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

 

Artinya: Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya: 35).

Surat Al-Anbiya Ayat 47

وَنَضَعُ الْمَوَازِيْنَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔاۗ وَاِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ اَتَيْنَا بِهَاۗ وَكَفٰى بِنَا حَاسِبِيْنَ

Artinya: Dan Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tidak seorang pun dirugikan walau sedikit; sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkannya (pahala). Dan cukuplah Kami yang membuat perhitungan.” (QS. Al-Anbiya: 45).

Surat Al-Mulk Ayat 2

الَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيٰوةَ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًاۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفُوْرُۙ

Artinya: Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.” (QS. Al-Mulk: 2).

Surat Ar-Rahman Ayat 26

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍۖ

Artinya: Semua yang ada di bumi itu akan binasa,” (QS. Ar-Rahman: 26).

Surat Ibrahim Ayat 27

يُثَبِّتُ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَفِى الْاٰخِرَةِۚ وَيُضِلُّ اللّٰهُ الظّٰلِمِيْنَۗ وَيَفْعَلُ اللّٰهُ مَا يَشَاۤءُ ࣖ

Artinya: Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh (dalam kehidupan) di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.” (QS. Ibrahim: 27).

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Kiamat Kecil

Tanda-Tanda Kiamat Kecil© Unsplash.com

Kiamat sugra secara bahasa memiliki arti sebagai kiamat kecil. Hal tersebut pun ada tanda-tanda yang bisa dikenali. Tanda kiamat sugra ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW, ykni wafatnya beliau adalah bagian dari tanda kiamat kecil. Berikut adalah beberapa tanda kiamat sugra atau kiamat kecil yang perlu Sahabat Dream ketahui:

  • Sering terjadi bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan sebagainya.
  • Negara Arab menjadi padang rumput dan sungai.
  • Waktu yang berlalu menjadi semakin singkat.
  • Bulan sabit terlihat besar.
  • Jumlah orang baik semakin berkurang, sedangkan orang jahat semakin banyak.
  • Kehadiran gaya hidup mewah di tengah umat Islam.
  • Berlomba-lomba meninggikan bangunan.
  • Laki-laki yang menyerupai perempuan, begitu juga sebaliknya perempuan menyerupai laki-laki.
  • Terjadi banyak kasus pembunuhan.

Itulah penjelasan mengenai kiamat sugra secara bahasa memiliki arti sebagai kiamat kecil. Di mana tanda-tanda dari kiamat sugra ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad saw, yakni berupa bencana alam hingga kematian. (mut)

Beri Komentar