Kisah Mbah Untoro 37 Tahun Mengajar Anak-Anak Sambil Terbaring di Ranjang, Dapat Penghargaan Liputan 6 Awards

Reporter : Editor Dream.co.id
Sabtu, 29 Oktober 2022 12:13
Kisah Mbah Untoro 37 Tahun Mengajar Anak-Anak Sambil Terbaring di Ranjang, Dapat Penghargaan Liputan 6 Awards
Dalam ajang Liputan 6 Award 2022 ini ada yang istimewa. Tahun ini tidak digelar di atas panggung.

Dream - Begitu banyak orang inspiratif di sekitar kita. Mereka mendedikasikan hidupnya untuk lingkungan dan masyarakat. Sosok mereka sangat layak menjadi teladan bagi kita semua.

Salah satunya Mbah Untoro. Meski dalam kondisi lumpuh, kakek asal Gunungkidul, Yogyakarta, itu tetap semangat mengajari anak-anak di kampungnya sambil berbaring di ranjang sejak 37 tahun lalu. Mbah Untoro pun selalu menyisipkan petuah kehidupan melalui media wayang kulit pada setiap pembelajaran yang disampaikan.

Usaha, dedikasi, dan inspirasi yang diberikan Mbah Untoro untuk tetap berbagi ilmu dan mencerdaskan anak bangsa ini pun mendapat penghargaan dari Liputan 6 Awards untuk bidang Pendidikan.

Liputan 6 Awards merupakan ajang penghargaan bagi para tokoh yang mendedikasikan hidupnya untuk lingkungan dan sesama, serta konsisten menebarkan inspirasi kepada masyarakat. Selain tropi, SCTV juga memberikan uang penghargaan senilai Rp30 juta untuk masing-masing peraih Liputan 6 Awards.

Selain Mbah Untoro, Liputan 6 Awards tahun ini juga diberikan kepada tiga tokoh lain, masing-masing untuk Lingkungan, Kemanusiaan, serta Pemberdayaan UMKM.

1 dari 2 halaman

Liputan 6 Awards© Istimewa

Untuk kategori Lingkungan, diberikan kepada drh. Rosa Rika Wahyuni dari Aceh. Sejak bergabung di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh pada 2010, drh. Rosa telah menyelamatkan banyak gajah-gajah liar. Kepedulian itu membuatnya dijuluki sebagai ibu bagi bayi-bayi gajah.

Dedikasi yang tinggi akan kelestarian makhluk hidup, khususnya gajah Sumatera yang semakin langka, membuat Liputan 6 memberikan penghargaan Liputan 6 Awards 2022 untuk drh. Rosa Rika Wahyuni, sebagai tokoh yang inspiratif pada bidang Lingkungan.

Lipuran 6 Awards© Istimewa

Dari bidang Kemanusiaan, Liputan 6 Awards diberikan kepada Yayasan Rumah Satu Hati yang menyediakan rumah singgah untuk anak-anak yang berjuang karena menderita penyakit hati kronis. Anak-anak ini berpacu dengan waktu untuk mendapatkan donor agar bisa menjalani tranplantasi hati.

Sudah puluhan anak dari berbagai pelosok tanah air yang berhasil menjalani tranplantasi hati, berkat bantuan dan pendampingan Yayasan Rumah Satu Hati yang terletak di Jakarta Pusat ini.

Liputan 6 Awards© Istimewa

Kiryono asal Bogor, menerima penghargaan untuk kategori Pemberdayaan UMKM. Berkat kegigihannya menanam kopi, Kiryono bersama Kelompok Tani Hutan di Cisarua, sukses meningkatkan taraf ekonomi warga desa dan membuat area resapan air di hulu sungai Ciliwung yang sempat rusak, kembali menjadi hijau.

Pada 2016, kopi Cibulao yang dihasilkan Kiryono meraih juara 1 di ajang Kontes Kopi Spesialti Indonesia. Padahal kopi ini berjenis Robusta, yang tidak mudah tumbuh di kawasan Puncak. Atas dedikasinya pada sesama dan juga kepada lingkungan, membuat Kiryono berhak mendapat penghargaan Liputan 6 Awards pada bidang Pemberdayaan UMKM.

2 dari 2 halaman

Dalam ajang Liputan 6 Award 2022 ini ada yang istimewa. Setelah sebelas kali digelar di atas panggung, ajang ke-12 yang ditayangkan SCTV pada Jumat 28 Oktober 2022 pukul 12.30 WIB itu diberikan langsung kepada para peraih penghargaan di daerahnya masing-masing.

" Ini terobosan baru, agar para pemirsa bisa menyaksikan secara langsung bagaimana sosok-sosok peraih Liputan 6 Awards mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan orang lain, sekaligus menginspirasi masyarakat sekitarnya. Para pemirsa juga bisa melihat langsung kondisi masyarakat atau lingkungan yang sosok-sosok hebat ini perjuangkan," ujar Retno Pinasti, Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV.

Deputy Director Programming SCTV, Banardi Rachmad, mengatakan, Liputan 6 Awards digelar secara konsisten setiap tahun. SCTV menggelar ajang ini untuk memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh yang jarang tersorot oleh publik.

" Mereka sudah begitu berjasa dan berdedikasi tinggi kepada lingkungan dan masyarakat sekitar. Kami harap melalui acara ini, dapat menjadi inspirasi bagi pemirsa, sehingga ke depannya akan lahir lebih banyak tokoh-tokoh inspiratif yang berdedikasi untuk masyarakat sekitar," ujar Banardi Rachmad.

Sejumlah tokoh penting turut hadir sekaligus menyerahkan tropi Liputan 6 Awards 2022. Mereka adalah Tri Rismaharani (Menteri Sosial Republik Indonesia), Teten Masduki (Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah), dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas (Anggota DPD RI dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta).

Ada juga bintang ternama tanah air, seperti Budi Doremi, Pesulap Merah, dan sejumlah kelompok kesenian daerah turut memeriahkan Liputan 6 Awards 2022 dan dipandu news anchor Liputan 6: Djati Darma, Skolastika Sylvia, Azizah Hanum, dan David Rizal.

Beri Komentar