Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kisah Pilu Siswi SD Tak Bisa Makan Usai Orangtua Kena PHK di Perantauan

Kisah Pilu Siswi SD Tak Bisa Makan Usai Orangtua Kena PHK di Perantauan Kisah Pilu Gadis SD Tak Bisa Makan Setelah Orangtua Terkena PHK Di Tanah Rantau. Sumber Foto : Merdeka/Ananias Petrus

Dream- Tak bisa dipungkiri virus corona mengguncang peradaban manusia di dunia. Setiap negara melalui otoritasnya meminta rakyatnya untuk tetap di rumah.

Bukan hanya sekadar imbauan tetapi peraturan dan larangan keras untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Indonesia sendiri memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah dan menjaga jarak fisik (physical distancing), untuk menghambat penyebaran virus covid-19.

Virus corona yang mewabah di berbagai penjuru dunia dan langkah-langkah preventif, yang dilakukan tentu menimbulkan perubahan yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat.

Diakui atau tidak, banyak pihak yang merasakan dampak negatif dari pandemi virus corona saat ini. Pendapatan masyarakat jelas berkurang, terutama mereka yang berpenghasilan harian seperti buruh harian, pedagang kaki lima, ojek online, tukang parkir, dan lainnya.

Selain itu, sektor besarpun ikut mengalami kerugian akibat pandemi ini. Akibatnya, banyak perusahaan besar yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada sejumlah karyawannya.

Ternyata tak hanya orang tua yang merasakan kepahitan pandemi ini, seorang gadis kecil di NTT pun turut merasakan dampak negatifnya. Gadis itu bernama Merci.

Dia hidup seorang diri di rumahnya, NTT, sejak ia duduk di kelas tiga SD. Kedua orang tuanya memilih merantau di Kalimantan untuk memperbaiki hidup mereka.

Pasca merebaknya covid-19, orangtua Merci tidak lagi mengirimkan uang, untuk membeli beras apalagi jajan seperti anak seumurannya. Setiap hari, Merci berharap dari pemberian tetangga untuk bisa bertahan hidup. Ia makan seadanya seperti jagung dan sayur setiap hari.

Hidup Sebatang Kara

Merci Kase merupakan siswi kelas VI Sekolah Dasar Negeri Oevetnai, Desa Weulun, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur.

Keluarganya bisa dibilang berasal dari keluarga kurang mampu. Makanya agar kondisi keluarganya menjadi lebih baik, orangtuanya memutuskan untuk merantau ke Kalimantan. Dan Merci? Dia hidup seorang diri di rumahnya, NTT, sejak ia duduk di kelas tiga SD.

Sebelumnya, ayah Merci merantau seorang diri ke Kalimantan untuk mencari pekerjaan. Sepeninggal ayah ke tanah perantauan Merci membantu sang ibu menjual kue dan sayur usai pulang sekolah.

" Bapak ingin memperbaiki rumah dan ingin saya bisa sekolah, makanya merantau cari uang," ujar Merci melalui Merdeka.com.

Setelah dua tahun terpisah, ibu Merci terpaksa menyusul ke Kalimantan pada akhir 2019 lalu. Sehingga, Merci pun hidup sendirian di rumah mereka.

Menurutnya, di Kalimantan kedua orang tuanya bekerja di perusahaan kelapa sawit. Sehingga dari masak hingga mengurus rumah, selalu Ia lakukan sendiri.

Orang Tua Merci Tak Mampu Kirim Uang Lagi

Sebelum wabah covid-19, setiap bulan Merci dikirimkan uang oleh kedua orang tuanya sebesar Rp100 hingga Rp200 ribu. Dari uang itu, Merci menggunakannya untuk keperluan sekolah dan makan minum di rumah.

Namun pasca wabah covid-19 melanda Indonesia, Merci tak lagi menerima kiriman uang. Kedua orang tuanya dirumahkan perusahaan. Mereka tidak bisa pulang menemani Merci karena larangan mudik oleh pemerintah, guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.

"Kalau beras habis, biasa diberi keluarga atau tetangga. Kadang hanya jagung saja," ungkapnya.

Rumah Merci Tak Ada Listrik dan WC

Desa Weulun memang masih terisolir seakan luput dari perhatian pemerintah. Akses jalan menuju wilayah ini pun masih rusak. Di dusun Wetalas, sebanyak 44 rumah warga belum menikmati listrik. Mereka menggunakan lampu pelita sebagai penerangan, termasuk di rumah Merci.

"Saya dari kelas satu sudah biasa belajar pakai pelita. Kalau jam tidur dimatikan, agar hemat minyak tanah," kata Merci.

Merci bercita-cita menjadi seorang dokter, sehingga bisa berguna bagi banyak orang.

"Biar pakai pelita, tetapi saya dari kelas satu sampai kelas enam, selalu juara satu atau dua. Saya ingin jadi dokter, Doakan supaya orang tua saya bisa kumpul uang," pinta Merci.

Selain belum ada listrik, rumah Merci pun belum memiliki WC. Merci pun terpaksa harus ke hutan jika hendak BAB.

Menurut kepala dusun Weulun, Yakomina Bano, sebanyak 48 Kepala Keluarga (KK) di dusun itu, belum menggunakan listrik. Bahkan dari 48 rumah itu, hanya satu rumah yang memiliki WC.

"Sudah kita ajukan, tetapi sampai sekarang belum terjawab," ungkapnya.

Merci Anak yang Berprestasi di Sekolah

Meski kondisi yang sedemikian pilu, Merci dikenal sebagai siswi berprestasi. Ia selalu menyandang juara di kelasnya. Bahkan anjuran pemerintah untuk tetap tinggal dan belajar di rumah, benar-benar dijalankan Merci. Ia menghabiskan waktunya untuk belajar, hingga menulis puisi.

Ulang Tahun Merci Dilalui Tanpa Kedua Orangtuanya

Merci Kase, ternyata berulang tahun di tanggal 2 Mei lalu. Hari lahirnya bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kemarin. Tak ada kue ulang tahun atau ucapan seperti anak-anak lain seusia dia.

Airmatanya menetes saat ia mengaku tak bisa menelepon orang tuanya di hari bahagianya. Padahal, ia sudah rela berjalan kaki ke desa tetangga hanya untuk mengecas handphonenya.

"Malamnya bapa dengan mama telepon dan minta saya siap cas handphone, karena besoknya tanggal 2 Mei, saya ulang tahun. Paginya saya jalan kaki cas di rumah keluarga. Setelah cas, saya kembali ke rumah untuk menelepon, tetapi tidak diangkat, mungkin bapa dengan mama sedang bekerja," tuturnya.

Untuk membuang kesedihan, Merci membacakan puisi untuk guru-gurunya berjudul: Pahlawan Pendidikan. Puisi ini ditulis, Ayu Pratiwi Saleh.

Jika dunia kami yang dulu kosong

tak pernah kau isi

Mungkin hanya ada warna hampa, gelap

tak bisa apa-apa, tak bisa kemana-mana

Tapi kini dunia kami penuh warna

Dengan goresan garis-garis, juga kata

Yang dulu hanya jadi mimpi

Kini mulai terlihat bukan lagi mimpi

Itu karena kau yangmengajarkan

Tentang mana warna yang indah

Tentang garis yang harus dilukis

Juga tentang kata yang harus di baca

Terimakasih guruku dari hatiku

Untuk semua pejuang pendidikan

Dengan pendidikanlah kita bisa memperbaiki bangsa

Dengan pendidikanlah nasib kita bisa dirubah

Apa yang tak mungkin kau jadikan mungkin

Hanya ucapan terakhir dari mulutku

Di hari Pendidikan Nasional ini

Gempitakanlah selalu jiwamu

Wahai pejuang pendidikan Indonesia.

https://www.merdeka.com/peristiwa/kisah-pilu-siswi-sd-di-ntt-ditinggal-orangtua-merantau.html

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kondisi Memilukan Slamet Suradio Masinis Tragedi Bintaro 36 Tahun Lalu: Diceraikan Istri Hingga Tak Dapat Uang Pensiun

Kondisi Memilukan Slamet Suradio Masinis Tragedi Bintaro 36 Tahun Lalu: Diceraikan Istri Hingga Tak Dapat Uang Pensiun

Sebanyak 156 orang tewas dan tak kurang dari 300 orang terluka, baik berat maupun ringan

Baca Selengkapnya
Bawa Buket Uang Pria Datang ke Nikahan Mantan yang Sudah Dipacari Tahunan, Keluarga Pengantin Sampai Nangis Lantaran Sudah Kenal Akrab

Bawa Buket Uang Pria Datang ke Nikahan Mantan yang Sudah Dipacari Tahunan, Keluarga Pengantin Sampai Nangis Lantaran Sudah Kenal Akrab

Momen haru dan menyedihkan justru terlihat saat pria itu menyalami kedua orangtua pengantin wanita.

Baca Selengkapnya
Kisah Pilu Pria Pacaran 13 Tahun dan Sudah Bertunangan, Calon Istri Tiba-tiba Meninggal Dunia Jelang Akad Nikah

Kisah Pilu Pria Pacaran 13 Tahun dan Sudah Bertunangan, Calon Istri Tiba-tiba Meninggal Dunia Jelang Akad Nikah

Pria ini mengalami kehilangan yang sangat menyakitkan ketika calon istrinya meninggal dunia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Sering Pacaran dengan Suami Orang, Nunung Sampai Dipecat 12 Kali dari Srimulat

Sering Pacaran dengan Suami Orang, Nunung Sampai Dipecat 12 Kali dari Srimulat

Karir Nunung pernah terancam karena berpacaran dengan laki-laki beristri

Baca Selengkapnya
Orangtua Tak Hadir, Momen Mahasiswi Rantau Wisuda Tanpa Pendamping Ini Bikin Air Mata Menetes

Orangtua Tak Hadir, Momen Mahasiswi Rantau Wisuda Tanpa Pendamping Ini Bikin Air Mata Menetes

Kedua Orangtua Tak Hadir, Momen Anak Rantau Wisuda Tanpa Pendamping Ini Penuh Haru

Baca Selengkapnya