KSAD Jenderal Andika Kirim Surat ke Prabowo, Apa Isinya?

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 16 November 2021 07:00
KSAD Jenderal Andika Kirim Surat ke Prabowo, Apa Isinya?
Apa permintaan KSAD Jenderal Andika?

Dream - Beberapa waktu lalu, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mendapat kunjungan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan. Sang gubernur datang didampingi Panglima Kodam XVIII/Kasuari beserta jajarannya.

Dominggus mewakili pemerintah daerah Papua Barat dan masyarakat setempat untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan Andika dan Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

" Terima kasih kepada bapak KSAD yang sudah membantu kami melalui Kodam XVIII/Kasuari. Saya atas nama pemerintah provinsi dan juga para bupati walikota, serta masyarakat Papua Barat menyampaikan penghargaan dan terima kasih untuk bapak Kepala Staf Angkatan Darat yang sudah membantu kami," kata Dominggus.

Ucapan terima kasihnya terkait adanya program 1.000 Bintara Prajurit Karier TNI AD yang dipelopori KSAD Andika. " Seribu Bintara Otsus ini baru terjadi sekali ini setelah bapak memimpin. Luar bisa,” sambung Dominggus.

1 dari 5 halaman

Mengurangi Angka Pengangguran dan Mendorong Kemajuan Papua

Gubernur Papua Barat© YouTube TNI AD

Saat datang ke Markas Besar TNI AD, Andika bertanya kepada sang gubernur dampak yang dirasakan masyarakat setempat.

" Apa kesan orang Papua Barat tentang 1.000 Bintara Otsus ini?," tanya Andika.

“ Oh kesannya luar bisa, banyak mereka komentar itu pak. Artinya menurunkan angka pengangguran di Papua Barat yang cukup tinggi. Dengan adanya seribu Bintara Otsus ini kan sudah mengurangi angka pengangguran angka kemiskinan berkurang, luar biasa," terang Dominggus.

2 dari 5 halaman

Meminta Tambahan Tentara di Papua Barat

Sedikit informasi, Sekolah Calon Tamtama (Secata) ditempuh Casis (Calon Siswa) selama 6 bulan. Setelahnya akan mendapat pangkat Prajurit Dua (Prada). Kemudian, untuk Sekoah Calon Bintara (Secaba) diperlukan waktu 5 bulan untuk mendapat pangkat Sersan Dua (Serda).

Jenderal Andika sebelumnya telah mengusungkan program seribu bintara di Papua. Saat ini, Dominggus kembali meminta bantuan kepada KSAD Andika agar putra dan putri Papua diberi kesampata dengan programseribu Tamtama.

" Jadi mereka minta tambahan. Sampaikan ke bapak Kasad kalau bisa, kasih kita Tamtama lagi. Tahun kemarin kan Bintara, kalau tahun ini bisa Tamtama. Bapak kasih kita 1.000 kita siap," papar Dominggus.

 

3 dari 5 halaman

Akan Kirim Surat ke Menhan Prabowo

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa© YouTube TNI AD

Mendengar permohonan sang Gubernur, Andika mengaku gembira. Meski begitu, dirinya tetap harus mengikuti prosedur yang berlaku yakni permintaan izin kepada atasannya.

Andika dalam menjawab permohonan Gubernur Papua Barat, akan mengirimkan surat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Bahkan sang Gubernur sendiri diajak mendampingi, jika diminta.

" Tapi ya sama sesuai dengan prosedur. Saya juga harus meminta ijin kepada Menteri Pertahanan. Sama kayak waktu itu ya, jadi saya akan tulis surat ke Menteri Pertahanan. Nanti kalau diperlukan Menteri Pertahanan ketemu langsung, nanti pak Gubernur juga datang ya," ujar Andika.

4 dari 5 halaman

Keinginan KSAD Jenderal Andika Perkasa

Pertmuan KSAD Andika dan Gubernur Papua Barat© YouTube TNI AD

Lebih lanjut dalam pertemuan tersebut, KSAD Andika mengungkapkan bahwa program 1.000 putra-putri Papua Barat menjadi tentara merupakan salah satu cara untuk memajukan Papua.

Keinginannya itu dinilai sukses dan menjadi peluang membuka lapangan pekerjaan baru.

" Tidak ada salahnya kita usulkan saja kalau misalnya 2000. Jadi kalau Bintaranya kemarin 1.000 kalau Tamtamanya bisa lebih, bagus. Jadi akan lebih banyak lagi menyediakan lapangan kerja. Saya ingin lihat Papua Barat maju. Itu (Papua) kecintaan saya loh," pungkas Andika.

 

5 dari 5 halaman

Intip Videonya

Beri Komentar