Kumpulan Doa Minta Petunjuk Pekerjaan agar Berkah dan Raih Kesuksesan

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 4 Oktober 2022 20:01
Kumpulan Doa Minta Petunjuk Pekerjaan agar Berkah dan Raih Kesuksesan
Kamu perlu membaca doa untuk minta petunjuk pekerjaan yang baik dan berkah.

Dream – Kebutuhan primer dalam setiap manusia yang perlu dipenuhi ialah angan, sandang dan papan. Setelah kebutuhan tersebut terpenuhi seluruhnya, kita berusaha mensyukuri rezeki tersebut dengan tak lupa memanjatkan doa.

Terlebih ketika kebutuhan manusia semakin meningkat di tengah teknologi komunikasi yang semakin masuk dalam kehidupan.

Untuk memenuhi seluruh kebutuhan manusia tersebut biasanya didapatkan dengan mengeluarkan uang. Besar ataupun kecil uang yang diterima bisa diusahakan dengan menjalani pekerjaan cara yang halal. Di antara cara untuk mencari nafkah halal adalah dengan mendapatkan pekerjaan atau menjadi pengusaha.

Pekerjaan merupakan salah satu jalan seseorang untuk meraih rezeki. Seseorang tentu akan menjalani profesinya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Mereka bahkan bisa begitu mencintai pekerjaannya. Ini karena dia merasa mampu berkarya dengan pekerjaan itu.

Namun bagi yang belum mendapatkan pekerjaan, perlu berusaha keras lagi untuk mendapatkan tempat kerja impian. Sebagai salah satu bentuk ikhtiar, berdoa menjadi sarana berkeluh kesah dan memohon kepada Allah SWT.

Mungkin kamu perlu membaca doa untuk minta petunjuk pekerjaan yang baik dan berkah. Dalam artikel kali ini Dream akan memaparkan kumpulan doa untuk minta petunjuk pekerjaan. Mari simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Doa Minta Petunjuk Pekerjaan

Doa minta petunjuk pekerjaan yang pertama ini dikutip dari salah satu hadis Nabi SAW. Berikut bunyi doanya:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ – عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Artinya:

“ Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu’anhu, dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam beliau biasa berdoa: Allaahumma innii as alukal hudaa wat tuqaa wal ‘afaafa wal ghinaa (artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketaqwaan, keterjagaan, dan kekayaan).”

2 dari 4 halaman

Doa Minta Petunjuk Pekerjaan yang Baik dan Berkah

Mendapatkan pekerjaan baik adalah harapan semua orang. Terutama mereka yang masih menganggur.

Buat yang memiliki pekerjaan tetap, sudah selayaknya bersyukur. Sebab, masih banyak saudara kita yang tidak punya pekerjaan dan pendapatan.

Untuk mendapatkan pekerjaan yang baik, dapat mengamalkan doa ini. Pekerjaan baik akan mendatangkan keberkahan.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ وَلَا تَذْهَبْ قَلْبِيْ اِلَى شَيْءٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ

Allahummaghfir lii dzanbi, wa wassi' khuluqi, wa thayyib lii kasabi, wa qanni'ni bima razaqtani, wa la tadzhab qalbi ila syai-in sharraftahu 'anni.

Artinya:

“ Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku.”

3 dari 4 halaman

Doa Minta Petunjuk Pekerjaan dan Agar Mantap dengan Pilihan Pekerjaan

Ilustrasi© Shutterstock.com

Mendapat tawaran pekerjaan lebih dari satu, tak selamanya menyenangkan. Terkadang, banyaknya tawaran pekerjaan membuat kita galau, bimbang memilih tawaran mana yang akan lebih baik.

Ketika sudah memilih, sering muncul rasa khawatir, tak yakin terhadap pilihannya. Beragam pertanyaan pun bermunculan. " Apakah pilihan saya ini benar?" " Apakah saya bisa mengerjakan pekerjaan ini?"

Untuk menghalau perasaan itu, alangkah baiknya jika kita berdoa kepada Allah SWT. Sebaiknya menengadahkan tangan dan meminta kepada-Nya supaya diberi kemantapan dalam bekerja. Berikut bacaan doanya:

Allahuma inni as-aslukats tsabaata fil amri wa as asluka 'aziimatar rusydi wa as-aslukasy syukra ni'mataka wa as-aluka husna 'ibaadatika wa as-aluka qalban saliiman wa as-aluka lisaanan shaadiqan wa as-aluka min khairi maa ta'lamu wa a'uudzu bika min syarri ma ta'lamu wa astaghfiruka limaa ta'lamu innaka anta 'allaamul ghuyub.

Artinya:

“ Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ketegaran dalam menhadapi permasalahan, aku mohon kepada-Mu agar Engkau berkenan memberikan petunjuk dan aku mohon kepada-Mu agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu, giat beribadah kepada-Mu, serta aku mohon kepada-Mu lisan yang jujur dan hati yang lurus. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang Engkau ketahui, dan aku mohon kepada-Mu kebaikan yang Engkau ketahui, serta aku mohon kepada-Mu curahan ampunan dari segala dosa yang Engkau ketahui karena Engkaulah yang mengetahui segala yang gaib.” (HR. Tirmidzi dan Nasa'i)

4 dari 4 halaman

Doa Minta Petunjuk Pekerjaan dan Agar Raih Kesuksesan di Dalamnya

Kesuksesan tidak bisa datang sendiri. Selain usaha, seorang muslim dianjurkan untuk melantunkan doa agar Allah SWT memberikan kesuksesan. Salah satunya dengan doa di bawah ini.

Allahumma innii as aluka khairal mas-alati wa khairad du'aai wa khairan najaahi wa khairal 'amali wa khairats tzawaabi wa khairal hayaati wa khairal mamaati tsabbitnii wa tsaqqil mawaaziinii wa haffif iimaanii warfa' darajaati wa taqabbal shalawaatii waghfir khathii atii wa as alukad darajaatil 'ulyaa fil jannati.

Artinya:

“ Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan sebaik-baik permohonan, sebaik-baiknya doa, sebaik-baiknya keberhasilan, sebaik-baiknya amal perbuatan, sebaik-baiknya pahala, sebaik-baiknya kehidupan dan sebaik-baiknya kematian. Tetaplah padaku serta perberatlah timbangan amal kebaikanku, kokohkanlah keimananku, tinggikanlah derajatku, terimalah sholat-sholatku, ampunilah dosa kesalahanku, dan aku mohon kepada-Mu untuk mendapatkan tingkat tertinggi dalam surga.”

Demikian itulah kumpulan doa minta petunjuk pekerjaan yang perlu kamu panjatkan. Baik bagi Sahabat Dream yang belum mendapatkan pekerjaan maupun yang sudah mendapatkan pekerjaan. Semoga dengan bacaan doa di atas, Tuhan memberikan berkah dan rezeki melimpah lewat pekerjaan yang kita lakukan.

Beri Komentar