Lokasi Bjorka Akhirnya Terlacak usai Jumpa Fans

Reporter : Nabila Hanum
Kamis, 22 September 2022 11:00
Lokasi Bjorka Akhirnya Terlacak usai Jumpa Fans
Lokasi Bjorka diketahui setelah melakukan jumpa fans.

Dream - Sebuah thread di situs forum gelap berhasil mengungkap lokasi asli hacker Bjorka. Hal tersebut terungkap setelah Bjorka bertemu dengan seorang pengguna Breachforums bernama Emo.

Dalam thread yang ia buat, Emo mengaku baru saja bertemu dengan Bjorka. " Jadi saya bertemu @Bjorka hari ini," tulisnya dalam judul thread tersebut.

Emo mengatakan, dirinya bertemu langsung dengan Bjorka di salah satu pusat perbelanjaan di LA. Namun, Emo tidak menjelaskan secara rinci pusat perbelanjaan ia maksud, tidak dijelaskan pula makna singkatan LA.

1 dari 4 halaman

Meski demikian, singkatan LA biasanya dipergunakan untuk menyingkat nama dari sebuah kota di negara bagian California, Amerika Serikat yakni Los Angeles (LA).

" Saya bertemu Bjorka di pusat perbelanjaan di LA kemarin. Saya bilang ke dia, keren sekali saya bisa bertemu langsung dengannya, tapi saya tidak mau berlaku tak sopan dan mengganggunya untuk berfoto bersama," tulis Emo.

Bjorka pun membalas thread tersebut dan menulis kalau ia senang bertemu dengannya. " Senang bertemu denganmu @Emo," tulis Bjorka.

Breachforums merupakan tempat para hacker, termasuk Bjorka, untuk menyebarluaskan dan menjual sejumlah data rahasia.

Bjorka bahkan sempat menyebut bahwa Breachforums dan aplikasi Telegram menjadi jalur komunikasi yang digunakan saat ini.

2 dari 4 halaman

3 dari 4 halaman

Pemuda Madiun Ditetapkan Jadi Tersangka, Ini Perannya dalam Komplotan Hacker Bjorka

Dream - MAH, pemuda asal Madiun, Jawa Timur, ditetapkan sebagai tersangka atas kasus peretasan data-data milik pemerintah. Dia disebut sebagai bagian dari kelompok hacker Bjorka.

" Sekarang statusnya tersangka dan sedang diproses oleh tim khusus (timsus) Polri," kata Juru Bicara Humas Polri Kombes Pol Ade Yaya Suryana dalam keterangan pers, Jumat, 16 September 2022, dikutip dari Liputan6.com.

MAH berhasil diidentifikasi dan termasuk kelompok Bjorka. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo juga membenarkan kabar tersebut. Penangkapan ini merupakan bagian dari kerja tim khusus bentukan Menko Polhukam Mahfud MD.

Namun Dedi menyatakan pemeriksaan dan pendalaman masih dilakukan. Tim juga belum masuk pada kesimpulan pemuda tersebut adalah hacker Bjorka.

" Belum, belum disimpulkan seperti itu. Karena masih didalami oleh Timsus. Saya tidak berkompeten untuk menjelaskan sebelum Timsus nanti telah selesai bekerja," jelas dia.

Pemerintah Indonesia telah membentuk tim khusus yang terdiri Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Menko Polhukam, untuk memburu sosok di balik hacker Bjorka. 

4 dari 4 halaman

Motifnya diketahui adalah untuk membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang. Kini, timsus telah mengamankan beberapa barang bukti berupa sim card seluler, dua unit handphone, dan KTP.

" Kemudian tim khusus juga telah mengamankan beberapa barang bukti, yaitu satu buah sim card seluler. Kemudian dua unit handphone milik tersangka tentunya. Kemudian satu lembar KTP atas nama inisial MAH, berarti KTP tersangka," tutup Ade.

Beri Komentar