Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia yang Bisa Menumbuhkan Rasa Nasionalisme dan Toleransi

7 Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia yang Bisa Menumbuhkan Rasa Nasionalisme dan Toleransi Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia (Foto Ilustrasi: Shutterstockcom)

Dream – Luas Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke menjadikan bumi Nusantara ini memiliki berbagai budaya yang sangat istimewa. Keberagaman budaya Indonesia ini memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Ada beragam suku, ras, etnis, bahasa, dan agama yang telah hidup secara berdampingan di Indonesia sehingga membuat tanah air ini dijuluki Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Keberagaman yang dimiliki Indonesia tentunya wajib untuk disyukuri dan dibanggakan. Hanya di Indonesia, suatu perbedaan mampu hidup secara turun-temurun dan membuktikannya bukan sebagai tembok pembatas yang menjadi alasan untuk saling menghalangi apalagi memunculkan perselisihan.

Kekayaan ini juga membuat Indonesia mendapat identitas sendiri dengan keragamannya. Tak hanya berbeda, manfaat keberagaman budaya juga banyak dirasakan oleh setiap warga negara Indonesia. Baik itu dari sisi persatuan, nasionalisme, sosial, pendidikan, hingga perekonomian.

Nah, untuk mengetahui secara lebih jelas apa saja manfaat keberagaman budaya Indonesia, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui manfaat.co.id.

Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia

Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia

Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Manfaat keberagaman budaya yang pertama adalah bisa menumbuhkan sikap nasionalisme. Di mana sikap nasionalisme adalah rasa cinta pada bangsa dan negaranya sendiri. Hal inilah yang sangat penting untuk ditanamkan pada setiap warga negara.

Karena dengan adanya rasa nasionalisme, maka ia akan selalu menjaga apapun yang dimiliki oleh negaranya tersebut. Di mana akan muncul rasa memiliki yang tinggi dan menghargai kekayaan dari bangsanya.

Alat Pemersatu Bangsa

Adanya keberagaman, hal ini bukanlah menjadi alasan untuk saling membenci dan menimbulkan konflik. Akan tetapi perbedaan ini akan semakin indah ketika dipersatukan. Bahkan dengan adanya perbedaan, hal ini menunjukkan suatu keunikan tersendiri.

Oleh karena itu, keberagaman budaya hendaknya mampu mempersatukan bangsa dan bukan justru saling memecah belah. Seperti diibaratkan pelangi yang memiliki beragam warna, namun itulah keindahannya yang dipancarkan. Begitu juga dengan keragaman budaya yang juga mampu menarik hati.

Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia

Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia

Menjadi Identitas Bangsa

Manfaat keberagaman budaya berikutnya adalah menjadi identitas bangsa. Jika dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia memiliki banyak sekali budaya di setiap daerahnya. Bahkan dalam satu daerah saja bisa memiliki beberapa bahasa.

Tidak hanya bahasa saja, setiap daerah di Indonesia juga memiliki ciri khasnya masing-masing. Misalnya saja batik di yang ada di pulau Jawa, kain ulos dari tanah Sumatera, kain Endek di pulau Bali, dan masih banyak lagi. Nah, keberagaman inilah yang menjadi identitas bagi bangsa Indonesia di mata dunia.

Sebagai Ikon Pariwisata

Manfaat keberagaman budaya pun juga memberikan dampak yang baik di bidang pariwisata. Di mana hal ini mampu menarik perhatian orang-orang di berbagai negara yang penasaran dengan budaya Indonesia. Baik itu dalam hal rumah adat, bahasa, alat musik, tarian, hingga peninggalan sejarah.

Kesemua hal tersebut bisa menjadi daya tarik para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi, melihat, dan bahkan mengalami secara langsung. Secara otomatis, ini mampu meningkatkan devisa negara.

Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia

Manfaat Keberagaman Budaya Indonesia

Memupuk Rasa Toleransi

Di tengah keberagaman yang ada, hal ini mampu memupuk rasa toleransi dalam diri setiap warga. Semakin tebal toleransi dalam diri seseorang, hal itu akan sangat baik. Di mana rasa peduli, saling memerhatikan, tolong-menolong, hingga nasionalisme akan semakin jelas terlihat. Karena seharusnya seperti itulah sebagai manusia sosial yang tak mungkin bisa hidup sendiri.

Bahkan dengan rasa toleransi yang dimiliki, hal tersebut bisa menghindarkan dari adanya perselisihan. Karena mereka mampu menghargai satu sama lain yang berbeda, tanpa memaksakan bahwa dirinyalah yang paling benar. Baik itu dari sisi agama, ras, suku, dan sebagainya.

Sumber Pengetahuan bagi Dunia

Manfaat keberagaman budaya selanjutnya adalah menjadi sumber pengetahuan bagi dunia. Di mana budaya itu sendiri lahir dari sebuah tradisi secara turun temurun. Ada berbagai peninggalan sejarah yang hingga saat ini masih tersedia dan terjaga dengan baik.

Keberadaan peninggalan sejarah itulah yang menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat lokal maupun luar negeri untuk mengetahui kehidupan masyarakat sebelumnya. Bahkan hal tersebut sangatlah berguna bagi para sejarawan dan budayawan. Di mana peninggalan-peninggalan itu bisa menjadi sumber informasi yang sangat berharga.

Meningkatkan Pendapatan Nasional

Keberagaman budaya yang dimiliki selain harus dilestarikan, juga harus dikelola dengan sebaik mungkin. Karena dengan pengelolaan yang baik, hal ini bisa menjadi nilai plus yang membuat para wisatawan berbondong-bondong untuk menyaksikan secara langsung.

Kedatangan para wisatawan itulah yang menjadi keuntungan bagi negara karena kas negara akan terisi. Sehingga pendapatan nasional pun akan meningkat dan bisa digunakan untuk pembangunan bangsa.

Itulah beberapa manfaat keberagaman budaya yang penting untuk kita ketahui. Keberadaan budaya-budaya tersebut mampu memberikan dampak yang baik bagi kehidupan masyarakat dan pembangunan suatu bangsa. Oleh karena itu, sudah seharusnya budaya dilestarikan agar bisa tetap dinikmati oleh generasi mendatang.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
8 Faktor Anak Melakukan Tindak Kekerasan dan Pembullyan, Yuk Ayah Bunda Cari Tahu

8 Faktor Anak Melakukan Tindak Kekerasan dan Pembullyan, Yuk Ayah Bunda Cari Tahu

Fenomena kekerasan dan pembullyan yang dilakukan oleh anak di sekolah merupakan masalah serius yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak

Baca Selengkapnya
170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

Nasehat dari orang tua kepada anaknya memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak dan membantu mereka tumbuh dengan baik.

Baca Selengkapnya
Kewajiban Mendidik Anak dalam Islam, 5 Hal Inilah yang Harus Diajarkan Orang Tua

Kewajiban Mendidik Anak dalam Islam, 5 Hal Inilah yang Harus Diajarkan Orang Tua

Pendidikan akan berpengaruh pada pembentukan karakter dan moral anak.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Alasan Ramadhan Merupakan Bulan yang Mulia, Banyak Keutamaan di Dalamnya

5 Alasan Ramadhan Merupakan Bulan yang Mulia, Banyak Keutamaan di Dalamnya

Terdapat banyak keberkahan yang dapat kita raih di bulan Ramadhan, salah satunya adalah pahala yang dilipatgandakan.

Baca Selengkapnya
100 Kata-Kata Bijak Kehidupan Sehari-hari yang Inspiratif, Suntikan Motivasi Hadapi Rintangan

100 Kata-Kata Bijak Kehidupan Sehari-hari yang Inspiratif, Suntikan Motivasi Hadapi Rintangan

Kata-kata bijak kehidupan sehari-hari juga seringkali mengandung nilai-nilai moral yang memberikan arah dan pedoman.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Terapkan Jika Ingin Hubungan Sehat

Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Terapkan Jika Ingin Hubungan Sehat

Cemburu adalah salah satu emosi negatif yang berdampak buruk untuk sebuah hubungan. Yuk, simak cara ampuh untuk mengatasinya!

Baca Selengkapnya