Masya Allah, Bapak Penumpang KRL Ini Tunaikan Sholat dalam Gerbong Kereta

Reporter : Okti Nur Alifia
Minggu, 4 Desember 2022 08:01
Masya Allah, Bapak Penumpang KRL Ini Tunaikan Sholat dalam Gerbong Kereta
Dia terekam kamera sedang melakukan sholat saat sedang menaiki Commuter Line alias KRL.

Dream - Apapun kondisinya, umat Islam tidak boleh meninggalkan ibadah wajibnya yakni sholat lima waktu. Kapan pun dan di mana pun, seorang muslim harus melonggarkan waktunya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Mulai dari Subuh hingga Isya, tak boleh ada yang terlewatkan. Sebagai tiang agama, Allah SWT juga memberikan sejumlah keringanan kepada muslim dalam menjalankan ibadah sholat dalam keadaan tertentu seperti dilakukan secara jama atau qashar saat sedang dalam perjalanan.

Ibadah utama Islam tersebut belum menjadi sebuah kewajiban untuk anak-anak yang belum baligh. Namun orang tua sangat dianjurkan untuk mengajarkan sholat tepat waktu agar bisa menjadi kebiasaan sekaligus menjadi kesadaran sendiri ketika kelak sudah dewasa.

Ketaatan itulah yang ditunjukan seorang pria yang terekam sedang melakukan sholat saat sedang menaiki Commuter Line alias KRL. 

1 dari 4 halaman

Pria itu tetap mengingat sholat, meskipun sedang dalam perjalanan di kereta. Suasana kereta terlihat jelas dengan para penumpang yang duduk di kursi. 

sholat di krl© Instagram @undercover.id

Di dalamnya tak nampak penumpang yang berdesakan, namun di antara para pria yang duduk, sosok pria memakai baju batik dan jaket hitam justru sedang menunaikan ibadah sholat.

Berdasarkan unggahan video Instagram @undercover.id, pria yang nampak sudah berumur itu menaiki kereta Sriwedari Ekspress Commuter Surakarta, Jawa Tengah. Dilihat dari suasana di luar kereta, waktu menunjukkan sudah malam hari.

2 dari 4 halaman

“ Manusia kalau udah diprioritasin urusan akhirat ya kaya gini.. mau dimana aja kapan aja pasti ALLAH mudahkan urusan ibadah dan dunianya,” tulis keterangan postingan.

sholat di krl© Instagram @undercover.id

Meskipun tanpa sajadah dan sholat sembari duduk, dia tetap melakukan rakaat demi rakaat sholatnya. Dia nampak khusyuk walau sholat di tengah-tengah kereta yang sedang berjalan.

Tidak disebutkan sholat apa yang sedang ditunaikan sang bapak, apakah sholat wajib ataupun sholat sunnah. Seorang warganet berpendapat kemungkinan bapak tersebut mengerjakan sholat Lihurmatil Waqti.

Dilansir NU Online, dalam literatur kitab fiqih dikenal dengan istilah sholat Lihurmatil Waqti (sholat untuk menghormati waktu).

3 dari 4 halaman

Video singkat ini lantas menuai banyak atensi dari warganet yang menyelipkan pendapatnya. 

" Itu sholat lihurmatil wakti (sholat menghormati waktu) itu di laksanakan ketika keadaan darurat ( misal perjalanan)..dan nnti stelah sampai tujuan maka kite wajib mengganti sholat yg tertinggal di saat dlm perjalanan...jd klo kite wafat setelah sholat lihurmatil wakti maka kite bukan org yg di cap sbg org yg menunggalkan sholat dgn sengaja."

" Masha allah inget alm bpk, bner2 gmw kelewat 5 waktu dimanapun dn keadaan apapun. Sampe di akhir2 bapak sakit mungkin blank minta di ajarin lg bacaan sholat, dn alhmdulillah aku bisa ada di dekat bpk smpe nafas terakhirnya 🥺❤️."

" Allah cuma nyuruh kita taat dgn gak ninggalin sholat, tapi kadang kitanya yg banyak beralasan ini itu sampe nunda-nunda. Semoga kita dimampukan sholat selalu di awal waktu 🤲🏻."

 

Beri Komentar