Mengapa Perlu Mencium Hajar Aswad di Tanah Suci?

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 10 Januari 2017 17:29
Mengapa Perlu Mencium Hajar Aswad di Tanah Suci?
Ada beberapa alasan yang membuat Hajar Aswad begitu disucikan hingga banyak jamaah haji dan umroh ingin menyentuh atau menciumnya.

Dream - Bertamu ke rumah Allah tentunya menjadi impian umat Islam di dunia. Hal ini akan menjadi kenikmatan tersendiri bagi kita. Terlebih jika berhasil mencium Hajar Aswad. Nikmat sekali rasanya.

Hajar Aswad merupakan sebuah batu hitam yang menjadi patokan umat Islam mengawali Thawaf atau mengelilingi Kabah saat menjalankan ibadah haji atau umroh. Hajar Aswad terletak di sudut sebelah timur Kabah.

Hajar Aswad berasal dari bahasa Arab, Al-Hajar yang artinya batu dan Al-Aswad yang artinya hitam. Pada awalnya, Hajar Aswad merupakan batu berwarna putih yang diturunkan dari surga. Namun karena banyaknya maksiat dan dosa yang dilakukan oleh manusia, Hajar Aswad akhirnya berubah warna menjadi hitam.

Ada beberapa alasan yang membuat Hajar Aswad begitu disucikan hingga banyak jamaah haji dan umroh ingin menyentuh atau menciumnya. Berikut ulasannya.

Hajar Aswad merupakan batu yang turun dari surga

Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, " Hajar Aswad turun dari surga padahal batu tersebut begitu putih lebih putih daripada susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut menjadi hitam." ( HR. Tirmidzi no. 877. Shahih menurut Syaikh Al Albani)

Hajar Aswad menjadi saksi pada hari kiamat

Dari Ibnu 'Abbas, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda mengenai hajar Aswad, " Demi Allah, Allah akan mengutus batu tersebut pada hari kiamat dan ia memiliki dua mata yang bisa melihat, memiliki lisan yang bisa berbicara dan akan menjadi saksi bagi siapa yang benar-benar menyentuhnya." (HR. Tirmidzi no. 961, Ibnu Majah no. 2944 dan Ahmad 1: 247. Abu Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan dan Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini)

Ulasan selengkapnya baca di sini.   

 

Beri Komentar