Mengenal Jalur Pathway, Jembatan Kualifikasi Pendidikan Bekal Kuliah ke Luar Negeri

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 5 Desember 2022 06:36
Mengenal Jalur Pathway, Jembatan Kualifikasi Pendidikan Bekal Kuliah ke Luar Negeri
Tidak semua sekolah di Indonesia memiliki sistem dan kualifikasi yang sama dengan beberapa negara luar lainnya

Dream - Kuliah di luar negeri menjadi impian dan direncanakan oleh banyak orang. Pendidikan di luar negeri akan membuat diri mampu bersaing di kancah global.

“ Dengan pendidikan global diharapkan kualitas SDM akan lebih meningkat. Peningkatan kemampuan dari sisi akademik dan soft skill selalu akan menjadikannya mampu bersaing secara internasional,” jelas Adhirama Gumay, Presiden Direktur USG Education pada acara A Roadmap For Indonesian Students To Enter Top UK University, Jumat 2 Desember 2022.

Namun seringkali impian kuliah ke luar negeri ini terkendala. Mulai dari keraguan kesulitan beradaptasi di negara yang dituju maupun terkait kualifikasi yang dimiliki apakah sudah sesuai dengan jurusan kuliah yang diinginkan.

1 dari 3 halaman

Tidak Semua Sekolah Indonesia Punya Kualifikasi Sama Dengan Luar Negeri

Shutterstock© Shutterstock

Apalagi tidak semua sekolah di Indonesia memiliki sistem dan kualifikasi yang sama dengan beberapa negara luar lainnya. Otomatis mengisi ‘gap’ kosong perbedaan ini menjadi hal yang penting untuk menempuh pendidikan di luar negeri.

Celah kualifikasi pendidikan terakhir ini dapat diatasi dengan program pathway atau program jalur.

 

2 dari 3 halaman

Program Pathway

Program pathway bertujuan menjembatani celah antara kualifikasi pendidikan terakhir yang dimiliki para siswa dengan persyaratan masuk yang diminta universitas di luar negeri baik untuk tingkat sarjana maupun pascasarjana.

Dengan mengikuti program pathway, siswa akan mendapatkan transisi masuk pada gelar sarjana Internasional.

Jadi Sahabat Dream akan mempelajari ilmu sesuai dengan jurusan yang dipilih terlebih dahulu.

Dream.co.id© Dream.co.id

“ Kami bertujuan untuk memberikan pendidikan transformasional. Ilmu dari penelitian kelas dunia dapat membantu siswa berkembang di masa depan dan memberi pengalaman belajar yang benar-benar internasional sambil juga memberikan dukungan untuk kesejahteraan dan aspirasi karir masa depan mereka,” kata Vanessa Potter, Global Vice President / Director of Communications and External Relations, the University of Essex pada kesempatan yang sama.

 

3 dari 3 halaman

Juga Membantu Persiapkan Mental Kuliah di Luar Negeri

Selain itu program pathway juga membantu adaptasi menjadi lebih mudah, mempersiapkan mental culture shock dan bahasa, membangun rasa percaya diri, kuliah menjadi lebih hemat, dan bisa mendapatkan transfer secara mulus ke universitas terkemuka dunia.

“ Serangkaian kegiatan pembelajaran praktik yang akan ditempuh siswa dikembangkan. Siswa juga akan diterjunkan langsung dalam menghadapi berbagai isu nyata yang kerap muncul di dunia nyata sesuai dengan jurusan yang dipilih”, jelas Aimee Sukesna, USG Education Head of BSD Campus pada kesempatan yang sama.

Salah satu yang memberikan solusi pilihan pathway kepada siswa yang ingin kuliah ke luar negeri adalah USG Education sebagai international education pathway provider.

Salah satu terobosan yang dilakukan adalah kemitraan dengan University of Essex Inggris untuk jalur program Bisnis.

“ Bersama University of Essex, USG Education melalui salah satu program pathway kami yaitu UJC dan UIC College semakin memantapkan  posisi kami dalam memberikan solusi jalur pendidikan internasional yang strategis, efisien dan memberikan transisi mulus menuju universitas terbaik dunia,” tambah Adhirama Gumay.

Para siswa di Indonesia dapat mengikuti program Pathway ini melalui jalur program dari USG Education, yaitu UJC dan UIC. Akan ada pilihan berbagai program sarjana berorientasi bisnis termasuk akuntansi, manajemen, keuangan, bisnis internasional, administrasi bisnis, kewirausahaan dan pemasaran.

 

Beri Komentar