Mengenal Yanma Polri, Tempat Irjen Ferdy Sambo Bertugas Usai Dimutasi

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 5 Agustus 2022 13:00
Mengenal Yanma Polri, Tempat Irjen Ferdy Sambo Bertugas Usai Dimutasi
Yanma Polri merupakan singkatan dari Pelayanan Markas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dream - Jabatan Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam kini resmi dicopot setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi internal, buntut dari tewasnya Brigadir J di rumahnya dinasnya pada 8 Juli lalu.

Posisi Kadiv Propam digantikan Syahardiantono yang sebelumnya menjabat Wakabareskrim. Hal ini tertuang dalam Surat Telegram (ST) Nomor: STI/1628/VIII/KEP./2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Sementara posisi baru Irjen Ferdy Sambo yakni sebagai perwira tinggi (pati) Pelayanan Markas (Yanma) Polri. Ferdy dimutasi bersama 9 polisi lainnya.

Lalu apakah itu Yanma Polri?  Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini sekilas informasi tentang Yanma Polri, tempat Ferdy Sambo kini bertugas.

1 dari 6 halaman

Dalam lingkup Mabes Polri, posisi Yanma Polri di bawah Kapolri sedangkan dilingkup Polda di bawah Kapolda. Yanma Polri merupakan singkatan dari Pelayanan Markas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Tugasnya menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pelayanan umum. Adapun pimpinan di Yanma Polri disebut Kayanma dan dijabat oleh Perwira Menengah berpangkat Komisaris Besar Polisi. Saat ini dijabat oleh Kombes Pol. Hari Nugroho.

Tugas pelayanan Markas atau Yanma adalah menyelenggarakan pelayanan markas yang terdiri dari pelayanan angkutan, perumahan, protokoler, penjagaan markas, pengawalan hingga urusan di lingkungan Polri. Termasuk mengurus kebersihan dan pintu masuk markas.

2 dari 6 halaman

Selain itu, Yanma memiliki banyak fungsi lainnya, seperti pemberian bimbingan dan arahan teknis pelaksanaan pelayanan markas atau kantor. Kepada penyelenggara urusan dalam pada semua Satker di lingkungan kepolisian. 

Susunan Organisasi Yanma meliputi:

- Kepala Yanma (Kayanma)

- Urusan Perencanaan dan Administrasi (Urrenmin)

- Subbagian Pelayanan Kantor (Subbgayantor)

- Subbagian Pelayanan Pemeliharaan Bangunan dan Lingkungan (Subbagharbangling)

- Subbagian Pengamanan, Protokoler dan Musik (Subbagpamkolsik)

3 dari 6 halaman

Irjen Ferdy Sambo Resmi Dicopot dari Kadiv Propam, Ini Daftar Lengkap Personel Polri yang Dimutasi

Dream - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung melakukan mutasi internal buntut tewasnya Nopryansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo pada 8 Juli lalu.

Dalam Surat Telegram (ST) Nomor: STI/1628/VIII/KEP./2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri, disebut bahwa Ferdy Sambo resmi dicopot dari Kadiv Propam. Posisinya digantikan oleh Syahardiantono.

Syahar sebelumnya menjabat Wakabareskrim. Sementara posisi baru Irjen Ferdy sebagai pati Yanma Polri.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya, Karopaminal Brigjen Pol Hendra Kurniawan digeser sebagai Pati Yanma Polri. Posisinya digantikan oleh Anggoro Sukartono. Anggoro sebelumnya menjabat Karo Waprov Divpropam Polri.

Kombes Agus Wijayanto juga digeser dari Sesro Waprof Divpropam Polri, menjadi Karo Waprof Divpropam Polri.

Selanjutnya, Brigjen Pol Benny Ali, Karo Provos Divpropam Polri, dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri. Kombes Pol Gupuh Setiono sebagai Kabag Yanduan Divpropam Polri diangkat sebagai Karo Provos Divpropam Polri.

5 dari 6 halaman

Kombes Pol Heni Setiawan Nugraha Nasution SroPaminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

Kemudian, Kombes Pol Edgar Diponegoro Kabag Binpamropaminal Divpropam Polri diangkat sebagai Sesro Paminal Divpropam Polri. Kombes Pol Agus Nur Patria, Kadena Ro Paminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

Selanjutnya, AKBP Arif Rahman Arifin wakaden B Ropaminal Propam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri. Kompol Baikuni Wibowo PS, Kasubbag Riksa Rowatprof Propam Polri dimutasi sebagai pamen Yanma Polri

6 dari 6 halaman

Kompol Cuh Putranto PS Kasubag Audit Rowatprof Oropam Polri, dimutasi menjadi pamen Yanma Polri. AKBP Ridwan Nelson Subangkit, Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel, dimutasi menjadi Pamen Yanma Polri.

Serta AKP Yusa Rizal, Kanit I Satreskrim Polres Metro Jaksel juga dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri

" Yang dimutasi sebagai pamen Yanma Polri dalam status proses diperuksa oleh Irsus Timsus," kata Kadiv Humas Polri, Brigjen Pol Dedy Prasetyo.

Beri Komentar