Meninggal Masih Perawan Dijamin Masuk Surga, Ini Kata Ulama

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 14 Maret 2017 17:24
Meninggal Masih Perawan Dijamin Masuk Surga, Ini Kata Ulama
Ada pendapat yang berkembang di masyarakat, jika seorang wanita yang masih muda meninggal dunia dan masih dalam keadaan perawan, maka ia dijamin masuk surga. Benarkah demikian?

Dream - Kematian adalah ketetapan mutlak bagi setiap manusia. Tak satu pun orang dapat luput dari takdirnya. Tak juga seorang, baik tua maupun muda, yang tahu kapan maut akan menjemput mereka.

Kita tak bisa kita mengatakan jika hanya mereka yang tua akan lebih dulu mati daripada yang muda. Sebab, dalam kenyataannya, tak sedikit orang yang lebih muda, berpulang lebih dulu ke hadapan Allah SWT.

Ada pendapat yang berkembang di masyarakat, jika seorang wanita muda meninggal dunia dan masih dalam keadaan perawan, maka ia dijamin masuk surga. Lantas, benarkah demikian?

Dalam hadis dari Ubadah bin Shamit Radhiyallahu 'Anhu, Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan daftar umatnya yang mati syahid. Salah satunya, " Wanita yang meninggal karena jum'in, dia mati syahid." (HR. Ahmad 22686, Abu Daud 3113, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Mengenai makna " meninggal karena jum'in" ada dua pendapat ulama, sebagaimana keterangan An-Nawawi. Dalam kitabnya Syarh Shahih Muslim, An-Nawawi mengatakan, " Mengenai wanita yang meninggal karena jum'in, bisa dibaca jum'in, jam'in, atau jim'in. Tapi yang lebih umum dibaca jum'in, ada yang mengatakan maknanya adalah mereka yang meninggal ketika hamil, ada janin anaknya dalam kandungannya. Dan ada yang mengatakan, meninggal ketika masih gadis. Dan yang benar pendapat pertama." (Syarh Shahih Muslim, 13/63)

Dengan asumsi bahwa pendapat kedua yang disampaikan An-Nawawi bisa diterima, kita bisa menyimpulkan bahwa diantara wanita yang mati syahid di akhirat adalah mereka yang.................lengkapnya baca di sini.   

Beri Komentar