Misteri Kawanan Domba Berputar-putar Dua Minggu Tanpa Henti di Dalam Kandang, Penyebabnya Masih Jadi Perdebatan

Reporter : Sugiono
Kamis, 1 Desember 2022 11:01
Misteri Kawanan Domba Berputar-putar Dua Minggu Tanpa Henti di Dalam Kandang, Penyebabnya Masih Jadi Perdebatan
Sebuah video memperlihatkan fenomena aneh di mana sekawanan domba berjalan dengan formasi melingkar dalam kandang selama hampir dua minggu tanpa diketahui penyebabnya.

Dream - Sebuah video memperlihatkan fenomena aneh di mana sekawanan domba berjalan dengan formasi melingkar dalam kandang selama hampir dua minggu tanpa diketahui penyebabnya.

Peristiwa yang tidak lazim tersebut terlihat dalam rekaman CCTV di sebuah peternakan yang berada di Mongolia Dalam, China bagian utara.

Kawanan domba berperilaku aneh di China.© People's Daily

Dalam video rekaman CCTV itu terlihat ratusan domba berjalan-jalan dalam formasi lingkaran yang hampir sempurna.

1 dari 6 halaman

Tampak hampir seluruh domba dalam kandang tersebut bergabung dalam putaran searah jarum jam.

Beberapa domba lainnya terlihat hanya berdiri di tengah lingkaran karena tidak bisa bergerak.

Rekaman video yang kemudian menyebar luas di media sosial itu menggambarkan domba-domba itu seolah melakukan ritual mistis.

2 dari 6 halaman

Menurut Miao, pemilik kawanan domba tersebut, pada awalnya hanya beberapa ekor domba yang berperilaku seperti itu pada 4 November lalu.

Tetapi beberapa hari kemudian, domba-domba lain juga mengikuti perilaku aneh tersebut hingga berlanjut selama dua minggu.

Kawanan domba berperilaku aneh di China.© People's Daily

Lebih aneh lagi, dari 34 kandang yang ada, hanya domba dari kandang 13 yang berperilaku bergerak melingkar seperti ini.

Sontak kejadian aneh tersebut menarik perhatian banyak kalangan, bahkan para ilmuwan juga tertarik menelitinya. Pasalnya, kawanan domba tersebut dilaporkan sehat.

Namun, penyebab dari perilaku aneh para domba tersebut masih belum bisa dijelaskan secara gamblang oleh para ilmuwan.

3 dari 6 halaman

Menurut beberapa pandangan dan teori, ada yang menduga domba-domba ini terjangkit bakteri yang menyebabkan penyakit yang disebut listeriosis.

Penyakit ini merupakan infeksi saraf yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Bakteri ini menyebabkan infeksi asimetris di batang otak.

Ketika diserang bakteri tersebut, salah satu sisi wajah hewan menjadi lumpuh membuatnya berputar-putar tanpa henti sehingga mendapat julukan 'penyakit melingkar'.

4 dari 6 halaman

Bakteri Listeria biasanya ditemukan pada pakan ternak dan tanah, serta lebih sering pada bahan sayuran dan lumpur yang membusuk. Sehingga sangat mungkin menyerang banyak domba.

Namun profesor kedokteran hewan University of Melbourne, Andrew Fisher, menyebut ternak yang menderita listeriosis tidak selalu bergerak dalam lingkaran konsentris, terkadang dalam polanya sendiri.

Karena itu kemungkinan ada penyebab lain yang membuat domba-domba berperilaku aneh, yaitu karena mereka terlalu lama berada di kandang.

5 dari 6 halaman

Hal itu dikemukakan oleh Matt Bell, seorang profesor di Departemen Pertanian Hartpury University di Gloucester, Inggris.

" Sepertinya domba berada di kandang dalam waktu lama, dan ini mungkin mengarah pada perilaku stereotip, dengan pengulangan berulang karena frustrasi berada di kandang dan kondisi terbatas," jelasnya.

Perilaku yang awalnya ditunjukkan oleh beberapa domba, kemudian diikuti oleh domba-domba lainnya. Itu karena domba adalah hewan kawanan. Mereka terikat atau selalu bergabung dengan kawanannya.

" Perilaku sosial domba didominasi oleh mentalitas kawanan, yang mengontrol pergerakan hewan dan melindungi individu dari pemangsa dengan mendorong mereka melarikan diri dari bahaya sebagai kelompok," tambahnya.

6 dari 6 halaman

Beri Komentar