Inginnya Timnas Indonesia, Ini Tim Jagoan Ganjar Pranowo di Piala Dunia 2022

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 1 Desember 2022 10:01
Inginnya Timnas Indonesia, Ini Tim Jagoan Ganjar Pranowo di Piala Dunia 2022
Ketika sang gubernur ditanya mendukung negara mana di Piala Dunia 2022, ini jawabannya.

Dream - Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar memasuki tahap yang mulai menegangkan. Sejumlah Tim Nasional (Timnas) sepakbola dari peserta kompetisi 4 tahunan ini sudah mulai berguguran. Tim unggulan bahkan ada yang sampai ke tahap 16 besar karena tak lolos penyisihan grup.

Olahraga yang diminati masyarakat Indonesia ini juga ditonton berbagai kalangan yang mempunyai jagoannya masing-masing Piala Dunia 2022. Tak terkecuali Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketika sang gubernur ditanya mendukung negara mana di Piala Dunia 2022, dia menyebut tim Der Panzer alias tim nasional Jerman.

" Saya penginnya Jerman," katanya dalam acara Pemata Bank Wealth Wisdom di Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Ajang sepak bola empat tahunan besutan FIFA yang berlangsung di Qatar itu kini sedang tahap memasuki 16 besar.

1 dari 6 halaman

Jerman sendiri sedang berada di ujung tanduk, setelah kekalahannya dari Jepang di pertandingan perdana. Kemudian Jerman imbang setelah melawan Spanyol.

Untuk lolos babak 16 besar, Iklay Gundogan cs harus memenangkan pertandingan melawan Costa Rica. 

Meskipun posisi Jerman terancam, Ganjar tak masalah, dia mengutarakan dukungannya saja

" Ya nggak apa-apa wong namanya kepengin gimana. Saya mau bilang Indonesia ndak ikut," lanjutnya.

2 dari 6 halaman

Klub Favorit

Pria kelahiran Karanganyar itu juga punya klub favorit. Klub favoritnya datang dari negara Inggris yakni Manchester United.

" Saya ini orang yang loyal pada MU (Manchester United)," ungkapnya.

Ganjar Pranowo© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Dia mengaku telah menjadi pendukung setia tim The Red Devils. Meskipun kalah dia akan tetap loyal kepada tim yang sekarang dilatih oleh Erik Ten Hag.

" Meskipun kalah saya bela, itulah loyalitas," pungkasnya.

3 dari 6 halaman

Susul Anies Baswedan, Ganjar Pranowo Siap Maju Capres 2024

Dream - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyatakan dirinya siap untuk maju menjadi calon presiden (capres) dalam pemilihan presiden 2024 nanti.

" Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," kata Ganjar dalam sesi wawancara bersama BTV baru-baru ini

Ada dua konteks yang dilihat Ganjar dalam pencapresan, pertama, realitas di dalam partai yang harus dihormati oleh kader. Kedua, realitas sosial terkait survei yang dibuat oleh lembaga.

Kader PDI Perjuangan ini mengatakan, semua kader harus siap menjadi capres jika partainya sudah memutuskan. 

" Terkait dengan realitas yang ada di survei dan semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan," ujar kader PDI Perjuangan ini.

4 dari 6 halaman

Sementara itu, menurutnya bangsa Indonesia tidak bisa diurus oleh satu pihak saja, sebab banyak persoalan yang membutuhkan pemikiran banyak pihak dan butuh adanya kolaborasi, khususnya partai.

" Rasa-rasanya bangsa ini terlalu besar untuk diurus sendirian. Ada banyak multidimensi persoalan yang ada di sana dan membutuhkan kebersamaan," ungkapnya.

Tantangan ke depan yang perlu dihadapi antara lain yang menyangkut persoalan ekonomi, pangan, dan energi. Meskipun begitu, deklarasi Ganjar terkait Capres juga tergantung keputusan partai.

" Yang mendeklarasikan adalah partai-partai itu. Saya tidak tahu apakah partai cukup percaya dengan saya," ujar Ganjar.

5 dari 6 halaman

Mengutip Liputan6.com, posisi Ganjar kerap berada di peringkat tiga besar terkait survei calon presiden. Terakhir, Lembaga Survei (LSI) merilis hasil survei simulasi pasangan capres-cawapres 2024 pada Senin, 10 Oktober 2022.

Survei tersebut mencakup segmen pemilih desa dan kota, pasangan Ganjar Pranowo - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendapat angka 31,4 persen untuk pemilih di desa, sedangkan di kota 26,5 persen.

Sementara itu, mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga sudah mendeklarasikan sebagai capres 2024, Anies Baswedan dan Ketua Umum Parati Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono unggul di pemilih kota 32,6 persen, sedangkan di kota 32,6 persen.

6 dari 6 halaman

" Dari data ini kita lihat secara jelas memang kalau bicara pemilih, pemilu maka populasi padat menjadi penting, bahwa desa menjadi kantong yang harus diperebutkan, karena disitu majority pemilih berasal di saat ini memang pasangan Ganjar-Airlangga lebih unggu di pemilih pedesaan," kata peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby saat jumpa pers di Jakarta, Senin, 10 Oktober 2022

Metodologi survei tersebut adalah multi stage random sampling dengan jumlah 1200 responden dengan waktu pengumpulan data dilakukan 11 sampai 20 September 2022.

Terkait pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei +- 2.9%.

Beri Komentar