Detail Peran Irjen Ferdi Sambo: Menyuruh Melakukan Penembakan dan Buat Skenario Tembak Menembak

Reporter : Okti Nur Alifia
Selasa, 9 Agustus 2022 20:17
Detail Peran Irjen Ferdi Sambo: Menyuruh Melakukan Penembakan dan Buat Skenario Tembak Menembak
Ini peram Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus penembakan Brigadir J.

Dream - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka di balik kasus tewasnya Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat pada Jumat, 8 Juli 2022, di rumah dinasnya. 

" Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk menetapkan sodara FS sebagai tersangka," kata Sigit di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Komisaris Jenderal Agus Andrianto juga mengatakan bahwa penyidik telah menetapkan empat tersangka yang terlibat dalam penembakan Brigadir J.

“ Selama proses penyidikan yang telah dilakukan Bareskrim Polri telah menetapkan empat orang tersangka. Yang pertama Bharad RE, yang kedua Bripka RR, yang ketiga tersangka KM, yang terakhir Irjen Pol FS,” kata Agus.

1 dari 3 halaman

Peran Ferdy Sambo

Empat tersangka ini mempunyai perannya masing-masing terhadap korban, mulai dari penembakan, membantu hingga menyaksikan penembakan.

" Bharada RE telah melakukan penembakan terhadap korban, tersangka RR turut membantu dan menyaksikan penembakan korban, KM turut membantu dan menyaksikan penembakan korban," lanjut Agus.

Sementara itu, peran Fedy Sambo yang merupakan dalang di balik peristiwa terungkap sebagai pembuat skenario peristiwa dengan narasinya yang seolah-olah terjadi baku tembak polisi.

" Irjen Pol FS menyuruh melakukan dan menskenario peristiwa seolah-olah terjadi peristiwa tembak menembak di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo di komplek Polri Duren Tiga," ujar Agus.

 

2 dari 3 halaman

Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Dream - Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka kasus pembunuhan ajudannya, Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Status tersangka Ferdy Sambo diumumkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Selasa 9 Agustus 2022.

" Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk menetapkan sodara FS sebagai tersangka," kata Sigit di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta.

Namun, Jenderal Sigit belum menyebutkan pasal yang dijeratkan kepada Ferdy Sambo. " Terkait pasal apa yang disangkakan nanti akan dijelaskan secara khsus Kabareskrim dan beberapa hal yang disampaikan pak Irwasum," tambah dia.

3 dari 3 halaman

Brigadir J ditemukan meninggal dengan sejumlah luka tembak di Kompleks Perumahan Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat sore, 8 Juli 2022.

Sebelumnya, Polri telah menetapkan Bharada E, Brigadir RR, dan KM sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J. Bharada E atau Richard Eliezer merupakan sopir Putri Candrawathi, sedangkan Brigadir RR atau Ricky Rizal merupakan ajudan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Bharada E dijerat Pasal 338 Juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Juncto Pasal 56 KUHP. Ancaman hukuman Pasal 338 KUHP maksimal 15 tahun kurungan penjara.

Sementara, Brigadir RR dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Beri Komentar