Raja, Harimau Tertua Mati dalam Usia 25 Tahun

Reporter : Editor Dream.co.id
Selasa, 12 Juli 2022 13:00
Raja, Harimau Tertua Mati dalam Usia 25 Tahun
Di alam liar, harimau ini bisa hidup hingga usia 16 tahun. Harimau jenis ini bisa bertahan hingga 28 hingga 30 tahun dalam kandang.

Dream - Raja, salah satu harimau tertua di India mati pada Senin 11 Juli 2022. Harimau Benggala itu mengembuskan napas terakhir dalam usia 25 tahun 10 bulan.

" Dia adalah harimau tertua di India," kata Deepak M, petugas petugas kehutanan divisi satwa liar Jaldapara, India.

Normalnya. harimau Benggala hidup di alam liar hingga usia 16 tahun. Harimau jenis ini bisa bertahan hingga 28 hingga 30 tahun dalam kandang.

Sejumlah laman di India menyebut bahwa Raja sebagai harimau tertua di dunia yang ada di dalam kandang.

1 dari 10 halaman

Raja di bawa ke Khairabari Leopard Rescue Centre di Jaldapara, Bengal utara, pada Agustus 2008, setelah seekor buaya menggigit sebagian kaki belakang sebelah kanannya. Insiden itu terjadi di Sunderbans, delta bakau terbesar di dunia, dan rumah bagi spesies Royal Bengal Tiger yang terkenal.

Meskipun ada sekitar 100 harimau di hutan bakau di Sunderbans India, sungai-sungai tersebut dihuni oleh buaya muara. Konflik manusia-hewan sering terjadi di negara bagian ini, di mana penduduk desa sering diserang dan dibunuh oleh harimau, buaya, dan ular berbisa.

" Usianya hampir 11 tahun ketika dibeli ke pusat penyelamatan Khairbari Selatan, dan di sana ia bertahan selama 15 tahun lagi, menjadikannya salah satu harimau tertua yang masih hidup di negara ini," cuit SK Meena, hakim distrik Alipurduar.

2 dari 10 halaman

3 dari 10 halaman

Elusan Berakhir Tragis, Penjaga Kebun Binatang Tewas Usai Tangan Digigit Harimau Bengal

Dream - Semua pasti tahu harimau adalah hewan pemakan daging yang buas dan ganas. Sejinak-jinaknya harimau, tetap saja punya naluri sebagai binatang buas yang berburu makanan berupa daging di alam liar.

Mereka yang memelihara harimau tetap harus ekstra hati-hati dalam merawat hewan ini. Karena tidak tahu kapan sisi liar si raja hutan ini akan muncul kembali.

Begitulah prinsip yang seharusnya dipegang oleh penjaga kebun binatang asal Meksiko bernama Jose de Jesus ketika mendapat giliran mengurus kandang harimau.

4 dari 10 halaman

Dalam sebuah video yang viral baru-baru Jose mengalami musibah mengerikan yang tidak akan pernah dilupakan seumur hidupnya.

Pagi itu merupakan jadwal Jose untuk mengurus kandang harimau Bengal di kebun binatang kota Periban yang berada di negara bagian Michoacan.

Tugas Jose di kebun binatang pribadi itu sebenarnya hanya memberi makan harimau tersebut, tidak lebih dan tidak kurang.

Namun entah kenapa hari itu Jose ingin sekali mengelus kucing besar yang ahli berburu dengan cara menyelinap tersebut.

5 dari 10 halaman

Dalam video yang beredar Jose berada di kandang harimau ditemani oleh penjaga lainnya yang bertugas merekam aksinya.

Niatnya elus-elus, penjaga kebun binatang malah tewas digigit harimau.© CEN

Terlihat Jose memasukkan tangan kanannya melalui celah kerangkeng besi yang mengurung harimau Bengal itu.

Sambil memasukkan tangan ke dalam kerangkeng besi, Jose memanggil harimau itu untuk mendekat agar bisa dielus-elus.

6 dari 10 halaman

Hewan buas itu memalingkan kepalanya, dan berjalan perlahan menuju Jose. Harimau itu kemudian menendang pagar kandang dengan kaki depannya.

Kepala harimau itu juga berusaha menggapai tas yang ada di pinggang Jose. Entah bau apa yang tercium harimau dari tas tersebut.

Yang pasti, Jose akhirnya bisa mengelus tengkuk harimau tersebut yang sedang menundukkan kepala untuk meraih tas di pinggang pria itu.

7 dari 10 halaman

Diduga karena kesal tidak bisa meraih tas tersebut, harimau itu tiba-tiba beralih ke tangan kanan Jose yang sedang mengelus-elus tengkuknya.

Niatnya elus-elus, penjaga kebun binatang malah tewas digigit harimau.© CEN

Harimau itu langsung menggigit tangan tersebut dan tidak mau melepaskannya meski Jose sudah berusaha keras untuk menariknya.

Niatnya elus-elus, penjaga kebun binatang malah tewas digigit harimau.© CEN

Tidak disebutkan bagaimana tangan Jose bisa terbebas, tapi laporan mengatakan pria malang itu segera dilarikan ke rumah sakit.

8 dari 10 halaman

Saat menjalani pemeriksaan di rumah sakit itu, dokter mengatakan tangan kanan Jose harus diamputasi untuk menyelamatkan nyawanya.

Niatnya elus-elus, penjaga kebun binatang malah tewas digigit harimau.© CEN

Namun penjaga kebun binatang itu menolak diamputasi hingga akhirnya dia meninggal dunia akibat komplikasi dari luka yang dideritanya.

Video yang beredar itu merupakan rekaman yang dirilis oleh pemilik kebun binatang pribadi tempat Jose bekerja sebagai penjaga.

9 dari 10 halaman

Dia merilis video mengerikan itu untuk menunjukkan pegawainya yang ceroboh saat mengurus binatang buas.

Pemilik kebun binatang mengatakan dia membayar semua biaya pengobatan Jose selama dirawat. Dia juga mengaku punya izin membuka kebun binatang.

Media lokal melaporkan setelah Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam setempat melakukan pemeriksaan, diketahui pemilik kebun binatang juga memelihara singa dan buaya.

Sumber: DailyStar

10 dari 10 halaman

 

Beri Komentar