Rayakan Idul Adha, Napi Lapas Semarang 6 Bulan Patungan Kumpulkan Uang demi Kurban Sapi

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 11 Juli 2022 14:00
Rayakan Idul Adha, Napi Lapas Semarang 6 Bulan Patungan Kumpulkan Uang demi Kurban Sapi
Napi Lapas Semarang akhirnya bisa menggunakan uang yang dikumpulkan selama enam bulan itu untuk membeli hewan kurban.

Dream - Ada yang menarik dari Idul Adha 2022 di Lapas Kedungpane Semarang. Di antara banyaknya hewan kurban yang disembelih, ada satu sapi yang merupakan hewan kurban dari para narapidana (napi).

Sapi itu merupakan hasil patungan dari 1.676 napi kelas IA yang mengumpulkan rupiah dari uang  program pembinaan spiritual keagamaan. 

Kepala Lapas Kedungpane, Tri Saptono Sambudji, mengatakan, sapi itu sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum hari Idul Adha oleh ribuan napi. Para napi itu sangat antusias dan kompak memotong hewan kurban usai sholat di Masjid At-Taubah.

" Di sini ada empat sapi dan 15 kambing kurban. Napi juga menyumbang seekor sapi," kata Tri Saptono, Minggu 10 Juli 2022.

1 dari 2 halaman

Daging kurban akan dibagikan kepada napi secara merata. Pihak Lapas Kedungpane menyebutkan hewan kurban yang terkumpul berjumlah 19 ekor. 

" Daging kurban diolah di dapur lapas. Lalu didistribusikan untuk seluruh napi dalam keadaan matang," ungkapnya.

napi lapas semarang© (Foto: Merdeka.com)

Para napi ini masih mampu untuk berkurban meski mendekam di balik jeruji besi, dengan cara saling bergotong-royong patungan untuk dapat membeli sapi.

" Mereka dibui masih punya niat gotong royong dengan beli hewan kurban," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Kumpulkan Uang Selama 6 Bulan

Ungkapan syukur bisa berkurban juga diungkapkan seorang narapidana Lapas Kedungpane Rahman, akhirnya uang yang dikumpulkan selama enam bulan itu bisa diwujudkan dalam bentuk hewan kurban.

" Ini sudah saya niatkan sejak enam bulan. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi amalan-amalan penyelamat saat di akhirat nantinya," kata terpidana yang meringkuk di Lapas Kedungpane selama tujuh tahun ini.

Sedangkan, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, yang turut hadir di Lapas Kedungpane juga menyumbang seekor kambing kurban.

" Jadi ini merupakan penghargaan tersendiri sehingga narapidana bisa turut menikmati daging kurban," kata Taj Yasin.

Sumber: Merdeka.com

Beri Komentar