Ridwan Kamil Tak Setuju Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week ke Haki: Biarkan Tetap Slebew

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 25 Juli 2022 14:46
Ridwan Kamil Tak Setuju Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week ke Haki: Biarkan Tetap Slebew
Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya,” kata Ridwan Kamil.

Dream - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut menanggapi soal artis Baim Wong yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week (CFW) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui perusahaannya PT Tiger Wong.

Ridwan Kamil menyatakan ketidak setujuannya terkait keputusan Baim Wong. Menurutnya fenomena CFW adalah gerakan organik yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula. Baginya tidak semua urusan harus selalu dilihat dari sisi komersial, termasuk CFW.

“ Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” tulis Ridwan Kamil dalam unggahan Instagramnya.

Ridwan Kamil menyarankan, CFW yang merupakan fashion jalanan tetap ada di jalanan dan biarkan menjadi cerita. Bukan di Sarinah, podcast, apalagi harus menginternasional.

1 dari 5 halaman

“ Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture. Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur,” tulisnya lagi.

Suami dari Atalya Praratya itu juga menambahkan, jika CFW ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah member CFW sendiri yang mengurus melalui komintasnya. Bukan dengan campur tangan Baim Wong.

“ Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya,” pungkasnya sambil mengucap terima kasih.

 

2 dari 5 halaman

Alasan Baim Wong

Sebelumnya, Baim Wong memberikan penjelasan terkait alasannya. Suami Paula Verhoeven itu mengatakan hanya ingin melegalkan Citayam Fashion Week.

" Citayam Fashion Week ini bukan milik saya. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat tren ini menjadi wadah yang legal dan nggak musiman. Dan yang paling penting bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," ujar Baim Wong melalui Instagram pribadinya.

Istrinya yang merupakan model, juga turut andil dalam membuat keputusan. Baginya Citayam Fashion Week harus diberi achievement dan dibudayakan.

" Kenapa saya tergerak? Berawal semua ini karena istri saya. Karena dia mengerti dunia fashion, dan dia melihat Citayam Fashion Week ini adalah gerakan di mana orang-orang yang sudah mempedulikan fashion. Dan ternyata di Indonesia, fashion itu nggak harus mahal, dan mereka bangga memakainya. Kebanggaan itu adalah achievement yang penting dan itu harus dibudayakan," katanya.

4 dari 5 halaman

Dream - Ernest Prakasa mengomentari Baim Wong yang yang mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI. Ernest menuliskan komentarnya di akun twitternya.

" Daftarin OPEN MIC ke HAKI. Daftarin ROASTING ke HAKI. Daftarin CITAYAM FASHION WEEK ke HAKI. Serakah banget jadi manusia,"  tulis Ernest Prakasa dikutip Dream dari akun twitternya, Senin 25 Juli 2022.

Sutradara Cek Toko Sebelah ini bahkan geram dan menyebut Baim Wong tidak tahu malu dan tidak memiliki hak untuk mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI.

Ini lantaran fenomena Citayam Fashion Week bukan dia yang menciptakan tapi anak-anak kongkow di kawasan SCBD dan melakukan catwalk.

 

 

5 dari 5 halaman

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More