Rusia dan 5 Negara Ini Tak Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth II, Indonesia?

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 19 September 2022 12:31
Rusia dan 5 Negara Ini Tak Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth II, Indonesia?
Sejumlah pemimpin besar dunia akan hadir dalam pemakaman kenegaraan pertama di Inggris, sejak kematian Perdana Menteri Winston Churchill pada 1965 itu.

Dream - Pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung di Westminster Abbey pada hari ini, Senin, 19 September 2022. Sejumlah pemimpin besar dunia akan hadir dalam pemakaman kenegaraan pertama di Inggris, sejak kematian Perdana Menteri Winston Churchill pada 1965 itu. Lalu, negara mana saja yang tak diundang?

Melansir The New York Times, daftar negara yang tak menerima undangan apapun dari Kerajaan Inggris adalah Rusia, Belarus, Myanmar, Venezuela, Suriah serta Afghanistan.

Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan hubungan Inggris dengan ke enam negara tersebut, serta iklim politik yang terjadi. Seperti yang diketahui, Inggris termasuk negara barat yang mengkritik Rusia atas invasinya dengan Ukraina.

Begitu pula dengan Belarus yang merupakan aliansi Rusia. Serta Afghanistan dan Suriah dengan situasi politik yang sedang terjadi di negara mereka. Sementara untuk Suriah dan Venezuela, Inggris tidak memiliki hubungan diplomatik.

1 dari 6 halaman

Adapun negara yang mendapat undangan hanya di tingkat Duta Besar meliputi Korea Utara, Nikaragua, dan Iran. Dengan demikian, Presiden dari ketiga negara tidak diundang dalam acara pemakaman.

Indonesia masuk dalam negara yang mendapatkan undangan dari Kerajaan Inggris. Namun belum ada pengumuman terkait siapa yang akan menghadiri pemakaman. 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini daftar pemimpin negara yang akan hadir dalam pemakaman Ratu yang telah bertakhta selama 70 tahun tersebut.

2 dari 6 halaman

1. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

2. Presiden Prancis, Emmanuel Macron

3. Presiden Turki, Erdogan

4. Perdana Menteri, Liz Truss

5. Kaisar Jepang, Naruhito dan Permaisuri Masako

6. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau

7. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese

8. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.

9. Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe

10. Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa

11. Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama

12. Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina

13. Presiden Italia, Sergio Mattarella

14. Presiden Korea Selatan, Yoon Seok Yeol

15. Presiden Jerman, Frank Walter Steinmeier

16. Presiden Israel, Isaac Herzog

17. Raja Belgia, Philippe dan Ratu Mathilde

18. Raja Belanda, Willem Alexander dan istrinya Ratu Maxima

19. Raja Spanyol, Felipe dan Ratu Letizia

20. Ratu Denmark, Margrethe

3 dari 6 halaman

Viral Karangan Bunga dari Tebet untuk Mendiang Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham

Dream -  Delapan hari sudah pemimpin terlama kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal dunia sejak Kamis, 8 September 2022. Sejak kabar mangkat sang Ratu, ribuan buket bunga dan karangan menghiasi halaman Istana Buckingham, London. 

Dari ribuan kiriman ucapan belasungkawa tersebut, ada satu yang menarik perhatian warganet Indonesia. Sepucuk surat berisi ucapan duka dalam tulisan bahasa Indonesia terselip di sebuah buket bunga. 

Pengirim dalam surat tersebut menuliskan ucapan dukacita dari Tebet Barat, Jakarta Selatan.

" Turut berduka cita atas wafatnya kanjeng Ratu Elizabeth. Semoga arwahnya diterima oleh yang Maha Kuasa," inilah kalimat yang tertulis dalam salah satu buket bunga dari Tebet Barat. Bahkan, sang pengirim ikut menuliskan RT dan RW dalam surat tersebut.

4 dari 6 halaman

Buket bunga itu menjadi viral setelah diunggah oleh pengguna Twitter yang memotretnya.

" Ini siapa yang ngasih karangan bunga dari Tebet Barat," tulis akun @aksrsa dengan emoticon tertawa.

buket bunga dari tebet© Twitter @aksrsa

Setelah foto itu disebar dalam cuitan Twitternya, ribuan likes dan ratusan komentar membanjiri postingan. Rupanya pengirim ikut memberikan respons. Saat ini sang pengirim berada di Manchester, Inggris, dan berasal dari Tebet Barat, Jakarta Selatan.

5 dari 6 halaman

" Waaaah MasyaAllah itu kami berempat dari RT 20 Tebet di anns square manchester meletakkan bunga adalah drg dian, saya berada di manschester saat ini, drg dian mengunjungi saya di manchester dan drg dian dan saya tinggal di RT 20 Tebet Barat," jawab akun @yatiesalim31.

buket bunga untuk ratu elizabeth ii© Twitter @aksrsa

" Halo mbak hehe, saya kemaren pas dateng bunga-nya paling depan, jadi sempet kebaca, trus saya foto deh," jawab pengunggah foto. 

6 dari 6 halaman

 

Beri Komentar