Saat Sekarat, Manusia `Dikunjungi` Kerabat yang Sudah Almarhum

Reporter : Ismoko Widjaya
Rabu, 28 Oktober 2015 09:43
Saat Sekarat, Manusia `Dikunjungi` Kerabat yang Sudah Almarhum
Berdasarkan studi terbaru ilmuwan, kunjungan atau penampakan itu semakin intens menjelang detik-detik kematian seseorang.

Dream - Sebuah studi terbaru menyebutkan, hampir semua orang yang menghadapi sakaratul maut 'dikunjungi' oleh teman-teman atau kerabat yang sudah meninggal.

Menjelang akhir hayatnya, seseorang akan mendapat 'kunjungan' atau 'penampakan' dari teman-teman atau kerabat yang sudah meninggal dunia. Kunjungan atau penampakan itu semakin intens menjelang detik-detik kematian seseorang.

Para ilmuwan dari Canisius College, New York mewawancarai 66 pasien yang mendapat perawatan intensif menjelang kematian mereka di sebuah rumah sakit.

Penelitian yang menjadi fenomena umum, tetapi sedikit yang mempelajari, menemukan bahwa kebanyakan pasien melaporkan setidaknya satu penampakan atau kunjungan per hari.

Banyak pasien mengatakan kunjungan tersebut 'terasa nyata' dan kebanyakan melibatkan teman-teman atau kerabat yang sudah meninggal.

" Ketika peserta penelitian mendekati kematiannya, kunjungan atau mimpi orang-orang yang telah meninggal dunia menjadi lebih intens," tulis para peneliti.

Dampak dari pengalaman sebelum mati ketika seseorang menghadapi sakaratul maut dan mendapat kunjungan dari orang yang mereka cintai bisa sangat bermakna.

" Penampakan atau kunjungan itu bisa terjadi dalam bulan, minggu, hari, atau jam sebelum kematian dan biasanya mengurangi rasa takut untuk mati, sehingga transisi dari hidup sampai meninggal lebih mudah bagi mereka" .

(Ism, Sumber: Metro.co.uk)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More