Asal Suara Dentuman di Malang Masih Misterius, Bukan Gempa atau Petir

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 3 Februari 2021 16:40
Asal Suara Dentuman di Malang Masih Misterius, Bukan Gempa atau Petir
Dentuman terdengar sejak Selasa malam hingga Rabu pagi

Dream - Warga Malang, Jawa Timur, dihebohkan suara dentuman berulang yang. Dentuman terdengar sepanjang Selasa, 2 Februari 2021 malam hingga Rabu, 3 Februari 2021 pagi.

Dentuman terdengar bersahutan. Belum diketahui secara pasti penyebab suara dentuman tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karangkates, Malang, Ma'muri, menyatakan sensor seismik tidak menangkap adanya aktivitas kegempaan maupun sambaran petir. Dia memastikan dentuman bukan berasal dari aktivitas vulkanis maupun petir.

" Data sensor seismik di Malang, Tretes dan Gedangan pada rentang waktu pukul 24.00-03.00 WIB tidak menunjukkan peningkatan aktivitas kegempaan, demikian pula dari data aktivitas sambaran petir juga tidak menunjukan anomali peningkatan," ujar Ma'muri, dikutip dari Merdeka.com.

Ma'muri tidak dapat memastikan sumber dentuman tersebut. Dia mengakui ada dugaan dentuman berasal dari aktivitas vulkanik gunung di sekitar Malang tetapi hal itu perlu data lebih lengkap.

" Sampai saat ini kami masih belum jelas kepastian sumber suara dentuman tersebut. Bisa jadi (gempa vulkanis atau petir) namun perlu data yang lengkap untuk memastikan," kata Ma'muri.

 

1 dari 1 halaman

Keterangan senada juga disampaikan Wali Kota Malang, Sutiaji. Dia menyatakan belum mendapatkan informasi terkait sumber dentuman yang terdengar sepanjang malam tersebut.

" Masyarakat diharapkan tenang, jangan ada kecemasan. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa. Sambil menunggu informasi dari kami, setelah mendapat konfirmasi dari otoritas terkait," kata dia.

Sutiaji menyatakan telah meminta BPBD Kota Malang melacak sumber suara tersebut. Dia juga menegaskan aktivitas dua gunung api di sekitar Malang, Gunung Semeru dan Gunung Raung dalam kondisi normal.

Sumber: Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Beri Komentar