Alasan Kaesang Beri Mahar Cuma Rp300 Ribu ke Erina Gudono

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 7 Desember 2022 11:00
Alasan Kaesang Beri Mahar Cuma Rp300 Ribu ke Erina Gudono
"Kemarin yang keluar di media itu uang Rp300 ribu. Ya itu betul," ungkap Kaesang.

Dream - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan segera dilaksanakan pada Sabtu, 10 Desember 2022. Akad putra bungsu Presiden Jokowi ini akan digelar di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Yogyakarta.

Terungkap pula mahar yang diberikan Kaesang untuk Erina yakni uang senilai Rp300 ribu. Anak ke tiga Iriana dan Jokowi ini pun membenarkan kabar tersebut.

" Kemarin yang keluar di media itu uang Rp300 ribu. Ya itu betul," ungkap Kaesang di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Selasa 6 Desember 2022

Selain uang Rp300 ribu, Kaesang mengungkap ada seperangkat alat sholat serta tambahan mahar lainnya. " Seperangkat alat sholat dan nanti akan ada tambahan lagi," lanjut Kaesang.

1 dari 5 halaman

Alasan Mahar Rp300 Ribu

Kaesang pun membeberkan alasannya memilih uang Rp300 ribu untuk mahar pernikahannya tersebut.

" Kenapa uang Rp300 ribu? Nggak tahu kenapa ya. Pengennya Rp300 ribu saja. Kalau Rp100 juta kemahalan," kata Kaesang sambil tertawa, dikutip dari Merdeka.com.

Sementara itu, setelah hari akad, pernikahan Kaesang dan Erina akan dilanjutkan dengan acara ngunduh mantu di Kota Solo pada Minggu, 11 Desember 2022.

Kedua pengantin akan dikirab dari Loji Gandrung menuju Pendopo Pura Mangkunegaran untuk acara resepsi. Kakak sekaligus juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan resepesi akan menghadirkan penampilan dari seniman Solo dengan sembilan titik panggung.

2 dari 5 halaman

Tidak Ada Penampilan dari Artis Ibu Kota

Putra sulung Presiden Jokowi itu menginformasikan panitia tidak mengundang artis ibu kota untuk tampil dalam acara tersebut.

Alasannya seluruh proses pernikahan disiapkan orang Solo sehingga lebih banyak mengajak seniman lokal agar tamu undangan dan masyarakat bisa sama-sama ikut merasakan kegembiraan.

" Tidak ada seniman ibu kota. Yang punya gawe kan wong Solo, jadi yang terlibat orang-orang Solo semua. Biar mereka kecipratan," tukasnya.

3 dari 5 halaman

Tamu Undangan Pernikahan Kaesang Dilarang Beri Sumbangan, Gibran: Bawa Doa Saja

Dream - Ngunduh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono akan digelar di Solo pada Minggu, 11 Desember 2022. Melalui undangan pernikahan, keluarga Jokowi meminta para tamu tidak memberi sumbangan dalam bentuk apapun.

Juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka, meminta para tamu cukup membawa doa saja. Menurut kakak kandung Kaesang ini, selama menggelar acara hajatan, keluarganya tidak pernah menerima sumbangan.

" Para tamu undangan tidak usah membawa sumbangan, bawa doa saja," ujarnya.

" Dari dulu kalau ada hajatan kami tidak menerima sumbangan. Jamanku nikah kan juga enggak terima sumbangan," lanjutnya.

 

   

4 dari 5 halaman

Menurut Gibran, keluarga besarnya sudah cukup senang dengan kehadiran para tamu undangan dalam prosesi acara.

" Tamu undangan bisa rawuh saja kita udah senang," katanya.

Sementara itu ribuan undangan mulai disebar untuk berbagai kalangan, salah satu tamu undangan istimewa yang turut diundang adalah Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan. 

Gibran mengatakan, undangan untuk Zayed disampaikan saat pertemuan makan pagi di kediaman pribadi Jokowi di Solo seusai peresmian Masjid Sheikh Zayed, 14 November lalu.

" Untuk Presiden UEA, kebetulan kemarin pas sarapan pagi, kita berikan undangannya," ujar Gibran.

Diketahui, Zayed berteman akrab dengan Jokowi semenjak masih menyandang sebagai Putra Mahkota UEA.

 

5 dari 5 halaman

Gibran menyebut, tamu undangan lain yang diundang adalah para Presiden RI, para ketua umum partai, duta besar (dubes) serta kepala daerah juga turut diundang. Saat ini belum semua undangan disebar. Pembagian undangan pernikahan dilakukan secara bertahap.

" Undangan bertahap ya. Ada yang sudah menerima, ada yang belum, ditunggu saja," katanya.

Untuk para pejabat negara, kebanyakan diundang pada malam hari, yakni  seusai maghrib sampai pukul 21.30 WIB. Sementara untuk tamu undangan lainnya, Gibran enggan menyampaikan.

" Undangan dibagi 5 sesi, biar tidak ada penumpukan maupun antrean kendaraan tamu," katanya.

Sumber: Merdeka.com

Beri Komentar