Polisi Sudah Kantongi Pelaku yang Ambil CCTV di Rumah Irjen Ferdy Sambo

Reporter : Nabila Hanum
Jumat, 5 Agustus 2022 11:01
Polisi Sudah Kantongi Pelaku yang Ambil CCTV di Rumah Irjen Ferdy Sambo
"Kita sudah mendapatkan bagaimana proses pengambilan dan siapa yang mengambil, juga sudah kita lakukan pemeriksaan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dream - Misteri kamera dan rekaman CCTV di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo perlahan-lahan mulai terkuak. Tim Khusus Bareskrim Polri mengaku sudah mengetahui pihak yang mengambil alat perekam yang sebelumnya dilaporkan rusak tersambar petir dan diganti oleh seseorang.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, polisi sebelumnya mendapat laporan CCTV di rumah Irjen Ferdy Sambo rusak.

Sementara CCTV yang berada di sekitaran Tempat Kejadian Perkara (TKP) kematian Brigadir J di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan diduga diutak-atik anggota Polri.

" Yang jelas rekan-rekan tahu ada CCTV rusak, yang diambil pada saat di (pos) Satpam, dan itu juga sudah kita dalami,"  kata Sigit dalam konferensi pers di Mabes Polri, Kamis 4 Agustus 2022.

Menurut Sigit polisi sudah mengetahui bagaimana proses pengambilan dan pihak yang mengambil CCTV tersebut. Bahkan Kapolri mengatakan sudah melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak tersebut.

" Dan saat ini tentunya kita akan melakukan proses selanjutnya," ujarnya.

1 dari 6 halaman

Sigit menegaskan, 25 anggota yang menjalani pemeriksaan Tim Khusus lantaran menghambat penanganan kasus kematian Brigadir J, akan ditindak sesuai dengan perbuatannya.

Dalam hal ini tentu berdasarkan hasil keputusan, yakni apakah masuk ke pelanggaran kode etik ataupun pelanggaran pidana.

" Nanti akan diputuskan, yang jelas pemeriksaan masih berlanjut. Namun demikian, hal itu sudah kita dapatkan siapa yang melakukan, siapa yang mengambil, siapa yang menyimpan, semuanya nanti akan kita buka pada saat prosesnya tuntas," katanya.

2 dari 6 halaman

Ia menegaskan pihaknya akan mendalami motif dari tindakan utak-atik CCTV, hingga perlakuan lain dari anggota di TKP Duren Tiga.

" Tentunya ini sedang kita kembangkan apakah ada yang menyuruh atau inisiatif sendiri. Yang jelas proses sedang berlangsung," ujar Sigit.

Diketahui, Tim Khusus telah memeriksa 25 personel Polri karena diduga tidak profesional dalam penanganan TKP kasus Brigadir J.

Ke-25 personel tersebut, kata Sigit, terdiri dari tiga jenderal bintang satu dan lima kombes. Tiga personel AKBP, 2 personel berpangkat Kompol, 7 personel Pama, dan lima personel Bintara dan Tamtama.

" Dari kesatuan di Propam, Polres (Jakarta Selatan) dan juga beberapa personel dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim," ujar Sigit.

Ia mengungkap bahwa ada empat personel polisi yang sedang menjalani isolasi atau penempatan di sebuah lokasi khusus buntut melakukan pelanggaran terkait penanganan kasus Brigadir J.

Empat orang yang sudah ditempatkan di tempat khusus itu terdiri dari personel dengan pangkat perwira pertama dan perwira menengah.

Sumber: Liputan6.com

3 dari 6 halaman

Irjen Ferdy Sambo Resmi Dicopot dari Kadiv Propam, Ini Daftar Lengkap Personel Polri yang Dimutasi

Dream - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung melakukan mutasi internal buntut tewasnya Nopryansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo pada 8 Juli lalu.

Dalam Surat Telegram (ST) Nomor: STI/1628/VIII/KEP./2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri, disebut bahwa Ferdy Sambo resmi dicopot dari Kadiv Propam. Posisinya digantikan oleh Syahardiantono.

Syahar sebelumnya menjabat Wakabareskrim. Sementara posisi baru Irjen Ferdy sebagai pati Yanma Polri.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya, Karopaminal Brigjen Pol Hendra Kurniawan digeser sebagai Pati Yanma Polri. Posisinya digantikan oleh Anggoro Sukartono. Anggoro sebelumnya menjabat Karo Waprov Divpropam Polri.

Kombes Agus Wijayanto juga digeser dari Sesro Waprof Divpropam Polri, menjadi Karo Waprof Divpropam Polri.

Selanjutnya, Brigjen Pol Benny Ali, Karo Provos Divpropam Polri, dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri. Kombes Pol Gupuh Setiono sebagai Kabag Yanduan Divpropam Polri diangkat sebagai Karo Provos Divpropam Polri.

 

5 dari 6 halaman

Kombes Pol Heni Setiawan Nugraha Nasution SroPaminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

Kemudian, Kombes Pol Edgar Diponegoro Kabag Binpamropaminal Divpropam Polri diangkat sebagai Sesro Paminal Divpropam Polri. Kombes Pol Agus Nur Patria, Kadena Ro Paminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

Selanjutnya, AKBP Arif Rahman Arifin wakaden B Ropaminal Propam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri. Kompol Baikuni Wibowo PS, Kasubbag Riksa Rowatprof Propam Polri dimutasi sebagai pamen Yanma Polri

6 dari 6 halaman

Kompol Cuh Putranto PS Kasubag Audit Rowatprof Oropam Polri, dimutasi menjadi pamen Yanma Polri. AKBP Ridwan Nelson Subangkit, Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel, dimutasi menjadi Pamen Yanma Polri.

Serta AKP Yusa Rizal, Kanit I Satreskrim Polres Metro Jaksel juga dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri

" Yang dimutasi sebagai pamen Yanma Polri dalam status proses diperuksa oleh Irsus Timsus," kata Kadiv Humas Polri, Brigjen Pol Dedy Prasetyo.

Beri Komentar