Cerita Rakyat Sorong Selatan Dalam Bentuk Cergam

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 28 April 2015 20:01
Cerita Rakyat Sorong Selatan Dalam Bentuk Cergam
Peluncuran buku ini dimaksudkan untuk melestarikan cerita rakyat yang sangat penting bagi proses transfer nilai melalui pendidikan formal di Sorong Selatan, Papua Barat.

Dream - Cerita rakyat menjadi salah satu instrumen penting dalam proses transformasi nilai melalui pendidikan. Sayangnya, beragam cerita rakyat ternyata masih belum terdokumentasikan dalam bentuk buku.

Alhasil, sebagian generasi muda ada yang sampai tidak mengetahui cerita rakyat yang ada di lingkungannya. Ditambah keterbatasan fasilitas pendidikan semakin mempersulit proses transformasi nilai dalam kebudayaan.

Potret semacam ini terjadi di Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat. Hal ini mendorong para praktisi pendidikan mendokumentasikan cerita rakyat Sorong Selatan ke dalam buku cerita bergambar (cergam).

Koordinator Proyek Buku Cergam Rakyat Sorong Selatan Luciaba berharap buku ini dapat menjadi alat bantu ajar dalam kurikulum muatan lokal di Sorong Selatan. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan minat baca sejak dini di kalangan pelajar Sorong Selatan.

" Kami berharap buku cerita rakyat yang kami persembahkan kepada pendidikan di tanah Indonesia timur khususnya Sorong Selatan dapat menjadi secercah harapan untuk membangun literasi siswa SD Papua Barat, " ujar Luciaba dalam peluncuran buku cergam Sorong Selatan di Jakarta, Selasa, 28 April 2015.

Buku cerita tersebut disusun berdasarkan informasi lisan yang dikumpulkan dari para tetua kampung atau kepala adat. Informasi tersebut dikembangkan dalam bentuk cergam dan komik agar dapat membantu pelajar tingkat dasar belajar membaca.

" Buku ini muncul karena bentuk keprihatinan ketika peserta didik di Sorong Selatan belum mempunyai buku yang layak untuk memahami khasanah budaya setempat. Secara khusus tim dosen merancang proyek melalui mata kuliah pembelajaran Sastra di SD," kata Pengamat Pendidikan Lanny W Pandjaitan.

Peluncuran buku cergam ini dihadiri Menteri Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kebudayaan Anies Baswedan. Selain itu, Bupati Sorong Selatan Otto Ihalauw juga turut hadir dalam acara ini. (Ism) 

Beri Komentar