Turki Resmi Ganti Nama Jadi Turkiye, Ini Alasannya

Reporter : Nabila Hanum
Jumat, 3 Juni 2022 17:01
Turki Resmi Ganti Nama Jadi Turkiye, Ini Alasannya
Negara Turki resmi berganti nama menjadi Turkiye sebagai bagian dari rebranding yang diluncurkan sang presiden. Apa alasan Turki ingin mengubah nama negaranya?

Dream - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyetujui perubahan nama negara Turki menjadi Turkiye terhitung sejak Rabu, 1 Juni 2022. Perubahan nama tersebut disampaikan langsung oleh Sang Presiden, Recep Tayyip Erdogan.

Setelah disetujui PBB, Pemerintah Turki meminta negara lain dan organisasi internasional untuk mengubah panggilan nama terhadap negara tersebut.

" Kami telah memungkinkan PBB dan organisasi internasional lainnya, dan negara-negara untuk melihat perubahan ini menggunakan 'Türkiye,'" kata Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu

1 dari 2 halaman

Bagian Rebranding Turkiye

Dikutip dari laman metro.co.uk, perubahan nama itu merupakan bagian dari kampanye rebranding yang diluncurkan oleh Presiden Turki akhir tahun lalu.

Bendera Turki© Shutterstock

" Turkiye adalah representasi dan ekspresi terbaik dari budaya, peradaban, dan nilai-nilai rakyat Turki," kata Presiden Erdogan pada Desember lalu.

Kebanyakan orang Turki sudah mengenal negara mereka sebagai Turkiye. Namun penggunaan nama Turki masih banyak digunakan, bahkan di dalam negeri.

2 dari 2 halaman

Alasan Ganti Nama Turki

Penyiar negara TRT menjelaskan bahwa salah satu alasan perubahan nama itu untuk menghilangkan citra Turki yang identik dengan hewan kalkun yang secara tradisional dikaitkan dengan Natal, Tahun Baru atau Thanksgiving.

Bendera Turki© Shutterstock

Itu juga menunjukkan definisi Kamus Inggris Cambridge tentang salah satu arti kata sebagai " sesuatu yang gagal dengan buruk" atau " orang yang bodoh atau konyol" .

Sebagai bagian dari re-branding, " Made in Türkiye" akan ditampilkan pada semua produk yang diekspor. Sedangkan untuk kampanye pariwisata, pemerintah setelah meluncurkan slogan " Hello Türkiye" .

Beri Komentar