Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Fakta Sebenarnya Video Viral Bumil Melahirkan di Teras Puskesmas karena Pelayanan Sudah Tutup

Fakta Sebenarnya Video Viral Bumil Melahirkan di Teras Puskesmas karena Pelayanan Sudah Tutup Viral Ibu Di Sumut Melahirkan Di Teras Puskesmas Yang Sudah Tutup (Shutterstock)

Dream - Laman media sosial terkejut dengan kemunculan video seorang ibu hamil di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut), yang melahirkan di teras Puskesmas. Dalam narasi yang beredar disebutkan wanita tersebut terpaksa bersalin karena waktu pelayanan di Puskesmas sudah berakhir.

Melalui video viral yang beredar, terlihat seorang wanita yang terduduk lemas di depan puskesmas didampingi oleh seorang pria. Sambil menahan sakit, ibu tersebut berhasil melakukan persalinan tanpa didampingi petugas kesehatan.

Sementara bayi yang sudah lahir terpaksa diletakkan di lantai dengan tali pusar yang belum terputus.

1. Baru Pulang dari Nias

Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Christian Samma membenarkan peristiwa ibu muda yang melahirkan di teras Puskesma. Jimmy yang mendengar informasi video viral tersebut sudah mengecek ke rumah sang ibu yang diketahui bernama Yetti Hulu dan merupakan warga Bona Lumban, Kecamatan Tukka.

Dari informasi yang diperolehnya, Yetti melahirkan di teras Puskesmas itu pada Sabtu, 26 November 2022 sekitar pukul 3 sore. 

Yetti juga diketahui baru pulang dari Pulau Nias. 

 

 

2. Ada Petugas Membantu Persalinan

Sesampai di Teras Puskesmas Tukka, Yetti sudah tidak tahan dengan rasa mulas akibat persalinan dan bayinya sudah lahir.

Jimmy juga memastikan jika Yett saat itu mendapat pelayanan dari petugas medis namun tidak terlihat dalam video yang tersebar di media sosial.

"Selang beberapa waktu, petugas medis langsung memberikan pelayanan, tetapi dalam potongan video yang viral hanya sebatas kondisi pasien melahirkan saja yang terupload di media sosial."

 

3. Lokasi Rumah Yetti Lewati Jalan Terjal

Jimmy juga melaporkan perjalanan menuju lokasi rumah Yetti memang membutuhkan usaha keras. Dari pantauannya, warga yang ingin sampai ke rumah pasien harus berjalan melewati terjal dan jalan setapak ke arah gunung di daerah bona lumban Kec. Tukka Kab. Tapteng.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga menyerahkan bantuan berupa berupa Sembako, susu ibu dan bayi, dan Sejumlah uang.

Kapolres Tapteng juga menyampaikan ucapan selamat atas kelahiran bayi dan yang penting sehat ibu dan anak serta kepada suami untuk mendampingi ibu dalam mengurus anak.

"Kehadiran kami ini sebagai bentuk perhatian Polri dan bantuan yang kami berikan semoga bermanfaat untuk ibu dan bayi" ujar Jimmy. 

 

4. Layanan Puskesma Tutup Pukul 13.30

Informasi warga yang melahirkan di teras juga dibenarkan Kepala Puskesmas Tukka, dr Ester Surbakti. "Kejadiannya hari Sabtu, cuma videonya baru beredar kemarin,” kata dr Ester Surbakti, dikutip dari seputarsumut.com, Kamis 1 Desember 2022.

Ester mengatakan Yetina Hulu bersama suaminya Aro’oli Laila (40) datang ke Puskesmas Tukka dengan mengendari sepeda motor. Namun setibanya di puskesmas, ternyata pelayanan kesehatan sudah tutup. Tiba-tiba di teras puskesmas itu terjadilah proses persalinan.

“Mereka tiba di puskesmas sekitar pukul 15.30 WIB, sementara hari Sabtu jam pelayanan puskesmas sampai pukul 13.30 WIB,” ungkapnya.

5. Awalnya Cuma Cek Kehamilan

Dia menjelaskan, awalnya pasien datang ke Puskesmas Tukka untuk memeriksakan kondisi kehamilan sekaligus mendapat penjelasan terkait prediksi waktu kelahiran.

Namun setibanya di puskesmas, tiba-tiba ibu tersebut melahirkan di teras puskesmas tersebut.

Ester juga membantah kabar yang menyebut bahwa ibu tersebut tidak mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tukka.

“Kebetulan pegawai kita ada di dekat situ, kemudian langsung menolong dibawa ke puskesmas. Plasenta lahir di puskesmas dan proses pemotongan tali pusar langsung ditangani di dalam puskesmas,” kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ternyata Ini Alasan Dokter Sering Telat Praktik, Sibuk Gendong Bayi Lucu dan Cuek yang Bikin Gemas

Ternyata Ini Alasan Dokter Sering Telat Praktik, Sibuk Gendong Bayi Lucu dan Cuek yang Bikin Gemas

Baru-baru ini netizen dibuat terpesona sekaligus gemas dengan video ekspresi tidak biasa dari bayi yang baru dilahirkan ibunya.

Baca Selengkapnya
Viral Momen Haru Anak Pemulung Beri Kejutan Ibu Usai Dapat Beasiswa S2

Viral Momen Haru Anak Pemulung Beri Kejutan Ibu Usai Dapat Beasiswa S2

Keduanya menangis bersama karena akhirnya bisa mewujudkan sesuatu yang sebelumnya mungkin tak pernah terbayangkan oleh mereka.

Baca Selengkapnya
Viral Mata Bocah Tak Ada Keturunan Bule Berubah Warna Menjadi Biru, Syok Saat Tahu Fakta Sebenarnya

Viral Mata Bocah Tak Ada Keturunan Bule Berubah Warna Menjadi Biru, Syok Saat Tahu Fakta Sebenarnya

Bocah ini bikin geger satu kampung karena punya mata biru. Pasalnya, orangtua dan keluarganya bukan keturunan bule.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Diajak Buat Konten

NOTED KAK! Ketika Diajak Buat Konten

Pernah nggak sih kamu ngumpet karena takut diajak temen bikin konten? Kalau pernah, kamu tentu paham yang dirasakan rekan kita ini.

Baca Selengkapnya