Jarang Diketahui, 8 Fitur Keamanan Ekstra di Pesawat yang Bisa Selamatkan Nyawa

Reporter : Arini Saadah
Senin, 7 Juni 2021 16:12
Jarang Diketahui, 8 Fitur Keamanan Ekstra di Pesawat yang Bisa Selamatkan Nyawa
Fitur-fitur di pesawat yang perlu kamu tahu.

Dream - Bepergian antar pulau hingga antar negara bisa ditempuh dengan cepat menggunakan pesawat. Bepergian dengan burung besi ini menjadi moda pilihan karena waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan berkendara mobil atau naik kapal feri. 

Selain itu, banyak produsen pesawat mengklaim moda transportasi ini sebagai yang teraman. Mereka memaparkan banyak faktor yang membuat pesawat lebih aman dibandingkan berkendara di darat maupun laut.

Kecelakaan pesawat sangat jarang terjadi dibandingkan jenis kecelakaan lainnya. Meski jika dilihat dari fatalitasnya termasuk yang menyeramkan. Rendahnya angka kecelakaan pesawta ini dikarenakan banyak langkah-langkah keamanan yang tak terhitung jumlahnya dan bahkan mungkin tidak kita sadari.

Seperti masker oksigen dan sabuk pengaman hanyalah awal dari tindakan pencegahan yang telah ditetapkan oleh industri penerbangan untuk kita. Namun ada beberapa hal misterius di pesawat yang perlu diketahui demi keselamatan kamu, Sahabat Dream.

Kali ini Dream akan merangkum 8 fitur di pesawat yang perlu diperhatikan dilansir dari Bright Side.

1 dari 8 halaman

Stiker Segitiga Kecil di atas Kursi Tertentu

Ilustrasi© Shutterstock.com

Saat berada di pesawat mungkin kamu akan menemukan stiker segitiga ini. Biasanya berwarna hitam atau merah, segitiga kecil ini sejajar sempurna dengan sayap di luar pesawat.

Itu sebabnya jika awak pesawat perlu memeriksa sayap, mereka akan tahu tempat mana yang terbaik bagi mereka untuk melakukan tugas ini.

Pemandangan dari jendela ini fokus lurus ke sayap sehingga pramugari tidak perlu mengganggu penumpang. Artinya, pemandangan bagi siapa pun yang duduk di kursi ini akan sangat menakjubkan.

2 dari 8 halaman

Kompartemen Overhead Memiliki Pegangan

Ilustrasi© Depositphotos.com

Mungkin kamu sering melihat pramugari berjalan di pesawat dengan tangan memegang kompartemen atas. Hal itu karena di bagian kompartemen ada sebuah pegangan yang membantu seseorang menjaga keseimbangan.

Handrail ini juga harus digunakan oleh penumpang yang ingin berdiri dari tempat duduk agar tidak menyambar kursi di depannya. Jadi sekarang kamu tahu apa yang harus dilakukan saat kamu perlu pegangan untuk menjaga keseimbangan di pesawat.

3 dari 8 halaman

Fitur untuk Mengangkat Sandaran Tangan

Ilustrasi© Depositphotos.com

Jika kamu duduk di kursi lorong dan sangat membutuhkan ruang, maka tombol ini akan menghemat perjalananmu. Sebab saat kamu meraih di bagian bawah sandaran tangan, kamu mungkin akan menemukan tombol atau tuas kecil yang akan menggerakkan sandaran tangan ke atas.

Namun ternyata tidak semua pesawat memiliki fitur ini. Tetapi kamu harus mencoba menemukannya jika kebetulan sedang membutuhkan ruang ekstra. Tapi jika kamu memindahkan sandaran tangan, pramugari akan memintamu untuk meletakkannya saat lepas landas dan mendarat demi alasan keamanan.

4 dari 8 halaman

Kursi Tahan Api

Ilustrasi© Depositphotos.com

Selama beberapa dekade sekarang, FAA telah membuat aturan jika terjadia sesuatu di dalam pesawat, penumpang berada di tempat duduk yang terbuat dari bahan tahan api.

Seperti bantal kursi, terkadang api yang menyambar akan benar-benar padam sendiri. Ini berarti jika seseorang bersentuhan dengan api, mereka tidak akan terbakar. Bahkan api akan padam dengan sendirinya.

5 dari 8 halaman

Ikatan Tuff

Ilustrasi© Shutterstock.com

Ikatan ritsleting atau ikatan tuff adalah benda yang diizinkan secara hukum untuk digunakan oleh awak pesawat jika mereka perlu menahan penumpang. Ini adalah tindakan ekstrem yang akan mereka perkuat jika seseorang berada di luar kendali.

Misalnya, seorang penumpang pernah diborgol setelah mencoba membuka pintu kokpit lalu menabrak pramugari. Pria itu ditahan dalam pengekangannya sampai pesawat mendarat dan polisi menangkapnya.

6 dari 8 halaman

Kait Kuning Kecil di Sayap Pesawat

Ilustrasi© Shutterstock.com

Dalam kasus pendaratan darurat, penumpang yang duduk di tengah pesawat mungkin harus keluar melalui pintu darurat. Namun, itu terlalu berisiko tinggi dan berbahaya bagi mereka untuk melompat ke tanah.

Maka dari itu, pramugari akan memasang tali dari pintu dan melalui kait ini, semua orang dapat dengan aman keluar dari pesawat tanpa jatuh ke tanah yang mungkin akan melukai diri mereka sendiri.

7 dari 8 halaman

Masker Oksigen

Ilustrasi© Kryzhov/@Depositphotos.com

Pesawat tidak membawa tangki oksigen untuk kebutuhan penumpang jika pesawat mengalami kehilangan tekanan. Sebaliknya, di atas setiap kursi terdapat ramuan bahan kimia yang menghasilkan oksigen saat dibakar.

Jika Sahabat Dream pernah memakai masker oksigen pesawat dan baunya seperti terbakar, itu adalah bahan kimia yang menciptakan oksigen. Kamu juga harus tahu bahwa itu hanya menghasilkan oksigen yang cukup bagi kamu untuk bernapas selama beberapa menit sampai pilot membawa pesawat ke ketinggian yang lebih rendah.

8 dari 8 halaman

Pesawat Memiliki Klakson

Ilustrasi© Depositphotos.com, Shutterstock.com

Pesawat memang memiliki klakson yang dapat ditemukan di panel instrumen di kokpit dan, jika ditekan maka akan terdengar seperti kapal uap. Namun, klakson dimatikan selama penerbangan karena pilot hanya menggunakannya di darat sebagai sinyal komunikasi. Mereka memiliki sirene berbeda yang menunjukkan masalah berbeda sehingga mekanik di lapangan tahu apa yang salah.

Nah, dengan mengetahui fitur-fitur keselamatan ekstra di pesawat tersebut, apakah kamu sudah merasa lebih aman sekarang?

Beri Komentar