Cek Ketersediaan Jumlah Vaksin Covid-19 Bisa Diakses di Website Ini

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 20 Agustus 2021 07:45
Cek Ketersediaan Jumlah Vaksin Covid-19 Bisa Diakses di Website Ini
Masyarakat bisa mengecek langsung ketersediaan jumlah vaksin masing-masing daerah.

DreamSetelah obat, masyarakat Indonesia kini semakin dimudahkan untuk mengetahui ketersediaan stok vaksin Covid-19 yang tersimpan di daerahnya. Inovasi ini bisa terwujud setelah proses pencatatan dan pelaporan vaksin dan logistik pelaksanaan vaksinasi menggunakan sistem monitoring logistik elektronik, Sistem Imunisasi dan Logistik secara Elektronik (SMILE).

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi menjelaskan SMILE akan mencatat hal-hal mencakup tanggal kedaluwarsa vaksin yang diterima, digunakan, rusak, dan kedaluwarsa.

Menurut dr. Nadia, masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan stok di daerahnya bisa mengunjungi situs website kemenkes yang sudah diperbarui. Alamat situs yang bisa dituju adalah www.vaksin.kemenkes.go.id#alokasi/vaccines.

Dashbord vaksin tersebut diperbarui dalam upaya mempermudah, dan memantau estimasi ketersediaan stok vaksin.

" Sehingga pengguna dipermudah memantau estimasi ketersediaan stok vaksin,dan update jumlah vaksin berdasarkan wilayah satuan terkecil adalah kabupaten dan kota. Masyarakat bisa dengan mudah mengakses dashboard kemenkes melalui link www.vaksin.kemkes.go.id#alokasi/vaccines," jelas dr. Nadia dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, baru-baru ini.

1 dari 3 halaman

Cek Estimasi Stok Vaksin yang Tersedia

Ilustrasi© YouTube/Sekretariat Presiden

dr Nadia menambahkan website ini bisa diakses oleh pubik dengan menghadirkan informasi penerimaan, pemakaian dan stok dosis vaksin. Selain itu masyarakat juga bisa melihat informasi vaksinasi minggu lalu serta estimasi sisa pelayanan dari stok vaksin yang tersedia.

“ Pada saat ini situs kementerian kesehatan sudah diperbarui, sehingga pengguna dimudahkan untuk memantau estimasi ketersediaan vaksin dan update jumlah vaksin di wilayah dengan satuan terkecil yaitu kabupaten/kota,” kata dr. Nadia.

© Dream
2 dari 3 halaman

Alur Distribusi Vaksin dan Logistik Vaksin Covid-19

Ilustrasi© Merdeka.com

Ia menjelaskan Kementerian Kesehatan melalui biofarma selam aini mendistribusikan vaksin dan logistik ke Dinas Kesehatan Provinsi. Selanjutnya vaksin itu diteruskan ke kabupaten kota, dan berakhir di ke puskesmas hingga fasilitas kesehatan lain sebelum diberikan kepada masyarakat.

Menurutnya, sebelumnya jumlah vaksin yang sudah datang di Indonesia sebanyak 190 juta dosis. Stok vaksin Covid-19 di Indonesia diperkirakan akan bertambah dengan kedatangan vaksin sekitar 2,5 juta dosis .

“ Sementara itu jumlah yang sudah disuntikkan sebanyak 84,5 juta dosis vaksin terdiri dari 54,9 juta dosisi pertama, dan 29,5 juta dosis kedua,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Alat Monitoring Publik

Di samping itu, Digital Transformasi Office dari Kementerian Kesehatan, Setiaji mengatakan nantinya website tersebut akan mempermudah masyarakat untuk mengetahui jumlah vaksin yang tersedia mulai dari daerah masing-masing.

" Jadi nanti bisa langsung masuk ke stok vaksin, kemudian tersedia informasi yang kami update sehari sekali, kurang lebih sore, jam 5 sore, yang berisikan ketersediaan vaksin termasuk juga penerimaan sudah disampaikan masing2 kab/kota, kemudian ditampilkan kecepatan vaksin rata-rata selama seminggu," tutur Setiaji.

Adanya data tersebut, Setiaji berharap terdapat informasi perencanaan serta alat monitoring oleh publik terkait ketersediaan vaksin di masing-masing provinsi.

" Dasar inilah yang kami gunakan untuk estimasi ketersediaan vaksin hingga berapa hari. Dengan adanya informasi ini, akan menjadi perencanaan dan alat monitoring oleh publik terkait ketersediaan vaksin di masing-masing provinsi di kabupaten kota," pungkasnya.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

© Dream
Beri Komentar