15 Cara Mengecilkan Pori-Pori Secara Alami dan Mudah

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Jumat, 29 Mei 2020 10:12
15 Cara Mengecilkan Pori-Pori Secara Alami dan Mudah
Kamu bisa mencobanya di rumah lho, Sahabat Dream

Dream - Cara mengecilkan pori-pori merupakan salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan banyak orang. Pori-pori yang besar memang cukup mengganggu aktivitas dan membuat seseorang kurang percaya diri alias kurang pede. 

Kondisi pori-pori yang besar biasanya dialami oleh orang dengan jenis kulit berminyak. Selain kurang nyaman, pori-pori besar juga bisa mempengaruhi berbagai permasalahan pada  wajah. Misalnya jerawat dan komedo. 

Untuk mengatasi permasalahan itu, berikut Dream merangkumkan berbagai cara mengecilkan pori-pori secara alami dan mudah. Yuk dicoba.

1 dari 5 halaman

Jeruk Nipis, Lemon, Jeruk

 jeruk nipis dan madu© fimela.com

Berikut beberapa rekomendasi cara mengecilkan pori - pori secara alami dan mudah. Boleh dicoba nih, Sahabat Dream.

1. Jeruk nipis

Cara mengecilkan pori - pori bisa kamu lakukan dengan jeruk nipis. Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

Caranya adalah:

  • Siapkan jeruk nipis
  • Potong jeruk nipis menjadi dua bagian
  • Peras jeruk nipis untuk mendapatkan airnya
  • Aplikasikan pada wajah
  • Biarkan selama 15 menit
  • Bilas wajah dengan air hingga bersih

2. Lemon

Selain jeruk, lemon juga kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori secara alami pada wajah.

Kamu bisa mengoleskan air perasan lemon pada wajah dan biarkan selama 15 menit untuk menutup pori-pori di wajah.

3. Jeruk

Selain untuk dikonsumsi, jeruk memiliki manfaat sebagai cara mengecilkan pori-pori secara alami dan mudah. Kamu bisa memeras air jeruk lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin maka pori-pori wajah akan menutup sehingga nampak lebih kecil.

2 dari 5 halaman

Minyak Zaitun, Madu, Es Batu

 5 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Wajah© MEN

4. Minyak Zaitun

Cara mengecilkan pori - pori selanjutnya yaitu dengan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang berfungsi menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga kulit tidak mudah keriput. Minyak zaitun juga mengandung banyak anti-oksidan polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan sebagai masker wajah. Dan diamkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Madu

Madu memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori wajah. Sebagai pelembab alami, madu juga dapat mencerahkan kulit lho. Untuk cara mengecilkan pori - pori secara alami dan mudah, kamu bisa mengambil 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Es Batu

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan mudah selanjutnya adalah dengan es batu. Es batu mampu mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Caranya dengan mengoleskan sebongkah es batu yang diselimuti dengan sapu tangan atau handuk wajah. Lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil.

3 dari 5 halaman

Putih Telur, Susu, Yoghurt, Teh Hijau

 Ilustrasi yoghurt© Shutterstock

7. Putih telur

Putih telur juga bisa dijadikan cara mengecilkan pori-pori secara alami dan mudah. Putih telur mengandung protein dan sumber mikronutrien yang membantu mengenyalkan wajah. Untuk mengecilkan pori - pori, kamu bisa memakainya sebagai masker wajah. Untuk menghindari bau amis, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

8. Susu

Wajah kita memiliki kandungan kolagen alami yang menjaga kulit terlihat kenyal, tidak berkerut, dan agar pori-pori wajah tidak membesar. Nah, kandungan vitamin D dalam susu ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan bisa menjadi cara mengecilkan pori - pori secara alami dan mudah. 

Campurkan 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu lalu jadikan masker wajah selama 30 menit.

9. Yogurt

Cara mengecilkan pori pori selanjutnya yaitu dengan yoghurt. Sebagai makanan olahan dari susu, yoghurt juga mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Yoghurt juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah dan mengecilkan pori-pori.

Sediakan yogurt segar plain, ambil 1 sdm dan oleskan sebagai masker wajah selama 15 menit. 

10. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Kulit pun lebih cepat beregenerasi dan bisa mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori wajah mengecil.

Cara mengecilkan pori - pori secara alami dan mudah dengan teh hijau adalah dengan memakainya sebagai masker. Gunakan daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau. Jika menggunakan daun teh, rendam dalam air panas selama 15 menit lalu oleskan air pada wajah. Jika dengan menggunakan bubuk, campurkan 1 sdm bubuk teh hijau tambahkan dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah. 

4 dari 5 halaman

Lidah Buaya, Tomat, Kentang

 5 Manfaat Lidah Buaya yang Harus Kamu Ketahui© MEN

11. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah cukup dikenal masyarakat saat ini. Lidah buaya pun bisa dijadikan sebagai cara mengecilkan pori - pori secara alami dan mudah. Selain itu, manfaat lidah buaya antara lain :menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, serta mengecilkan pori-pori wajah.

Ambil secukupnya gel lidah buaya, kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah. Gunakan sebagai masker selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

12. Tomat

Tomat memiliki senyawa anti-oksidan lycopine yang mampu mengecilkan pori-pori. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara mengecilkan pori - pori secara alami dan mudah dengan tomat yaitu dengan menghaluskan tomat hingga menjadi bubur. Oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

13. Kentang

Mineral memiliki manfaaat sebagai antibiotik alami, sehingga mencegah penuaan dan membantu regenerasi kulit serta menyingkirkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori mengecil. Anti-oksidan alami dalam kentang mampu menyamarkan noda atau flek wajah.

Kentang pun bisa dijadikan salah satu cara mengecilkan pori - pori secara alami dan mudah. Caranya dengan menumbuk halus kentang yang telah direbus. Kemudian campurkan kentang dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

5 dari 5 halaman

Kopi dan Air Rendaman Beras

 ilustrasi kopi© Shutterstock

14. Kopi dan Gula

Sebagai cara mengecilkan pori - pori secara alami dan mudah, kopi dan gula dijadikan sebagai scrub. Scrub berfungi mengangkat sel kulit mati yang tertumpuk, sehingga pori-pori wajah mengecil. Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula lalu campurkan sedikit air hingga berbentuk pasta kemudian gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

15. Air rendaman beras

Ketika hendak menanak beras, jangan terburu-buru untuk membuang airnya. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Cukup biarkan air beras agar mengendap, lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

 

Dari berbagai sumber.

Beri Komentar