4 Tips Merawat Kulit Agar Pori-pori Lebih Kecil

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 22 Januari 2021 12:33
4 Tips Merawat Kulit Agar Pori-pori Lebih Kecil
Atasi dengan memaksimalkan perawatan dasar.

Dream - Wajah yang bebas dari jerawat saja kadang belum cukup untuk menyempurnakan penampilan. Pori-pori yang besar juga bisa membuat penampilan wajah kurang mulus.

Biasanya, pori-pori besar disebabkan oleh jerawat, produksi minyak berlebihan, paparan sinar matahari serta makeup yang bersifat non-comedogenic.

Meskipun mengecilkan pori-pori tidak mudah, namun kamu bisa mengurangi ukurannya sedikit atau menyamarkannya. Dilansir dari Healthline, berikut tips perawatan kulit yang dapat menyamarkan pori-pori.

Memakai produk perawatan kulit yang tepat

Walaupun pori-pori besar disebabkan oleh kulit berminyak, namun bukan berarti kamu harus menggunakan produk perawatan kulit yang bertujuan untuk mengurangi produksi minyak.

Wajahmu bisa mengering dan justru memicu kulit untuk memproduksi minyak berlebih agar kulitmu tidak dehidrasi. Akhirnya, kulitmu justru lebih berminyak dan pori-pori lebih besar.

Gunakanlah astringents, scrub wajah dan masker berbahan dasar minyak 2 minggu sekali. Pastikan produk yang digunakan aman dan tidak menyebabkan komedo.

1 dari 2 halaman

Membersihkan wajah dengan cara yang benar

Membersihkan Wajah© Shutterstock.com


Perhatikan produk pembersih wajah yang digunakan dan cocokkan dengan kondisi kulitmu. Jika pori-pori besar dan kulit berminyak, gunakan pembersih yang bertekstur gel.

Sedangkan untuk kulit normal dan kering, pilihlah pembersih yang lebih lembut serta bertekstur seperti krim. Hindari pembersih yang bertekstur kasar karena bisa membuat pori-porimu membesar.

Basahkan wajah menggunakan air hangat, tuangkan pembersih pada tangan dan aplikasikan di leher serta seluruh wajah dengan gerakan memutar selama 30-60 detik.

Bilas dengan air bersih dan tepuk-tepuk wajah menggunakan handuk. Jangan menggosok wajah agar tidak menyebabkan penuaan dini.

2 dari 2 halaman

Mengeksfoliasi wajah menggunakan AHA atau BHA

Eksfoliasi sangat penting untuk menghilangkan sel kulit mati dan mencegah kekusaman serta kekusaman. Tapi, eksfoliasi hanya dilakukan 1-2 kali seminggu.

Saat beruntusan atau berjerawat juga tidak disarankan untuk melakukan eksfoliasi karena bisa menyebabkan iritasi.

Daripada menggunakan scrub yang kasar, gunakanlah AHA atau BHA sebagai chemical exfoliator. Namun jika kamu alergi terhadap bahan tersebut, temukan alternatif lainnya agar lebih aman.

Menggunakan pelembap

Pelembap bukan hanya bermanfaat untuk menjaga kelembapan tapi juga bisa memperkuat lapisan terluar kulit. Sehingga, tidak mudah bermasalah, mengalami penuaan dini dan pori-pori pun bisa memudar.

Jika memiliki pori-pori besar atau wajah berminyak, gunakan pelembap berbahan ringan dan bertekstur cair agar lebih mudah terserap oleh kulit.

(Sumber: Healthline)

Beri Komentar