5 Mitos Tips Makeup dan Fakta di Baliknya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 26 November 2018 16:16
5 Mitos Tips Makeup dan Fakta di Baliknya
Tidak semua tips makeup yang disajikan di dunia maya adalah benar. Beberapa bahkan hanyalah mitos belaka.

Dream - Wanita tidak bisa jauh dari rutinitas makeup. Segala teknik makeup dipelajari, kalau perlu semua teknik dikuasai.

Hal ini karena dorongan dan keinginan yang besar agar bisa selalu tampil cantik di manapun kita berada. Bahkan ada yang sengaja meluangkan mencari tips makeup terbaik yang ada di dunia maya untuk dipraktikkan.

Sayangnya, terkadang ada kalanya kita kurang waspada dan terlalu percaya dengan tips makeup yang bertebaran di dunia maya.

Masalahnya, tidak semua tips makeup yang disajikan di dunia maya adalah benar. Beberapa bahkan hanyalah mitos belaka.

Dikutip dari Boldsky.com, ada 5 mitos yang paling umum tentang tips makeup dan fakta di baliknya.

Dengan mengetahui fakta di balik mitos itu, diharap tidak ada kesalahan saat mengaplikasikan makeup. Berikut tipsnya: 

1. Foundation

Mitos: Mengaplikasikan foundation hanya pada area yang diperlukan saja.

Fakta: Foundation sering digunakan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah kita. Sebagian besar foundation di pasaran saat ini dibuat agar bisa memberikan tampilan alami dan dapat diaplikasikan pada seluruh area wajah.

Beberapa merek foundation bahkan telah dilengkapi tabir surya dan agen anti-penuaan yang akan membantu menjaga kulit agar tampak sehat dan muda.

2. Maskara

Mitos: Maskara harus diaplikasikan pada bulu mata atas dan bawah.

Fakta: Maskara diciptakan untuk membuat penampilan mata menjadi semakin cantik dan menarik. Maskara mampu mengubah wajah seorang wanita secara signifikan.

Faktanya, maskara hanya diaplikasikan pada bulu mata bagian atas saja. Mengaplikasikan maskara pada bagian bawah mata malah akan mempertegas lingkaran hitam dan keriput di bawah mata.

3. Bronzer

Mitos: Bronzer harus diaplikasikan pada area wajah yang terkena sinar matahari.

Fakta: Kalau merasa wajah terlihat pucat atau kurang fresh, kita biasanya memakai bronzer. Hal ini wajar karena warna kulit kita cenderung menjadi pucat seiring dengan bertambahnya usia.

Pilih bronzer yang sesuai dengan warna kulit kita. Bronzer warna gelap dan berkilau akan membuat garis-garis halus dan kerutan makin menonjol.

Untuk itu, pakailah bronzer matte untuk menghasilkan kontur wajah yang cantik. Bronzer harus diterapkan pada pipi sampai ke area pelipis.

4. Highlighter/Shimmer

Mitos: Highlighter atau shimmer harus diaplikasikan pada sudut mata untuk membuat mata tampak indah.

Fakta: Itu adalah kesalahan umum saat melakukan makeup dengan highlighter atau shimmer. Tips ini tidak bisa diaplikasikan pada setiap orang. Terutama mereka yang memiliki kulit yang berkeriput di area mata.

Menerapkan highlighter atau shimmer di sudut mata memang membuat mata terlihat indah, tapi juga akan mempertegas kerutan dan lingkaran hitam.

5. Blush On

Mitos: Mengaplikasikan blush on harus tepat pada area apple of cheek.

Fakta: Yang disebut dengan apple of cheek adalah area yang menonjol ketika kita tersenyum. Selama ini, kita selalu diajarkan untuk memoleskan blush on pada area apple of cheek ini.

Sayangnya, kulit wajah kita semakin kendur seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu kita mungkin akan sulit menentukan area apple of cheek tersebut.

Jadi, untuk mengatasinya, aplikasikan saja warna merah muda pada titik tertinggi dari tulang pipi menggunakan sapuan ke atas untuk tampilan yang hidup. Selamat mencoba ya! (ism, sumber: Boldsky.com)

1 dari 2 halaman

Begini Isi Makeup Kit para Perias Seleb Dunia

Dream - Sebagai perempuan, kita pasti ingin selalu tampil cantik dan fresh. Maka dari itu, makeup kit menjadi salah satu barang yang penting untuk selalu dibawa.

Sayangnya kita kadang bingung dengan alat kosmetik apa saja yang harus selalu ada di dalam makeup kit yang kita bawa.

Namun bagi makeup artist profesional, memilih alat kosmetik yang harus ada dalam makeup kit mereka merupakan pekerjaan yang mudah.

Dikutip dari Elle.com, tiga makeup artist terkenal Mai Quynh, Beau Nelson, and Tobi Henney membagikan rahasia makeup kit mereka.

Ternyata, ketiga makeup artist itu punya satu kesamaan tentang alat atau produk kosmetik yang harus selalu ada dalam makeup kit mereka.

Apa sajakah itu? Yuk, kita simak selengkapnya di bawah ini.

Mai Quynh

Makeup artist ini sering bekerja sama dengan beberapa selebriti terkenal Hollywood seperti Keira Knightley, Tessa Thompson, Thandie Newton, dan Chloe Grace Moretz.

Saat ditanya alat kosmetik penting yang harus ada di dalam makeup kit-nya, Mai mengatakan kuas makeup yang bagus dan berkualitas tinggi.

" Kuas makeup seperti itu memang mahal, tetapi bisa awet. Karena menyentuh mata  dan kulit, kuas makeup juga harus lembut, tidak boleh terlalu kaku dan sakitsaat dipakai," katanya.

Mai suka mengoleksi produk kosmetik bermerek yang sudah tidak diproduksi lagi atau yang dia beli di Jepang karena semuanya langka.

Untuk alat kecantikan, dia selalu membawa beauty blender, penjepit bulu matatweezer, cotton bud, kuas maskara sekali pakai, dan palette dari metal untuk tempat foundation dan mencampur warna.

2 dari 2 halaman

Beau Nelson dan Tobi Henney

Beau Nelson

Nelson pernah menangani selebriti semacam Kristen Stewart, Emma Roberts, Elizabeth Olsen, dan Alessandra Ambrosio. Sama seperti Mai, Nelson sangat mengandalkan kuas makeup di dalam makeup kit-nya.

" Kuas makeup adalah benda yang paling penting yang harus selalu ada. Sekarang banyak sekali jenis kuas makeup berkualitas yang dibuat dengan harga bervariasi," ujar Nelson. 

Selain kuas makeup, foundation dan concealer adalah barang-barang yang harus selalu ada di dalam makeup kit-nya. Kata Nelson, kedua barang itu sangat penting karena bisa membuat kulit tampak flawless.

Blush on dan lipstik juga menjadi barang penting yang harus ada di dalam makeup kit Nelson. Untuk alat kosmetik, Nelson selalu membawa penjepit bulu matatweezer, dan camouflage palette.

 Kunci Bersihkan Kuas Makeup Anti Ribet

Tobi Henney

Selebriti Hollywood seperti Ashley Graham, Georgia Fowler, Helena Christensen, dan Poppy Delevingne pernah mendapat sentuhan tangan dingin Henney. Setali tiga uang dengan Mai dan Nelson, Henney juga selalu membawa kuas makeup di dalam makeup kit-nya.

Selain kuas makeup, Henney juga membawa produk perawatan kulit dan foundation. Henney juga selalu siap dengan sisir bulu mata, beauty blender, eyeliner, eyeshadow, dan tweezer untuk mendapatkan makeup mata yang cantik dan indah.

" Para klien ingin kulit dan penampilan mereka selalu tampil amazing, dan saya harus punya produk yang bisa menjawab kebutuhan tersebut," katanya. 

(ism, sumber: Elle.com)

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian