5 Tips Mencegah Jerawat Ketika Cuaca Lembap

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 23 Juni 2020 10:12
5 Tips Mencegah Jerawat Ketika Cuaca Lembap
Cegah jerawat akibat wajah semakin berminyak.

Dream - Menjelang musim hujan, cuaca menjadi semakin lembap dan wajah akan mudah berjerawat. Peluang wajah berjerawat semakin membesar jika wajahmu berminyak, sensitif, termasuk jenis kulit kombinasi serta rentan berjerawat.

Selain lembap, cuaca akan semakin panas sehingga bakteri bisa membuat jerawat meradang. Kulit pun memproduksi lebih banyak sebum yang membuat wajah terasa kurang nyaman.

Untuk mengatasinya, mengganti rutinitas perawatan saja belum cukup. Dilansir dari Boldsky.com, berikut tips mencegah jerawat menjelang musim hujan.

1 dari 5 halaman

Tidak Menyentuh Wajah

Menyentuh Wajah© Shutterstock.com

Menyentuh wajah bisa menyebabkan jerawat. Tanganmu merupakan sarang bakteri. Jika menyentuh wajah, bakteri akan berpindah dan menyebabkan jerawat. Pastikan tangan bersih ketika ingin menyentuh wajah.

2 dari 5 halaman

Memakai Pembersih Wajah Anti Bakteri

Membersihkan Wajah© Shutterstock.com

Jagalah kebersihan wajah secara rutin untuk mencegah pertumbuhan jerawat. Kamu bisa memilih pembersih wajah anti bakteri yang tidak mengikis kelembapan kulit.

3 dari 5 halaman

Mengeksfoliasi Kulit

Mengeksfoliasi Kulit© Shutterstock.com

Ketika kulit terasa sangat lengket dan berminyak, pori-pori pun akan lebih rentan terhadap penyumbatan maupun penumpukan sel kulit mati.

Kedua hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Untuk mengatasinya, lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu secara rutin.

4 dari 5 halaman

Menghindari Makanan Berminyak

Makanan Berminyak© Shutterstock.com

Makanan berlemak atau berminyak dapat membuat wajah semakin lengket serta rentan berjerawat. Konsumsi makanan sehat dan hindari makanan berminyak.

5 dari 5 halaman

Memakai Toner

Memakai Toner© Shutterstock.com

Toner merupakan skincare yang berfungsi untuk memaksimalkan pembersihan wajah. Setelah memakai face cleanser, gunakan toner di seluruh wajah agar kulitmu benar-benar bersih, pori-pori tersamarkaan dan bebas masalah kulit.

(Sumber: Boldsky.com)

Beri Komentar