Coba Cara Cepat Menyingkirkan Komedo

Reporter :
Kamis, 24 Januari 2019 06:45
Coba Cara Cepat Menyingkirkan Komedo
Kuncinya adalah proses membersihkan wajah.

Dream - Kulit wajah yang dipenuhi komedo hitam, memang sangat menyebalkan. Meskipun sudah dibersihkan, komedo pasti akan muncul lagi keesokan harinya.

Zoe Draelos, seorang dokter kulit di North Carolina, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa komedo hitam adalah sumbatan yang berasal dari minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri yang masuk ke dalam pori-pori.

" Sumbatan itu perlahan-lahan didorong ke permukaan kulit untuk dikeluarkan, terkena udara, mengoksidasi dan membuat ujung sumbatan berubah warna menjadi hitam," ujar Zoe seperti dikutip dari Cosmopolitan.

Untuk membersihkannya, harus berhati-hati. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung Benzoil Peroksida. Memang bisa bekerja cepat menyingkirkan komedo tapi kulit menjadi sensitif dan kering.

Lebih baik gunakan pembersih wajah dengan kandungan asam Salisilat. Kandungan ini akan memecah pori-pori yang tersumbat komedo dan membantu mencegah komedo baru terbentuk di wajah.

" Setiap malam, usapkan pembersih wajah yang mengandung asam malat, Glikolat, Laktat, atau Salisilat pada wajah menggunakan kapas. Bahan-bahan ini akan membersihkan sel-sel kulit yang menghalangi pori-pori dan membantu memecahkan komedo sehingga pori-pori wajah akan bersih," ujar dr. Draelos.

1 dari 1 halaman

Gunakan Sikat Wajah

Bila komedo masih terlihat, padahal sudah membersihkannya selama sekitar satu bulan, dr Draelos menyarankan untuk mencoba menggosok wajah menggunakan sikat pembersih wajah.

 9 Cara Alami Singkirkan Komedo pada Wajah dan Hidung

Jika kamu memiliki kulit berminyak, ia juga menyarankan untuk menyikatnya setiap hari. Tetapi, jika memiliki kulit sensitif atau kering, cukup dua kali seminggu.

" Menggunakan masker penyerap minyak seminggu sekali selama 10 hingga 15 menit, membantu mengontrol jumlah minyak yang ada di kulit. Semakin sedikit minyak yang ada di permukaan, semakin sedikit pori-pori akan tersumbat, dan semakin sedikit komedo yang akan terlihat," katanya.

(Sah, Laporan: Mega Rasmiyati)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie